All-New MINI, lebih luas – lebih tinggi dan lebih keren

mp16

Penggemar otomotif roda empat Indonesia perlu menyimak secara detail sosok All New New MINI generasi terbaru dan original, yaitu sebuah kendaraan baru di segmen premium yang telah hadir di Senayan City Jakarta pada 23 – 25 Mei 2014. Berikut ini informasi yang diperoleh dari MINI Indonesia:

Desain eksterior, proporsi yang tak diragukan, siluet memikat, dan hal-hal esensial yang superior.

Karakteristik pemisahan tiga arah dari korpus bodi, all-round greenhouse dan atap, bersama dengan karakter desain terbaru, menentukan eksterior model terbaru ini, yang panjangnya  bertambah sekitar sepuluh sentimeter.

Panjang bodi all-new MINI adalah 3.821 milimeter (MINI Cooper S: 3.850 milimeter) lebarnya 1.727 milimeter dan tingginya 1.414 milimeter. Hal ini menjadikan MINI terbaru hadir 98 milimeter lebih panjang, 44 milimeter lebih luas dan 7 milimeter lebih tinggi dari pendahulunya.

Sumbu roda telah diperpanjang sebesar 28 milimeter menjadi 2.495 milimeter, sedangkan lebar jejak telah diperbesar di bagian depan sebesar 42 milimeter dan di bagian belakang sebesar 34 milimeter – total penambahan secara keseluruhan adalah 1.501 milimeter  (MINI Cooper S: 1, 485 milimeter).

Kelincahan kendaraan saat menikung dan kenyamanan berkendara mendapatkan manfaat dari ukuran terbaru ini, sama halnya dengan penambahan jumlah ruang yang tersedia untuk pengguna dan volume bagasi.

Rentang kursi depan panjangnya telah disesuaikan, permukaan kursi diperpanjang hingga 23 milimeter, dan penambahan ruang bahu memberikan ruang kaki yang lebih lapang dan kebebasan bergerak serta kenyamanan saat memasuki kendaraan yang lebih optimal bagi penumpang di kursi belakang.

Interior  All-New MINI menawarkan ruang yang semakin lapang dan nyaman pada keempat kursinya serta kapasitas kompartemen bagasi yang diperluas 51 liter hingga totalnya  mencapai 211 liter.

Seperti proporsinya,  gaya  khas kendaraan ini dan pemisahan struktur bodi three-way khas MINI menjadi faktor yang memberikan tampilan ekslusif. Korpus, greenhouse, dan atapnya secara visual jelas terpisah satu sama lain. Permukaan kaca dengan kolom bodi yang gelap membentuk penutup harmonis yang melebar di seluruh  badan kendaraan.

Dilihat dari sisi samping kendaraan, grafis jendela yang meruncing ke belakang menciptakan bentuk irisan dinamis yang menyiratkan kesan sporty yang menjadi ciri khas MINI baru.

Permukaan lebar dan “overhang” pendek menonjolkan korpus kendaraan lebih daripada sebelumnya, di mana korpus duduk dengan mantap di atas roda. Postur atletis  all-new MINI  semakin dipertegas dengan kaitan visual antara lengkungan roda depan dan belakang.

Hal ini tercipta berkat garis sill yang memikat bersama dengan garis karakter yang mengalir di bagian atas dan sejajar di sisi samping. Kedua garis ini memiliki lengkungan ke bawah yang dinamis baik di depan maupun belakang, dengan demikian mengarahkan perhatian pada dua lengkungan besar roda.

All-new MINI Cooper S mendapatkansentuhan sporty yang menjadi kekhasan spesifik model inidarifitur-fitur seperti kisi-kisi radiator dengan pola menyerupai sarang lebah, strip bemper antrasit, pembuka tambahan di bonet, saluran rem udara yang terintegrasi dalam pasokan udara yang lebih rendah, dan apron belakang yang terpisah dengan pipa knalpot yang dipasang di bagian tengah.

Selain elemen-elemen scuttle samping, kisi-kisi radiator model varian ini kini juga logo “S” yang dikellilingi material krom.

Unik dalam segmen – distribusi lampu adaptif LED dan lampu sen LED.

Sebuah penyempurnaan desain yang detail telah diaplikasikan pada kedua circular headlamps yang klasik, menampilkan ring krom lebar di sekelilingnya.

Demikian  halnya dengan circular headlamps yang terintegrasi pada apron depan. Sumber cahaya lampu depan terstruktur jelas, dengan lampu sen melengkung terpasang di bagian bawahnya.

Dalam versi standar, lampu mengemudi siang hari dan lampu samping berada di dalam lampu depan tambahan, bersama dengan lampu kabut.

Mesin generasi terbaru meningkatkan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan efisien.

Dua unit daya terbaru menampilkan MINI TwinPower Turbo Technology, tersedia untuk dipilih oleh konsumen saat peluncuran MINI terbaru pada Juni 2014.

All-new MINI Cooper S ini didukung oleh mesin 4 silinder 2.0 liter dengan daya maksimum 192 hp yang melesat antara 4.700 dan 6.000 rpm, menghantarkan torsi maksimum dari 280 Newton meter pada 1.250 rpm. Torsi bahkan dapat ditingkatkan dengan cepat sampai 300 Newton meter melalui fungsi overboost.

Hasilnya akselerasi dari nol sampai 100 km/jam dapat ditempuh hanya dalam waktu 6,7 detik, sementara kecepatan maksimum mencapai 233 km/jam. Konsumsi bahan bakar rata-rata MINI Cooper S terbaru adalah 19 km per liter, dengan tingkat emisi CO2 122 g/km. Angka-angka ini berdasarkanstandart tes Uni Eropa.

Sementara itu untuk MINI Cooper daya maksimum ditingkatkan sebesar 16hp menjadi 136hp antara 4.500 dan 6.000 rpm, dan torsi maksimum 230 Nm dengan overboost sekarang tersedia di 1.250 rpm.

MINI Cooper terbaru hadir dengan mesin bensin 3 silinder – 1,5 liter yang memungkinkan performa berkendara yang lebih sporty.

MINI Cooper  terbaru hanya perlu7,8 detik untuk melesat dari keadaan diam ke 100 km/jam, dengan kecepatan maksimum 210 km/jam. Angka-angka tersebut dikombinasikan dengan  konsumsi bahan bakar rata-rata yang telah dikurangi menjadi antara 21 km liter per liter dan tingkat emisi CO2 109 g/km.

Peningkatan efisiensi mesin, teknologi MINIMALISM yang ekstensif,  optimalisasi bobot  dan penyempurnaan sifat aerodinamis  menghasilkan pengurangan angka konsumsi bahan bakar hingga 27 persen.

Teknologi MINIMALISM tidak hanya mencakup fungsi start/stop dan langkah-langkah yang luas untuk mengoptimalkan bobot dan tarikan aerodinamis dalam MINI terbaru, tetapi juga mencakup pemulihan energi rem dan pengendalian pompa bahan bakar yang berbasis kebutuhan, pompa pendingin dan unit pendukung lainnya.

Power Steering  elektromekanis sama hemat nya  dengan pompa oli yang dikendalikan di semua mesin. Dengan tarikan koefisien (nilai Cd) dari 0,28 atau 0,31 (MINI Cooper S), all-new MINI juga pemimpin segmen dalam hal aerodinamika.

Desain interior, gaya ciri khas MINI, serta layar dan konsep pengoperasian baru.

Garis-garis yang tepat, warna yang memikat serta kombinasi material dan fungsi modern menegaskan orientasi all-new MINI terhadap kenikmatan berkendara dan atmosfer interior premium.

Struktur horisontal kokpit dan kontur fitur-fitur penting melingkar atau lonjong seperti outlet udara, instrumen dan elemen dekorasi pintu adalah komponen desain klasik yang menghadirkan bentuk all-new MINI yang lebih canggih dan terutama berkualitas tinggi.

Tampilan dan konsep pengoperasian baru memadukan tampilan dan nuansa gaya khas kokpit brand MINI dengan fungsi dioptimalkan. Salah satu fitur baru yang paling penting adalah gugusan instrumen pada kolom kemudi. Kecepatan dan putaran mesin, bersama dengan informasi penting lain yang berhubungan dengan mengemudi, ditampilkan dalam gugusan instrumen rancangan baru pada kolom kemudi.

Penyisipan kunci, yang sebelumnya dibutuhkan, tidak lagi diperlukan di kokpit all-new MINI. Begitu kunci berada di dalam kendaraan, mesin all-new MINI dapat dimulai dengan menekan tombol start/stop yang terletak di sentral konsol tengah.

Di atas tombol ini hadir tiga sakelar kendali melingkar untuk AC. Sakelar operasi untuk lampu depan dan lampu kabut juga telah diposisikan ulang dan terletak di gugusan instrumen di sebelah kemudi. Daya penggerak jendela yang dikendalikan listrik di all-new MINI ini terintegrasi dalam panel trim pintu.

Moda kendara all-new MINI memungkinkan penyetelan individual yang melibatkan bukan hanya kurva karakteristik dari pedal gas dan kemudi, tetapi juga akustik mesin dan suasana pencahayaan MINI Cooper S.

Hal yang menarik perhatian adalah display instrumen pusat, waktu peralihan transmisi otomatis dan karakteristik Dynamic Damper Control, sebuah sistem yang tersedia untuk pertama kalinya.

Moda SPORT dan GREEN dapat diaktifkan di samping moda MID standar. Dalam hubungannya dengan transmisi otomatis, moda GREEN yang berfungsi untuk efisiensi bahan bakar juga dilengkapi fungsi meluncur dengan pemisahan rangkaian penggerak.

Panel instrumen pusat dengan fungsi-fungsi baru dan konfigurasi pencahayaan mengesankan.

Dengan unsur-unsur indikator baru dan fungsionalitas yang semakin bervariasi, ciri khas instrumen panel pusat MINI membuat interaksi antara pengemudi dan kendaraan semakin intensif. Pusat permukaan interior dilengkapi dengan layar warna berukuran 8,8 inci, pilihan hiburan dan komunikasi, peta navigasi, dan penunjuk rute.

Pemilihan dan pengendalian fungsi ini difasilitasi oleh pengendali baru di konsol tengah, yang dilengkapi dengan Radio MINI Visual Boost, atau sistem navigasi MINI Professional. Gerakan putar, tekan, dan geser, serta dengan satu sentuhan tombol, yang akan memungkinkan untuk pengoperasian yang intuitif, aman, dan nyaman berdasarkan prinsip-prinsip dari sistem BMW iDrive, yaitu inovasi yang revolusioner di sektor otomotif.

Display inovatif dan konsep pengoperasian didukung oleh desain pencahayaan di area instrumen panel pusat yang unik untuk all-new MINI. Unit LED di sekitar tepi luar dari lingkaran instrumen – tersedia secara opsional dalam enam warna – dapat merespons situasi jalanan saat ini dan langkah-langkah operasi tertentu, sesuai dengan preferensi pengemudi.

Misalnya, kecepatan jalan dan display kecepatan mesin di gugusan instrumen yang didukung oleh impuls cahaya paralel di tepi panel instrumen pusat. Ketika Park Distance Control diaktifkan, jarak yang tersisa dengan hambatan ditunjukkan melalui cahaya yang menyala dalam warna hijau, kuning, atau merah – melengkapi tampilan grafis.

Perubahan suhu interior yang diinginkan dikonfirmasi oleh unit LED yang menyala dengan warna biru atau merah. Informasi panduan rute yang diberikan oleh sistem navigasi juga didukung secara visual oleh cahaya yang menyala: semakin dekat kendaraan ke titik belok, semakin kecil daerah yang menyala di tepi instrumen pusat.

Fitur-fitur canggih untuk mendukung kenyamanan, fungsionalitas, dan personalisasi.

Fitur-fitur standar dari all-new MINI termasuk cermin eksterior yang disesuaikan secara elektris, strip penutup ambang pintu dengan inskripsi khas, garis-garis warna dalam Carbon Black dan Radio MINI dan koneksi USB.

Ditambah lagi dengan berbagai pilihan berkualitas tinggi di bidang kenyamanan, fungsi dan personalisasi individual sehingga kendaraan dapat diadaptasikan sesuai gaya pribadi pengguna sendiri. Termasuk juga atap kaca panorama, speaker Harman Kardon, dan roda kemudi John Cooper Works yang sporty hadirdalambahankulit.

Berbagai fungsi yang dapat diintegrasikan dengan all-new MINI melalui aplikasi jejaring sosial dan hiburankinitersedia untuk iPhone Apple dan smartphonedengan sistem operasi Android.

Program MINI Connected yang tersedia melalui aplikasi smartphonediantaranya adalahMission Control, Dynamic Music, Driving Excitement dan MINIMALISM Analyser, serta layanan berbasis online seperti fungsi radio web, Facebook, Twitter, Foursquare, penerimaan feed berita RSS dan fitur hiburan seperti AUPEO! dan TuneIn.

Dengan layar warna pada panel instrumen pusat, semua fungsi tersebut dapat dioperasikan dengan gaya khas MINI – dan lebih nyaman, intuitif, dan aman dari sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *