Sejarah FIAT 500 “A True Legend”

IMG_3993

Kehadiran FIAT 500 Sport yang diluncurkan PT Garansindo Inter Global pada hari Selasa, 29/4/14 memberi catatan tersendiri dalam sejarah mobil. Di Indonesia nama FIAT yang sudah lama dikenal sejak tahun 1950-an hingga tahun 1970-an, dan setelah itu Garansindo menghadirkan kembali sosok FIAT 500 dalam ajang IIMS 2013. 

Bagaimanakah sejarah FIAT 500 ini?

Seperti Fiat 500 generasi pertama yang diluncurkan pada tahun 1957, Fiat 500, 500C dan 500 Sport terbaru tetap mempertahankan desain, kualitas serta nilai sejarah yang tak lekang oleh waktu. Sehingga, sejak 50 tahun yang lalu, Fiat 500 mampu untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen diseluruh dunia.

Memenuhi kebutuhan mobilitas warga Itali setelah perang dunia ke-2, Fiat “Nuova” 500 menjadi katalis pada tahun 1957. Dengan total penjualan mencapai 4 juta unit dari tahun 1957 hingga 1975, Fiat 500 menjadi mobil yang efisien, terjangkau, memberikan kenyamanan dan dapat diandalkan sebagai solusi transportasi dan menghidupkan semangat warga Itali setelah perang dunia ke-2.

Lima puluh tahun kemudian, dengan desain yang menarik dan dilengkapi dengan teknologi terkini, Fiat 500 terbaru yang pertama kali diperkenalkan kepada publik pada tahun 2007 mampu untuk mengulang kesuksesan dan mengukir sejarah dalam industri otomotif.

Fiat 500 terbaru tetap mempertahankan nilai-nilai yang telah disematkan pada Cinquecento generasi pertama. Sejak diluncurkan pada tahun 2007, sebanyak 1 juta Fiat 500 generasi terbaru telah terjual di 110 negara. Popularitas Fiat 500 dihadirkan melalui kemampuan brand Fiat untuk memberikan personalisasi dengan beragam pilihan kombinasi warna, varian dan aksesoris, performa mesin dan kenyamanan berkendara.

Selain kesuksesan dari segi penjualan, Fiat 500 telah meraih lebih dari 80 penghargaan, termasuk 2008 European Car of The Year, 2009 World Car Design of the Year dan 2012 “Recommended Pick” oleh Consumer Guide.

Fiat 500 terbaru memiliki efisiensi bahan bakar, dan serangkaian teknologi yang dikombinasikan dengan desain Itali yang ikonik. Mobil city-car dengan pengendaraan dan pengendalian terbaik, mesin 1.4-liter MultiAir®, sistem komunikasi handsfree yang canggih BLUE&ME™, 7 airbag dan transmisi otomatis 5-percepatan, 2014 Fiat 500 memberikan sesuatu yang berbeda untuk para konsumen.

Dihadirkan juga dalam grand launch ini, sebuah Fiat 500 Convertible tahun 1957 dengan warna Avocado Green, yang merupakan salah satu warna asli dan yang digemari pada tahun tersebut. Fiat 500 tahun 1957 ini dimiliki oleh seorang kolektor di Bandung, Jawa Barat, dimana mobil telah direstorasi dan dirawat dengan sempurna.

IMG_4120

Fiat 500 and 500C

Dirancang untuk memenuhi individu berjiwa muda dengan kepribadian yang dinamis dan mengutamakan lifestyle, 2014 Fiat 500 dilengkapi dengan detail dan fitur yang meningkatkan keindahan desain mobil seperti aksen krom yang terdapat pada bagian depan dan belakang mobil, rumah spion belapis krom, foglamp, sunroof, velg alloy 16 inci dan ban all-season, pelapis jok berbahan kulit, lingkar kemudi berbahan kulit dengan tombol pengaturan audio, Fiat premium audio system dengan 6 speaker dan amplifier 276-watt serta alarm.

Sedangkan Fiat 500C (Convertible) memiliki semua fitur dan kelengkapan yang terdapat pada Fiat 500 dengan beberapa tambahan seperti velg alloy 16 inci, ParkSense rear park assist, antenna pada kaca dan 4-Position Power Retractable Soft Top Dual-Layer yang dapat memiliki empat posisi pengaturan dan hadir dengan pilihan warna Nero, Bordeaux atau beige dengan wind-deflector dan spoiler belakang.

Fiat 500 Sport

“Pada grand launch kali ini, kami juga memperkenalkan Fiat 500 Sport, sebagai pelengkap keluarga Fiat 500 yang pertama kali diluncurkan pada Indonesia Internasional Motor Show 2013 lalu,” ujar Muhammad Al Abdullah, Chief Executive Officer, PT Garansindo Inter Global.

“Fiat 500 Sport memiliki karakter desain yang agresif. Sehingga sesuai untuk individu yang menginginkan Fiat 500 dengan aura sport,” tambah Al.

Fiat 500 Sport melengkapi varian Fiat 500 di Indonesia. Dengan desain berkarakter agresif, Fiat 500 Sport akan ditujukan untuk para individu yang menginginkan premium city-car yang sporty, fun to drive, stylish dan efisien.

IMG_4059

Perbedaan Fiat 500 Sport terdapat pada bumper depan dan belakang dengan desain yang aerodinamis, grill dengan corak honeycomb, velg aluminium berdiameter 16-inci berwarna Mineral Grey dengan logo ‘500’ berwarna merah, serta spoiler yang terdapat pada pintu bagasi, melengkapi tampilan sporty pada Fiat 500 Sport.

Warna hitam dan abu-abu mendominasi interior Fiat 500 Sport. Lingkar kemudi lebih tebal berbentuk flat-bottom dengan paddle-shift berdesain sporty memberikan sensasi berkendara yang penuh percaya diri. Panel instrumen berwarna hitam dan kursi berbahan kulit dengan logo 500S memberikan aura sporty.

Fiat 500 Sport memiliki mesin sama dengan Fiat 500 dan Fiat 500C. 1.4-liter inline-4 dengan teknologi MultiAir yang menghasilkan tenaga 100 horsepower pada 6,500 rpm dan torsi maksimum 131Nm pada 4,000 rpm dan dikombinasikan dengan transmisi otomatis 5-percepatan dengan fitur sport. Fiat 500 Sport mampu untuk meraih konsumsi BBM kombinasi (dalam kota & luar kota) sebesar 12.5km/liter dan 14km/liter untuk penggunaan luar kota.

Fiat 500 merupakan mobil pertama di dunia dengan Fully Variable Valve Actuation (FVVA) yang dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan menurunkan emisi gas buang (CO2) sebanyak 10 persen dibandingkan dengan mesin lainnya. Teknologi sistem intake-valve yang inovatif ini memiliki nama MultiAir yang menggantikan overhead cam dengan 4 silinder selenoid dengan sistem pengaturan udara dan bensin yang instant untuk menghasilkan tenaga maksimal namun tetap menjaga efisiensi bahan bakar.

Safety

Sebagai premium city-car, keamanan pengemudi dan penumpang menjadi hal yang utama. Fiat 500 memiliki 7-airbag (dual front-impact airbags, dual-side impact airbags, dual overhead airbags & driver knee airbags), Pretensioner, Anti-whiplash head restraints, four-wheel Antilock Brake System (ABS), steel-cage construction, Electronic Brake Distribution (EBD), HBA (Hydraulic Brake Assist) (ESP) Electronic Stability Program dan Electromagnetic Dipping Rearview Mirror.

IMG_4000

Euro NCAP (European National Car Assesment Program) memberikan peringkat 5-star kepada Fiat 500. Peringkat 5-star ini memperkuat posisi Fiat 500 yang telah mendapatkan lebih dari 80 penghargaan diseluruh dunia, sejak diluncurkan kembali pada tahun 2007, seperti; “Top Safety Pick” Insurance Institute for Highway Safety, 2013 “10 Coolest New Cars” and Consumer Digest “Best Buy” for 2014.

Fiat 500 akan dijual dengan harga Rp 365,000,000, sedangkan Fiat 500 Sport memiliki banderol harga Rp 365,000,000 dan Fiat 500C, Rp 390,000,000. Harga tersebut merupakan harga off-the-road dan sudah termasuk 3 Year / 100,000km warranty.

Fiat S.p.A.

Fiat adalah grup otomotif internasional yang memproduksi serta menjual kendaraan untuk umum melalui brand Fiat, Alfa Romeo, Lancia, Abarth dan Fiat Professional, serta mobil mewah berperforma tinggi seperti Ferrari dan Maserati.

Fiat telah melakukan ekspansi global setelah dilaksanakannya akuisisi Chrysler Group yang membawahi brand Chrysler, Jeep, Dodge, Ram serta Street and Racing Technology (SRT) serta brand Mopar yang mencakup pelayanan after-sales dan produk. Fiat Group juga membawahi brand MagnetiMarelli dan Teksid yang bergerak dibidang komponen, serta Comau yang bergerak dibidang system produksi.

Setelah berintegrasi dengan Chrysler, Fiat memiliki objektif untuk menjadi produsen otomotif dunia yang kuat dan kompetitif. Dengan lebih dari 4 juta kendaraan yang terjual pada tahun 2012, kolaborasi ini memposisikan Fiat-Chrysler sebagai produsen mobil terbesar peringkat ke-7 diseluruh dunia. Melalui integrasi ini, Fiat-Chrysler memiliki gabungan teknologi inovatif dan terdepan serta memiliki kemampuan untuk memiliki produk portfolio yang luas sehingga dapat menghadirkan produk untuk seluruh konsumen di dunia.

Fiat Brand lebih dari 100 tahun

Misi dari brand Fiat adalah: Untuk menggabungkan Italian Passion yang meliputi desain dan originalitas dengan efisiensi dan versatilitas dalam setiap produk; menghasilkan mesin yang mampu untuk memberikan senasi berkendara yang menyenangkan namun tetap efisien serta memiliki emisi rendah; dengan menggunakan teknologi terkini untuk menghasilkan pengalaman berkendara yang nyaman serta memproduksi kendaraan dengan harga terjangkau dan memiliki perawatan yang mudah. Dapat disimpulkan bahwa Fiat menghasilkan kendaraan untuk segala kebutuhan serta memiliki desain terbaik, nyaman dan menyenangkan untuk dikendarai dan fungsional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *