ENDURO 4T Melaju Kencang Di Segmen Oli Motor

Enduro4T-1
Oli Pertamina Enduro 4T

Jakarta, 27 November 2009. Oli Enduro 4T menjadi bahasan khusus oleh Hermawan Kertajaya dalam MarkPlus Workshop Series di Hotel Borobudur Medio 2006.

Pelumas Pertamina Enduro 4T dijadikan marketing case yang didasarkan kepada keberhasilan pemasaran dan penjualan pelumas tersebut di oli motor 4 tak. Bahasan ini dicetak ulang dalam bukunya Hermawan berjudul ‘Boosting Field Marketing Performance’ bersama-sama dengan keberhasilan Yamaha dan Garuda Food merangsek pasar.

Ini jelas suatu kebanggaan di tengah persaingan bisnis pelumas yang sangat ketat, pelumas Enduro mendapatkan iklan word of mouth. Sebagai pelumas motor dalam tahap baru lahir di siklus Product Life Cycle (PLC), telah menunjukkan kinerja brand awareness, brand recall yang positif.

Pelumas jenis Enduro 20W50 API SJ dengan tag line oli anti slip kopling JASO MA telah diluncurkan sejak akhir 2003. Brand baru dengan menyasar segmen motor 4 tak ini merupakan second brand selain Mesran yang telah lebih dulu masuk ke pasar.

Kalau Mesran bisa digunakan untuk oli mobil dan motor, maka positioning Enduro 4T lebih diperjelas sebagai olinya motor 4 tak. Walaupun mobil dan motor sama-sama teknologi 4 tak, tetapi aplikasi pelumas sedikit berbeda dikarenakan perputaran mesin di motor lebih tinggi dibanding mobil, sistem kopling basah, dll.

Dalam mengkomunikasikan sebagai sebuah produk yang berbeda dengan Mesran Super misalnya perlu pembuatan stra-tegi triangle Brand, Differensiasi dan Positioning yang jelas di otak pelanggan. Konsep inilah yang akan mempengaruhi taktikal komunikasi produk ke pelanggan.

Promosi sebagai salah satu unsur Marketing Mix sangat perlu dilakukan dengan baik, agar target market dapat menangkap pesan yang disampaikan. Kalau pesan ini sampai dapat menjadi modal awal untuk mencoba Enduro 4T.

Indikasi awal dari team SMR (Sales Merchandise Representative) di lapangan tingkat penetrasi, spreading dan covarage Enduro 4T sudah mejeng di bengkel franchise Yamaha, toko oli hingga lapak tambal angin. Ini artinya Enduro 4T telah memiliki kekuatan jual di pasar.

Marketing Process

IMGP0586
Tersedia di pasaran

Dalam meluncurkan sebuah produk baru, Unit Pelumas telah memperbaiki marketing process mulai dari formula produk, packaging, pengujian, pricing strategy, saluran distribusi hingga kepada komunikasi pemasarannya. Enduro diluncurkan memang by design mengi­-kuti kaidah perang pemasaran yang berkem-bang berupa perang antar merek. Jadi merek harus disiapkan agar bisa bertempur dengan pesaing, terutama oli impor.

Sebagai oli mesin motor 4 langkah, Enduro masuk ke pasar Desember 2003 setelah melalui serangkaian uji coba melalui laboratorium hingga jalan raya. Disain program ATL (Above the Line) dan BTL (Below the Line) dirancang untuk memberikan integrated marketing com­munication. Strategi Ogilvy yang 360 derajat diterapkan dalam mem-positioning Enduro 4T agar bisa ter-defrensiasi dari Mesran bahkan dengan pesaing.

Bekerjasama dengan Suzuki yang meluncur­kan Shogun 125 oli Enduro 4T digeber selama 48 jam non stop full speed di Sirkuit Sentul dan Jelajah Negeri sepanjang 15.000 km. Pola memberikan Experiental Marketing juga diberikan kepada pelanggan, melalui para komunitas seperti: PMC (Pertamina Motor Club), EMC (Enduro Motor Club), dan HTML (Honda Tiger Miling List).

Cara-cara seperti ini cukup efektif dalam menularkan pengalaman menggunakan kepada konsumen. Bahkan untuk menjaga kontinuitas dengan konsumen, Enduro muncul dalam beberapa website komunitas, sehingga bisa diperbincangkan sesama bikers.

Untuk memperkuat brand asosiasi Enduro dengan Suzuki dikerek event road race Suzuki Enduro 4T One Make Race di berbagai kota di Indonesia. Bahkan dengan motor Yamaha yang memiliki oli juga dibuat kerjasama From Zero to Hero untuk menjadikan putra terbaik Indo-nesia bisa berlaga di arena internasional. De-ngan pembalap Donni Tata dikibarkan Enduro Yamaha di arena Moto GP dan Japan series.

Penggunaan iklan di televisi tidak bisa dihindarkan, karena covarage yang cukup luas. Didukung dengan dua klip iklan dengan tema Endu­-rance dan Basuki ”Gitu Lho”, Enduro 4T mengirim pesan yang mudah dicerna kepada konsumen terhadap kualitas pelumas. Menim-bang target market adalah segmen SES (Social Economic Status) B&C maka dipilih televisi TPI sebagai media placement-nya. Bahkan saat event akbar Piala Dunia di Jerman Enduro 4T ikut nangkring di SCTV. Aktifitas di televisi ini diintegrasikan dengan kegiatan promo berupa penyediaan kaos World Cup.

Brand Building

Lingkungan bisnis sudah berubah dari zaman monopoli ke era persaingan bebas oleh faktor 4C (Company, Customer, Competitor dan Change). Sebagai market leader Pertamina harus menjadi pemimpin dalam memenangi peru-bahan. Selama ini Pertamina telah menjadi price setter pada segmen psikografis yang price sensitive. Ke depan produk-produk Pertamina harus menjadi Product Leadership dalam bisnis pelumas.

Strategi dan taktikal dalam memenej Enduro 4T memberikan pengalaman yang menarik dalam membangun sebuah merek. Riset sudah menunjukkan Enduro 4T telah mencapai brand awareness di kategorinya. Akhir dari kekuatan merek adalah penjualan produk. Untuk Enduro 4T penjualannya telah berada dalam jalur yang positive growth.

Pelajaran manajemen dari Sigmoid curve telah menganjur-kan agar Enduro 4T harus melahirkan varian baru. Untuk itulah diluncurkan Enduro 4T Racing yang memiliki kekentalan lebih encer, 10W40 dengan API SJ dan JASO MA2. Dengan base oil sintetis Enduro Racing diseg-menkan sebagai oli yang dapat digunakan untuk balap dan sehari-hari. Oli ini dibandrol dengan harga premium.

enduro_matic_botol
Enduro Matic

Sama halnya dengan Enduro 20W50, maka seri Racing ini juga melalui marketing process yang apik. Berawal dari pembuatan formula oleh product development, dilanjutkan pengujian di Hazelwood Inggris.

Formula inilah yang diuji selama 50 jam non stop dengan Suzuki Neo Smash mengitari 4226,9 km di Sirkuit Sentul. Hasilnya sangat luar biasa berupa penghematan BBM 16% dan motor tidak pernah ngadat. Prestasi Enduro Racing dan Suzuki ini masuk dalam Rekor Muri.

Melalui FGD (Focus Group Discussion) terhadap pengguna pelumas Pertamina dan non Pertamina bahkan diperoleh masukan terhadap harga yang bisa diterima oleh konsumen dan perlunya dipasang corong dari botol untuk kemudahan penuangan oli ke mesin motor.

Jadilah Enduro Racing memiliki diferensiasi yang tidak dimiliki produk lain. Dengan keluarnya varian baru maka diproyeksikan Enduro 4T akan memiliki merek yang semakin kuat di oli motor 4 tak. Sekarang Enduro 4T Racing telah masuk ke pasar yang di distribusi-kan secara eksklusif. Hasil market trial di Jabotabek menunjukkan Enduro Racing mulai dapat diterima oleh pasar.

Melahirkan dan memasarkan Enduro telah memberikan pengetahuan dalam manajemen produk. Ini sangat penting agar produk sukses di pasar.

Sumber artikel: Ditulis oleh Redesmon Munir, Group Head Brand & Communication, Lubricant Business Unit (Unit Pelumas Pertamina) dikutip dari website: http://www.pertamina.com/. Untuk kumpulan tentang artikel Pertamina dan bukti Pelumas Enduro sudah biasa dipakai buat touring motor jarak jauh, bisa dilihat melalui Artikel Pertamina.

24 thoughts on “ENDURO 4T Melaju Kencang Di Segmen Oli Motor

  1. belum coba nih oli pertamina enduro racing…
    bagus ya pak stephen… aku masih ada stok shell vsx… kira2 kalo selanjutnya ganti enduro performanya gimana ya…?

  2. kan sama2 10w40….. motorku zx130….. kira2 cocok gak ya….. kalo dari segi harga mungkin lebih murah enduro ya…..

  3. Pernah pakai Enduro Racing di FU-150, bagus aja..kagak ada masalah diperforma. Bau olinya yg khas racing masih kecium pas mau ganti oli berikutnya.. Sekarang, setelah FU-150 diganti Skywave jg dikasih oli Enduro racing…

  4. ane pake enduro 4t racing di honda revo 100cc …

    memang kudu menang di kandang dulu oli buatan negeri sendiri ini

  5. gue pakay oli enduro 4t racing
    motor gue motor jupiter Z
    motor gue sekarang menjadi kencang dan lincah
    gue mempunyai klep di lampung nama klup gue (uwak resing team)

  6. oli motor gue enduro 4T RACING memang bagus di motor

  7. enduro racing memang cocok dimotor guw………..

  8. klu boleh tahu bgs mana enduro dibanding top 1, dan brp hrg masing2?

  9. harga oli enduro kira kira brapayea……………

    • kalo ngga salah utk kemasaan 1 liter.. enduro biasa 35 ribu, enduro racing 40 ribu.. masing2 toko punya harga beda.. kalo di SPBU Pertamina pake HET (harga eceran)

  10. mo tanya dunk..klw motor honda supra x 125 cocoknya pakai oli enduro biasa ato enduro racing???

  11. oli enduro wangi g ya ?

  12. mw tanya kalo mio soul pake enduro racing bisa ga ?? ada pengaruh yg jelek ga ? makasih,.

  13. kalau buat fu 150 make oli enduro racing gmna gan ?

  14. mau nanya saya mau beli enduro racing malah di beri enduro matic bat jupiter z bahaya ga.apa harus d ganti

  15. mau nanya ni serius.Motor sy cocok dng oli yg kental 20w-50.enduro 4t 20w-50,yg racing kok sae nya 10w-40 ya?ADA GAK YA ENDURO RACING SAE 20W-50 ?.sms 085267235753.trims…

    • setau saya sih g ada, untuk enduro racing emang ditujukan buat mesin2 motor dg putaran tinggi jd butuh pelumas yg lebih encer
      cek pelumas yg cocok d motornya bs d situs ini pertaminaracing.com

      klo emang motor nya cocok yg enduro 20W-40, jangan d paksa pakai yg enduro racing, nnti malah aus mesinnya.

  16. mo nanya donk…. mtorq minerva 150 VX msin SOHC standar oli 15w50,,, kira2 bgus g pke enduro racing?? dlu pernah cba yamalube sport 10w kencang abis tp msin jd ribut n cpat panas,,, klw pke 10w apa ga ad msalah u/ jangka panjang krn menyalahi oli standar pabrikan yg minta 15w to 20w???

    • Bagus aja bro,aku dah pakai endoru 4t racing 3tahun lebih padahal jarak tempuh lumayan jauh karena aku suka touring,pernah kucoba shell helix malah motorku jd tdk nyaman

  17. ane suka pake enduro 4 Tak buat shogun RR saya

  18. Motor gw VEgA ZR gw pake Enduro 4T Racing udah 3th.mantab brur untuk performa nya acung jempol buat oil enduro 4T Racingnya.buat perjalanan jauh anti slip kopling dalam keadaan HOT mesin.

Leave a Reply