Jajal Datsun GO+ Tipe T, akselerasinya responsif

IMG_9898

Selama akhir pekan Jumat-Minggu, 22-24 AguStus 2014, OTOSL.com mencoba sendiri mobil terbaru Datsun GO+ Tipe T yang dijual seharga Rp. 100,100,000.-. Mobil ini adalah milik perusahaan PT Nissan Motor Indonesia selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Datsun di Indonesia.

Datsun GO+ secara resmi diperkenalkan dalam acara “Datsun Reborn – World Premiere All-New Datsun” di Jakarta pada bulan September 2013 lalu. Mobil ini diklaim masuk kategori MPV (multi purpose vehicle) 5+2, atau disebut sebagai mobil keluarga kecil atau keluarga muda, yaitu sepasang suami-istri bersama 2 anak.

Memiliki model sederhana dan ramping, bahkan terlihat sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan kendaraan MPV pada umumnya. Bagusnya mobil ini menganut desain khas yang unik dan modern melalui siluet body dinamis yang menawan serta shoulder line kokoh.

Ketika dikendarai OTOSL bersama keluarga, yang paling dimikmati adalah akselerasinya responsif membuat mobil ini gesit dan lincah setiap bermanuver, khususnya ketika melewati jalan ramai. Saking lincahnya, mobil ini mudah selap-selip ditengah kemacetan, dan bisa disebut “agak nakal” dan ini sebenarnya tergantung dari pada kelihaian sang pengemudi.

Yang membuat mobil Datsun GO+ ini lincah dan gesit karena bobotnya yang ringan 812 Kg, mesinnya didukung dengan mesin 3 silinder berkapasitas 1.2L yang sama persis dengan mesin mobil Nissan March berkode engine HR12DE.

Menggunakan transmisi manual 5-percepatan dengan posisi tongkat persneling yang cukup panjang dan terasa sangat nyaman bagi pengemudi, sehingga pengemudi sangat mudah melakukan perpindahan persneling dengan cepat.

OTOSL.com mengisi bahan bakar premium, padahal BBM diinginkan adalah Pertamax, namun hal ini disebabkan dengan sikon yang terjadi belakangan ini dimana kebanyakan SPBU di Jabodetabek tidak stabil menyediakan BBM (kelangkaan stok).

BBM premium diisi full tank sejak hari Jumat, dan mobil ini dipakai wara-wiri selama akhir pekan, dan yang menarik terlihat strip BBM dilayar indikator masih full, artinya mobil Datsun GO+ ini memiliki efisiensi bahan bakar yang memadai sesuai kategori LCGC  (low cost green car). Hanya saja OTOSL tidak mengukur secara akurat berapa konsumsi BBM-nya. 

Memiliki interior dengan tampilan standard, dan bagusnya Datsun GO+ dilengkapi dengan Air Condition yang memberikan hawa sejuk selama di perjalanan. Tersedia audio system Single DIN merek JVC (radio dan USB) dengan sepasang speaker didepan, Kebetulan OTOSL.com selalu bawa USB untuk mendengarkan lagu favorite.

Secara spesikasi mobil ini disebut sebagai mobil keluarga yang dapat memuat 7 penumpang, hanya saja kekurangannya pada kursi di baris ketiga, posisi duduk tidak nyaman bagi orang berusia 13 tahun keatas. Pasalnya kursi dibaris ketiga ini tidak memiliki ruang kaki yang luas.

Kesimpulan: Mobil sangat cocok bagi mereka yang baru pertama kali ingin memiliki mobil dengan harga yang sangat terjangkau. Jika sepeda motor dirasakan sudah tidak bisa membawa keluarga, maka mobil ini layak menjadi pertimbangan. Namun demikian disarankan bagi setiap calon pembeli untuk melakukan test drive.

Harga Jual Unit Baru Datsun Go+ per Agustus 2014 (DKI Jakarta dan sekitarnya):

Datsun Go+ D Rp 85.100.000,-
Datsun Go+ A Rp 92.600.000,-
Datsun Go+ A Option Rp 93.100.000,-
Datsun Go+ T Rp 100.100.000,-
Datsun Go+ T Option Rp 103.100.000,-

Perbedaan masing-masing tipe Datsun GO+ sebagai berikut:

  1. Datsun Go+ D: Mobil tipe ini tidak disertai dengan AC serta perangkat audio. Dari sektor eksterior, mobil jenis ini bempernya (warna hitam) tidak sewarna dengan bodi dan gril hitam dengan pinggiran krom.
  2. Datsun Go+ A: Mobil ini sudah dilengkapi dengan AC. Berbeda dengan tipe Go+D maka pada Datsun Go+ A ini warna bemper dan aksesori satu warna dengan bodinya. Pada mobil tipe ini juga telah dilengkapi docking sebagai peranti komunikasi dan audio.
  3. Datsun Go+ A Option: Pada tipe ini sudah memiliki semua fasilitas atau fitur yang ada pada tipe di bawahnya, walaupun harganya hanya berbeda tipis dari Datsun Go+ A. Sedikit perbedaan yaitu pada docking untuk audio sudah diganti dengan head unit single DIN.
  4. Datsun Go+ T: Semua fitur di Tipe A option ada pada tipe ini. Fitur tambahan yang ada di Tipe T yakni power window, power steering, keyles entry, alarm, pembuka pintu sewarna bodi, dop pelek, dan immobilizer. Dengan harga 100 juta tentu banyak fitur yang jauh lebih baik dari tipe di bawahnya.
  5. Datsun Go+ T Option: Inilah mobil tipe tertinggi dari Datsun Go plus, dengan harga yaitu sekitar hampir 103 jutaan memiliki fitur lengkap yakni spoiler dan lampu stop atas di bagian belakang, sensor parkir, dan pelindung bodi pintu (side molding).

 

Please follow and like us:

Leave a Reply