Sean Gelael, gemilang di ajang Formula 3 Austria

F3 Europe Rd 8 Red Bull Ring - Action 3

Pebalap Indonesia Sean Gelael memperlihatkan performa terbaiknya selama berkarir di ajang Formula 3 dengan merebut posisi ke tujuh pada Kejuaraan Formula 3 Eropa di Sirkuit Red Bull Ring Austria.

Sebelumnya, Sean berhasil naik podium di Kejuaraan Formula 3 Inggris dan juga finish di posisi ke enam pada seri Kejuaraan Eropa di Norisring beberapa waktu lalu, namun ia menilai bahwa penampilannya bersama Jagonya Ayam with Carlin Dallara-Volkswagen kali ini, adalah yang terbaik.

Dan tidak hanya sampai disitu, karena Sean kembali berhasil finish di posisi 10 saat race terakhir, untuk kembali berhasil mendulang poin.

Sean sebenarnya sangat kecewa saat hanya mampu berada di posisi 16, 14 dan 15 di sesi kualifikasi untuk tiga race yang akan dijalani, padahal saat melakoni tes awal musim, Sean mampu memperlihatkan kecepatannya di sirkuit ini. Di race pertama, Sean bertarung ketat dengan pebalap Puerto Rico Felix Serrales dan pebalap Israel Roy Nissany untuk finish ke 12, hanya dua posisi di luar para pebalap yang berhak mendapatkan poin.

“Saya pikir saya masih harus belajar untuk beradaptasi dengan tingkat grip yang berbeda di setiap sesi, yang ternyata merugikan saya di sesi kualifikasi,” kata Sean.

“Kami tahu bahwa kecepatan dalam balapan kali ini sangat cepat – Saya seharusnya mampu menyusul Nissany tetapi dia membalap dengan tekanan mobil pada lintasan (downforce) yang lebih sedikit dibandingkan saya, yang membuatnya lebih sulit melalui tikungkan tapi mudah melahap lintasan lurus, tempat anda dapat menyusul. Saya berusaha menyusul dari dalam tetapi tidak memperoleh kesempatan.” bebernya.

Namun, pelajaran yang diperolehnya diterapkan dengan baik di race kedua. Sean sempat turun ke posisi 15 di lap pertama tetapi kemudian berhasil kembali maju ke depan, melakukan manuver fantastis untuk melewati pebalap Kolumbia, Tatiana Calderon, pebalap Belanda Dennis van de Laar dan pebalap Kanada, Nicholas Latifi untuk akhirnya berada di posisi tujuh.

“Saya yakin ini adalah performa terbaik saya,” kata Sean sambil tersenyum. “Kecepatan saya baik dan saya mampu melewati beberapa kendaraan di kiri kanan saya. Mereka semua bertarung dengan baik, dan di akhir balapan saya mampu mendekati pebalap-pebalap lain yang bertarung memperebutkan posisi ke lima. Pertandingan ini sangat kompetitif dan saya sangat senang dengan hasil yang saya peroleh.”

Di race terakhir, Sean sempat kehilangan posisi karena Serrales memotong jalur Sean saat dia berusaha melewatinya di tikungan pertama, tetapi Sean tetap tenang dan kembali melanjutkan balapannya. Akhirnya, Sean berhasil kembali mencatatkan hasil yang baik, finish di posisi 10. Yang lebih mengesankan adalah, Sean mampu mencatatkan waktu putaran yang lebih cepat dibandingkan dengan para pebalap yang naik podium.

“Mungkin apabila Serrales tidak memotong saya, saya bisa bertarung untuk memperebutkan posisi ke delapan,” ujar Sean. “Saya berada di jalur dalam tetapi dia tidak menyisakan ruang bagi saya untuk menyusul. Jadi akhirnya saya harus kembali berada di posisi ke 16, dan kembali saya harus melewati van de Laar, Nissany dan para pebalap lainnya. Akhir minggu ini tidaklah mudah, tetapi hasil yang diperoleh sangatlah baik dan semoga dapat memberikan momentum bagi kami semua dalam menghadapi sisa pertandingan di musim ini.”

Dalam akhir pekan yang fantastis untuk Tim Jagonya Ayam with Carlin, Tom Blomqvist diikuti oleh Antonio Giovinazzi berhasil merebut posisi pertama dan kedua di race pertama. Di race kedua, Giovinazzi sebenarnya berhasil finish di urutan pertama, tetapi terkena hukuman karena melanggar peraturan, yang membuat Tom Blomqvist finish di posisi kedua. Di race terakhir, Antonio Giovinazzi akhirnya bisa merebut titel perdananya sebagai juara Formula 3 Eropa, dan Tom kembali berada di posisi kedua.

Seri selanjutnya akan berlangsung di Sirkuit Nurburgring – Jerman, tanggal 15-17 Agustus mendatang.

Please follow and like us:

Leave a Reply