Volvo Indonesia Kirim 2 Pengemudi Berlaga di Final Asia Pasifik FUELWATCH 2014

DSC_0548

Volvo Indonesia mengirim dua pengemudi terbaiknya untuk berlaga di babak Final Asia Pasifik dalam kompetisi Fuelwatch 2014 yang diselenggarakan oleh Volvo Trucks di Gothenberg, Swedia pada 18 September 2014 mendatang, Kedua pengemudi truk ini berasal dari PT. Mutiara Tanjung Lestari dan PT Alam Jaya Prataya.

Pengemudi truk yang mewakili Indonesia adalah: Alimuddin dari PT. Mutiara Tanjung Lestari dan Kornelius Balada dari PT Alam Jaya Prataya. Mereka telah berhasil mengungguli hampir 50 pengemudi dalam babak final Fuelwatch Indonesia 2014 yang berlangsung di Paramount Gading Serpong, Tangerang pada Selasa (10/06/2014) kemarin.

DSC_0528

“Saya tidak pernah mengira akan mewakili Indonesia dalam sebuah kompetisi mengemudi truk internasional di Swedia. Hal ini membuat saya semakin berpengalaman dan mendapat banyak pengetahuan serta cara-cara berkendara truk dengan hemat bahan bakar,” kata Kornelius.

Sementara itu, Alimuddin mengatakan, “Saya ingin segera menerapkan teknik mengemudi truk yang aman dan irit bahan bakar yang telah saya pelajari ke dalam pekerjaan saya nantinya. Selain itu, akan sangat menarik untuk bertemu dengan para pengemudi truk pemenang dari negara-negara lain dan bertukar tips.

DSC_0583

Pierre Jean Verge-Salamon, Presiden Direktur PT Volvo Indonesia

Pierre Jean Verge-Salamon, Presiden Direktur PT Volvo Indonesia mengatakan, “Mengemudi yang irit bahan bakar adalah sebuah keahlian yang sangat penting yang dibutuhkan untuk menghemat biaya dan menjaga lingkungan. Kompetisi FUELWATCH yang diselenggarakan Volvo Trucks dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan peran pengemudi dalam membantu mengurangi konsumsi bahan bakar. Para pengemudi truk memiliki peran utama untuk berkontribusi pada perusahaan dalam hal efisiensi biaya dengan cara memastikan bahwa mereka menerapkan cara-cara berkendara yang irit bahan bakar dan aman.”

Sejak Februari 2014 lalu, Volvo Trucks Indonesia telah melakukan serangkaian seleksi untuk memilih pengemudi terbaik dari berbagai latar belakang industri pertambangan batu bara, pertambangan emas dan segmen pelabuhan.

Selain berkompetisi, para pengemudi mendapat pelatihan tentang teknik-teknik mengemudi yang aman, irit bahan bakar, defensif, termasuk teknik braking dan perawatan berkala untuk meminimalisasi downtime. Truk yang digunakan kali ini adalah Volvo FH16 untuk on-road yang baru saja diluncurkan awal Mei lalu di Seoul, Korea Selatan dan Volvo FMX untuk off-road.

Sama seperti kompetisi Fuelwatch sebelumnya, para finalis harus mengemudikan truk di lintasan off-road sejauh 4 kilometer. Jika tahun lalu hanya melombakan truk off-road, maka tahun ini dilangsungkan pula kompetis truk on-road yang sama dimana masing-masing pengemudi harus mengendarai truk sejauh 10 kilometer.

Para pemenang kompetisi FUELWATCH 2014 Indonesia
1. Alimuddin dari PT Mutiara Tanjung Lestari di Berau, Kalimantan Timur
2. Kornelius Balada dari PT Alam Jaya Prataya di Lokoalu, Kalimantan Timur
3. Syarifuddin dari PT Nusa Bara International di Susubang, Kalimantan
4. Dodo Suhando dari PT Pancaran Darat di Jakarta
5. Hengky Fernando dari PT Pech Tech Service Indonesia (PECHTECH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *