Fiat restrukturisasi ulang setelah akuisisi Chrysler Group

393872_10150490472387530_1883814559_n

Hari ini Kamis (30/1/14), Jajaran Direksi Fiat S.p.A (“Fiat”) menyetujui adanya restrukturisasi dan didirikannya Fiat Chrysler Automobiles (“FCA”) sebagai perusahaan otomotif global yang terintegrasi. Hal ini terungkap dalam siaran pers yan diterbitkan oleh Fiat pada Kamis, 30/1/14.

Setelah Fiat mengakuisisi seluruh saham Chrysler Group LLC, yang sebelumnya dimiliki oleh VEBA Trust, Jajaran Direksi Fiat telah merevisi dan mempertimbangkan langkah untuk restrukturisasi korporasi.

Agar terciptanya citra yang kuat diantara perusahaan otomotif global lainnya, dari segi modal maupun skala perusahaan, jajaran direksi telah mendirikan Fiat Chrysler Automobiles N.V, yang dibentuk di Belanda, sebagai perusahaan induk group. Saham umum FCA akan didaftarkan di New York dan Milan.

“Lembaran baru telah dimulai dengan didirikannya Fiat Chrysler Automobiles. Sebuah perjalanan yang dimulai lebih dari satu dekade yang lalu, Fiat telah berjuang untuk memajukan dirinya dalam pasar yang rumit, serta menyatukan dua perusahaan dengan sejarah otomotif yang kuat dan berbeda, namun memiliki kekuatan geografis yang sama. Dengan FCA kami akan menghadapi masa yang akan depan dengan tujuan baru dan penuh semangat,” ujar John Elkann, Chairman, Fiat.

Sergio Marchionne, CEO Fiat dan Chairman/CEO Chrysler Group mengatakan: “Hari ini merupakan salah satu hari terpenting dalam karir saya di Fiat dan Chrysler. Lima tahun yang lalu kita menciptakan sebuah visi yang melebihi kerjasama industri dan menyatukan kedua perusahaan secara menyeluruh. Kita bekerja dengan gigih untuk menyatukan perbedaan dan menjadikannya kekuatan serta meruntuhkan hambatan kultural.”

“Hari ini kita dengan sukses telah menciptakan struktur yang kuat dalam sebuah perusahaan otomotif global yang memiliki kombinasi sempurna; pengalaman dan pengetahuan sehingga menempatkan kita setara dengan para kompetitor. Restrukturisasi korporasi secara global akan menyempurnakan visi dan kinerja Group diseluruh dunia dan membawa keuntungan yang lebih baik,” tambah Marchionne.

Dalam proposal yang telah disetujui oleh jajaran direksi Fiat, pemegang saham Fiat akan menerima 1 saham FCA untuk setiap saham Fiat yang dimiliki. Saham FCA tersebut terdaftar di New York Stock Exchange (NYSE) dan di Mercato Telematico Azionario (MTA) di Milan. FCA diharapkan dapat menjadi pengelola pajak perusahaan di Inggris, namun seluruh pajak Group tetap harus dibayarkan dimasing-masing lokasi dimana terjadinya aktivitas bisnis.

Dalam rangka membantu pengembangan dan kinerja dari pemegang saham jangka panjang, FCA akan menggunakan “loyalty voting structure”, dimana pemegang saham Fiat yang hadir atau diwakilkan dalam rapat pemegang saham dapat memiliki suara dalam pemilihan yang bersifat adil, dimana para pemegang saham dapat memilih siapa yang akan mengelola saham mereka hingga akhir. Dalam “loyalty voting structure” syarat dan ketentuan berlaku.

Pemegang saham FCA yang tidak menjual saham tersebut dalam kurun waktu tiga tahun, memiliki fasilitas untuk partisipasi dalam “loyalty voting structure.”

Pemegang saham FCA dapat mengikuti “loyalty voting” setelah mereka memindahkan saham umum. Struktur ini ditujukan untuk memfasilitasi agar adanya basis pemegang saham yang lebih stabil dan memiliki keuntungan jangka panjang yang lebih baik, namun bagi perusahaan tetap memiliki fleksibilitas dalam mengembangkan keuntungan strategis.

Transaksi harus melalui persetujuan jajaran direksi dan pemegang saham. Transaksi juga memiliki ‘limited closing condition’, termasuk terdaftarnya di NYSE dan modal €500 juta yang tertera dalam regulasi Itali oleh pemegang saham Fiat dan serta hak oposisi oleh kreditor Fiat. Pencatatan pada MTA di Milan akan dilakukan setelah penjualan saham di NYSE telah dilaksanakan.

Transaksi diharapkan dapat selesai di akhir tahun 2014. Keputusan hari ini serta yurisdiksi perusahaan induk, berdasarkan dari kebutuhan serta peluang yang dihasilkan dari pendirian perusahaan otomotif internasional dengan bersatunya Fiat dan Chrysler.

Organisasi yang ada dan beroperasi di empat regional akan tetap sentral dan berpusat kepada restrukturisasi Group secara keseluruhan. Keseluruhan Group akan menjadi FCA dan memiliki misi yang sama, termasuk manufaktur atau pabrik di Itali dan diseluruh dunia, tanpa perubahan dari sisi ‘headcount’.

FCA akan presentasikan rencana bisnis jangka panjang kepada komunitas financial dibawal bulan May 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *