Pertamina Fastron Offroad Team turun di Kejurnas Speed Offroad Seri-3 di Serang, 23-24 Agustus 2014

PFOT-Rifat & Indra

Pertamina Fastron Offroad Team, tim besutan PT Pertamina Lubricants, akan kembali berlaga dalam putaran ketiga Kejuaraan Nasional Speed Offroad 2014, yang akan digelar pada 23-24 Agustus 2014 di Sirkuit Taman Wisata Tembong Jaya, Serang, Banten.

Dalam putaran ini, pebalap andalan Pertamina Fastron Offroad Team, Rifat Sungkar akan turun di kelas Free For All (FFA) bersama navigatornya M. Indra Prasetyo.

“Sebagai satu-satunya peserta yang menggunakan kendaraan bermesin diesel dalam ajang Kejurnas Speed Offroad, Pertamina Fastron Offroad Team ingin membuktikan ketangguhan pelumas Fastron Diesel. Pelumas Fastron Diesel dengan SAE 15W-40 API Service CI4 yang berteknologi NanoGuard mampu membuat akselerasi dan tarikan mesin diesel menjadi lebih bertenaga – sehingga bisa bersaing dengan kendaraan lain yang berbahan bakar bensin, sekaligus tampil sebagai juara, “ tutur Rifky Effendi Hardijanto, Direktur Sales & Marketing PT. Pertamina Lubricants.

Sebagaimana putaran-putaran sebelumnya, Rifky optimis bahwa Pertamina Fastron Offroad Team akan kembali menjadi yang teratas dalam Kejurnas putaran kali ini.

“Event ini menjadi ajang pembuktian keandalan pelumas Pertamina – khususnya Fastron Diesel. Di sisi lain Pertamina Fastron Offroad Team bisa membuktikan menjadi yang terbaik dengan dukungan pelumas Fastron Diesel, dimana kuncinya adalah temperatur dingin. Ini yang menjadi salah satu keunggulan Pelumas Fastron Diesel, yakni mampu mendinginkan mesin. Dengan mesin yang dingin maka kinerjanya akan bisa optimal pada semua putaran.” lanjut Rifky.

Pertamina Lubricants melakukan beberapa pembuktian untuk pelumas-pelumas Top Tier-nya. Seperti Fastron Gold yang digunakan oleh Rio Haryanto pada kejuaraan balap dunia GP2. Hasilnya, beberapa kali ia berhasil naik podium. Tak hanya itu, Pertamina Lubricants juga menurunkan Fastron World Rally Team (FWRT)nya pada World Rally Championship (WRC), dan Rally America. Terbukti, pembalap FWRT mengejutkan dunia karena mampu menjadi yang terbaik.

Menurut Rifky, hal ini juga dilakukan untuk memberi dukungan agar prestasi anak-anak muda Indonesia bisa mendunia dan sekaligus membuka mata dunia tentang produk anak Bangsa Indonesia yang berkualitas. Terbukti kini sudah lebih dari dua puluh enam negara menjadi tujuan ekspor pelumas Pertamina, dengan permintaan yang terus meningkat.

Mengganti mesin

Pada putaran ketiga ini, Pertamina Fastron Offroad Team yang mengendarai Mitsubishi Pajero Sport bersama dengan Indra, akan merefresh mesin baru yang disuplai dari Mitsubishi, dan menggunakan knalpot R9 buatan Indonesia. Diharapkan, perubahan ini dapat memberi hasil yang optimal. “Saat ini mesinnya ada di Dyno, dan dari run 1 dan 2 hasilnya tenaga yang dihasilkan memperlihatkan peningkatan yang cukup signifikan, yakni menjadi 10-15 horse power dari biasanya.” jelas Rifat.

Apalagi sirkuit yang terletak di Taman Wisata Tembong Jaya, Serang ini tergolong cukup sempurna, karena memiliki lintasan yang lebar, medium speed, dan di beberapa cornernya high speed. Diperkirakan, pada putaran ini akan terdapat beberapa perubahan baik corner maupun rintangannya, sehingga pertarungan akan menjadi lebih seru.

Pada Kejurnas Speed Offroad seri sebelumnya, Pertamina Fastron Offroad Team, masih sebagai satu-satunya peserta yang menggunakan kendaraan bermesin diesel – yakni Mitsubushi Pajero, namun berhasil membuktikan keandalan pelumas Fastron Diesel SAE 15W-40 dengan menyabet juara pertama di kelas 4.2.

Please follow and like us:

Leave a Reply