Test Drive Hyundai Santa Fe 2.2 CRDi Turbo Diesel AT

IMG_6126

Pada pekan lalu hari Selasa-Rabu (27-28/5/14) OTOSL.com mendapatkan kesempatan menjajal mobil SUV Hyundai Santa Fe CRDi Turbo Diesel AT mesin 2.2L. Mobil milik PT Hyundai Mobil Indonesia warna putih dengan stiker Hyundai Experience ini melintas Tol TB Simatupang sambil dibuat rekaman video.

Berikut ini adalah rekaman video dari OTOSL.com:

Hyundai Santa Fe berasal dari Korea dan ketika pada kesempatan OTOSL berkunjung ke Korea Selatan pada pertengahan Mei yang lalu, ngga heran kalau mobil Santa Fe ini terlihat banyak beredar disana. Yang pasti Korea adalah negara maju yang patut ditiru.

Kembali bicara Hyundai San Fe, kalau melihat tampilan luar (eksterior) ukurannya cukup besar dan keren. Rasanya mobil cukup kompetitif untuk bersaing dengan Mazda CX7, Mitusbishi Pajero Dakar dan Toyota Fortuner. Bodi Hyundai Santa Fe terlihat kokoh, stylish dan sporty dengan konsep Storm Edge yang memperlihatkan kesan gagah dari mobil tersebut. Peleknya juga keren, ukurannya 18 inchi dan enak dilihat.

Sedangkan tampilan dalam (interior) memberikan kesan dinamis, stylish dan deluxe, pasalnya jok dilapis dengan bahan berkualitas warna hitam, kemudian pada bagia dashboard memiliki desain yang cukup mewah dan mudah dijangkau. Kabar bagusnya mesin Hyundai Santa Fe yang dijajal OTOSL.com adalah mengusung mesin berkapasitas 2.199 cc (2.2L) Turbo Disel, dengan tenaga 198 HP pada putaran 3800 rpm dengan torsi maksimum 445 Nm pada putaran 1800 – 2500 rpm.

Mobil ini memiliki tenaga besar dengan 6 Speed Shif Tronic. Memberikan akselerasi percepatan yang cepat, baik transmisi secara Auomatic atau Manual yang sangat mudah dioperasikan. Hal ini terbukti ketika OTOSL.com mencoba akselerasi Hyundai Santa Fe ini dijalan tol. Ketika digas secara cepat terasa sangat lembut sekaligus memberikan tarikan mobil semakin melesat. Yang enak adalah pengoperan transmisi secara manual sangat mudah, kemudian raung suara mesin diselnya nyaris tak terdengar.

Di beberapa titik jalan tol OTOSL.com mencoba zig zag atau changing line dalam kecepatan tinggi untuk mendapatkan stabilitas. Padahal saat itu mobil Hyundai Santai Fe ini sedang ada ada penumpang berjumlah 6 orang (termasuk OTOSOL sebagai pengemudi). Singkat cerita mobil berkapasitas 7 penumpang ini tetap stabil, lincah dan nyaman, bahkan yang lebih penting tidak terasa kalau mobil ini sebagai mobil SUV dengan kategori besar.

Ketika penumpang baris tengah dan belakang ditanya soal kenyamanan mobil, mereka mengatakan asyik-syik aja, karena mobil tidak limbung atau mengayun sehingga tidak membuat penumpang pusing. Mungkin pada kesempatan lain OTOSL akan mencoba mobil ini dijalan pegunungan seperti ke Puncak Pas, Bandung menembus jalan tanjakan atau turunan agar mendapatkan sensasi berkendara Hyundai Santa Fe diluar kota.

Kenyamanan yang juga dirasakan oleh para penumpang adalah ruang duduk yang luas, kecuali ruang penumpang bagian belakang baris ketiga terasa sempit bagi orang dewasa. Namun demikian penumpang menjadi terhibur dengan adanya Panorama Sunroof yang bisa terbuka memanjang, dan juga audio system yang canggih dan mudah dioperasikan memberikan alunan music selama perjalanan.

Saat ini Hyundai Santa Fe CRDi AT dipasarkan dengan harga Rp. 491,250,000.- untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Untuk model gasoline harganya lebih murah dipatok Rp, 448,000,000.- dan untuk model CRDi 4×4 harganya lebih mahal Rp. 660,000,000.-. Warna pilihan yang tersedia adalah Titanum Silver, Arabian Mocha, Ocean New, Vanilla White, Red Merlot, Phantom Black, dan Sleek Silver.

Kalau mau dicompare dengan merek lain, menurut OTOSL.com yang perlu diperhatikan adalah mesin Hyundai Santa Fe CRDi 2.2. DOCH Turbo Diesel 6 Speed AT saat ini memiliki tenaga mesin yang terbesar dibandingkan dari merek lain yang sejenis di kelas 2.2L hingga 2.5L. Sebelum memtutuskan, ada baiknya setiap konsumen melakukan test drive untuk membuktikan ulasan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *