HTML-HMPV Visit Pabrik Ban CORSA

8 November 2009. Suatu kesempatan baik bagi SL.com bersama dengan teman-teman bikers komunitas HTML dan HMPC dapat berkunjung ke pabrik ban mobil dan motor, yaitu milik PT Multistrada Arah Sarana Tbk (PT MASA) yang terletak di daerah Cikarang Timur, Jawa Barat pada hari Sabtu (7/11/09).

Kunjungan ke pabrik ban yang dikenal dengan beberapa nama produk  atau merek terkenal, antara lain ACHILLES, CORSA dan STRADA ini dihadiri bersama-sama dengan 35 orang bikers dari HTML (Honda Tiger Mailing List) dan 10 orang bikers dari HMPC (Honda Mega Pro Club). Sedangkan PT MASA sebagai tuan rumah mengerahkan 10 orang staffnya yang terdiri dari bagian technical service dan sales promo.

Ketika itu SL.com (penulis) dan semua bikers HTML/HMPC sudah tiba di lokasi pabrik PT MASA sekitar pukul 11.00 dengan tujuan untuk mengenal lebih dekat tentang industri ban, antara lain bagaimana proses pembuatan ban, mulai dari bahan baku, hingga prosesnya menjadi barang jadi yang siap dijual untuk pasaran.

Semula penekanan kunjungan ini adalah untuk melihat proses pembuatan ban sepeda motor merek CORSA, namun demikian ketika kami berada di dalam pabrik, kami bisa melihat secara jelas keseluruhan dari proses pembuatan ban untuk jenis mobil dengan merek ACHILLES dan STRADA.

Tidak itu saja, bahkan kami juga bisa melihat secara langsung proses pembuatan ban untuk merek-merek lain, yang  juga diproduksi oleh PT MASA, antara lain merek IndoTyre, Comet dan Aspira. Bisa jadi untuk kedepannya, pabrik ini akan memproduksi merek-merek lainnya mengingat pertumbuhan sepeda motor di Indonesia kini semakin meningkat dengan tajam.

Tepat pukul 12.00 rombongan bikers HTML dan HMPC masuk kedalam ruangan rapat untuk mendengarkan penjelasan langsung dari staff PT MASA. Pembahasan materi presentasi antara lain mengenai:

1. aturan main berkunjung ke pabrik
2. sejarah perusahaan
3. proses produksi pembuatan ban
4. penjelasan tentang kecanggihan mesin-mesin pabrik, dan
5. ulasan tentang berbagai event-event dari produk ban merek CORSA.

Ban sepeda motor dengan merek CORSA kini sudah semakin dikenal oleh kalangan bikers secara nasional, demikian pula ban mobil dengan merek ACHILLES. Adapun salah satu contoh event ACHILLES yang pernah ada, adalah Perlombaan Drifting pada acara IIMS 2009 yang lalu.

Selama acara berlangsung didalam ruang rapat tersebut, acara di barengi dengan makan siang. Namun tak disangka jika antusias bikers HTML memotong penjelasan untuk bertanya dengan aneka ragam pertanyaan sangat gencar, dan hal ini bisa dijawab oleh petugas PT MASA yang sudah profesional sambil menunjukkan bagian-bagian ban yang perlu diketahui oleh bikers secara detail.

Terlihat semua staff PT MASA yang bertugas, bisa menyesuaikan diri dengan guyonan bikers yang membuat suasana pertemuan menjadi santai dan akrab. Presentasi dan penjelasan tetap jalan, namun selalu ada canda-tawa yang membuat bikers menjadi betah selama berada di dalam ruangan rapat. Rasa ngantuk pun jadi hilang dan tak terasa jika bikers sudah berada di dalam ruangan nyaris pukul 14.00.

Mengingat waktu, akhirnya dengan sigap, para petugas PT MASA segera mengajak para bikers untuk beranjak dari ruangan dan segera berjalan untuk berkeliling ke areal pabrik yang memiliki luas tanah lebih dari 37 hektar, dan luas bangunan terpakai sekitar 16.2 hektar.

Perusahaan go-public yang sudah tercatat di Bursa Efek Jakarta ini, memperkerjakan 2,000 orang yang terdiri para karyawan tetap, kontrak, maupun yang magang. Berdiri sejak tahun 1988 dengan nama PT CROBAN PERKASA.

Sejalan dengan waktu, perusahaan ini secara terus menerus meningkatkan diri dengan menerapkan teknologi industri ban dari kawasan Eropa, antara PIRELLI (Italia), CONTINENTAL (Jerman), dan NOKIAN (Finlandia).

Menurut sejarah, nama perusahaan dengan PT Multistrada Arah Sarana Tbk (PT MASA) baru dimulai tahun 2004, dan tercatat sebagai perusahaan terbuka (go public) pada tahun 2007 dengan penyertaan 2.6 milyar saham baru. Nah, untuk lebih jelas tentang apa dan siapa, serta bagaimana manajemen dari perusahaan PT MASA ini, silahkan meluncur ke website resmi perusahaan: www.multistrada.co.id.

Ketika rombongan bikers masuk kedalam areal proses produksi, tak heran terlihat dengan jelas bagaimana mesin-mesin ultra modern milik PT MASA bekerja penuh tanpa henti. Beberapa mesin berteknologi tinggi dijelaskan oleh petugas PT MASA, antara lain mesin Qudruplex Extruder 4, New Automatic Multiple Hexagonal Bead Making Machine, New Automatic Single Stage Tyre Building Machine (VMI 248SL), Tyre Curing Process, dan Uniformity Machine.

Pabrik ini memiliki jam kerja 24 jam penuh yang terbagi dengan tiga shift dan empat  group. Sebagaimana telah dipaparkan dalam presentasi, perusahaan ini memiliki standard mutu  ban yang berteknologi tinggi, kualitas/mutu ban untuk kemampuan tinggi (high performance), dan memiliki pekerja yang terlatih, dan juga memiliki pekerja yang terampil.

Tercatat bahwa kapasitas terpasang produksi pabrik PT MASA adalah 17.500 ban per hari, dan maksimal adalah 22,500 ban per hari. Termasuk memproduksi ban motor sebanyak 6,000 hingga 8,000 ribu per harinya. Sejauh ini hasil produksi ban mobil di dominasi untuk pasar export ke negara wilayah Timur Tengah dengan komposisi 85% export dan 15% pasar lokal. Sedangkan produki ban motor 100% ditujukan untuk pasar lokal.

Sepanjang berjalan kaki di dalam areal pabrik, kami mencium aroma yang berbeda-beda dari setiap bagian produksi, dan yang paling parah adalah mencium aroma bahan baku karet mentah yang menjadi bagian utama dari sebuah ban.

Sebagai informasi, bahwa ban hasil dari produksi PT MASA memiliki porsi bahan bahan baku, yaitu 41% berupa bahan karet alam yang dicampur dengan bahan synthetic. Selebihnya adalah komposisi bahan campuran, antara lain 30% adalah fillers (carbon black, sillica, calcium carbonat), 15% adalah reinforcing materials (steel 7%, polyester, nylon 4%, bead 4%), kemudian 6% plasticizers (oil resins), kemudian 6% chemicals untuk vulcanization (sulphur), dan sisanya 2% untuk tambahan bahan kimia antioxidant, antiozonant, dan lain-lain.

Usai jalan-jalan berkeliling pabrik, seluruh anggota bikers HTML/HMPC kembali lagi ke ruang tunggu PT MASA untuk beristirahat/

Tak lama beristirahat, beberapa pertanyaan sebagai acara games disampaikan oleh staff PT MASA, yaitu Sdri. Miftahul Jannah selaku Sales M/C Local. Tersedia lima buah ban sepeda motor merek CORSA yang bisa diperebutkan untuk menjawab lima pertanyaaan.

Tepat pukul 16.00 acara di pabrik PT MASA pun berakhir. Sambutan terima kasih pun disampaikan oleh pihak pabrik, dan juga sebaliknya dari pihak tamu. Sebagai penutup acara, adalah acara berfoto bersama yang dilanjutkan salam perpisahan, dan pembagian goodie pack yang telah disediakan oleh PT MASA.

Ucapakan terima kasih kepada seluruh staff PT MASA yang telah menyambut dan menerima kehadiran bikers HTML dan HMPC, antara lain:

  1. Bapak Purba
  2. Bapak Febriyanto
  3. Bapak Agus
  4. Bapak Iwan
  5. Bapak Eko (Corsa Motor Community)
  6. Sdri. Miftahul Jannah

PHOTO GALLERY

19 thoughts on “HTML-HMPV Visit Pabrik Ban CORSA

  1. Foto dalam pabrik ga ono ?

  2. he3 bangga juga bisa liat proses ban yang notabenya temen sejati kita di jalan
    semoga ke depan bisa ke tempat mana lagi deh

  3. Te O Pe
    Thank Om liputannya
    Mudah2an even ultah HTML di bandung nanti bisa jadi sponsor

  4. @IIN, selama didalam ruangan produksi, tidak boleh berfoto. Harap maklum. :-)

  5. HMPC itu (Honda Megapro Club) bukan community lho mas bro hihihiihhi….
    entar ada yang protes lho…..

  6. @moskie, typing error.. segera diperbaiki and thank you ya.. :-)

    @utenk, sama2 bro..

  7. Ban Corsa S123 mantep bener.
    *belum ke pabrik tapi udah makai

  8. Om minta ijin buat copy tulisannya buat di milist HMPC yach… tapi tetep aku kasih link ke tulisan originalnya.

    Terima kasih sebelumnya.

  9. asep Tangerang says:

    lagi ngidam Corsa S123, 90/70/17 depan, 100/70/17 belakang, muat gak ya di Bladeku?

  10. wah gw gak diajak-ajak yak hahahahhaaha….
    gw dah pake corsa lho, enak….

  11. wuih.. asiknya bisa kunjungan ke pabrik ban..

    biasanya, kalo pulang gitu dapet bingkisan ban.. :D

  12. corsa emang okey punya……….brow……….

  13. [...] Bagi pembaca yang belum tau dimana lokasi pabrik ban Achilles, silahkan kunjungi artikel ini. [...]

  14. Baru beberapa waktu beli ban mobil merk corsa sekitar oktober 2010, untuk ban serep, jadi hanya sebagai cadangan, pas tgl 15 desember 2010, kemarin saya turunkan ban serep untuk ganti ban yang bocor, alangkah kagetnya saya ternyata ada benjolan sebesar telur puyuh pada dinding samping kirinya, mau komplain gak tahu harus kemana, ada yang bisa bantu, no.hp saya 0817 491 6177,thx

  15. Kalo ada kesempan boleh saya bergabung di perusahaan anda..pengalaman PT GAJAH TUNGGAL Tbk periode 2003 s/d sekarang

  16. saya bangga dengan produk indonesia

  17. Apa bner klo spd mtor yg ga pke ban merk corsa ga boleh masuk pt?

Leave a Reply