Shell Road Safety Pop Game (Road Pop)

IMG_9396

Shell Road Safety Pop Game (Road Pop) yang baru diluncurkan pada Shell Road Safety Competition 2013 (RSC 2013) yang diadakan pada 18 Desember 2013 di Taman Soka Bhayangkara Cibubur adalah sebuah aplikasi game internet yang membawa pesan mengenai disiplin berlalu lintas yang dimulai dengan pengenalan rambu lalu lintas.

Game untuk anak-anak ini akan menguji pengetahuan anak usia sekolah mengenai rambu berlalu lintas dengan cara yang lebih menyenangkan. Saat ini, permainan Road Safety terdiri dari 4 level dengan 3 sub level setiap tingkatnya, yang berisi tentang pengenalan rambu lalu lintas bagi murid usia sekolah. Target dari permainan ini pada setiap levelnya adalah menyamakan minimal 3 icon rambu-rambu lalu lintas atau perangkat keselamatan berkendara dalam satu garis.

Permainan ROADPOP dimainkan secara online untuk anak-anak ini, terdiri dari tahapan tertib berlalu lintas mulai dari pejalan kaki, pesepeda, pengendara motor dan mobil. Kisahnya tentang Tisa dan Aksa adalah sepasang kakak beradik yang ceria. Tisa penuh dengan rasa keingintahuan sedangkan Aksa suka membaca buku dan memiliki banyak pengetahuan.

“Road Pop” game ini membawa pesan mengenai disiplin berlalu lintas yang dimulai dengan pengenalan rambu lalu lintas. game ini akan menguji pengetahuan anak usia sekolah mengenai rambu berlalu lintas dengan cara yang lebih menyenangkan. Saat ini, permainan Road Safety terdiri dari 4 level dengan 3 sub level setiap tingkatnya, yang berisi tentang pengenalan rambu lalu lintas bagi murid usia sekolah. Target dari permainan ini pada setiap levelnya adalah menyamakan minimal 3 icon rambu-rambu lalu lintas atau perangkat keselamatan berkendara dalam satu garis. Permainan ini terdiri dari tahapan tertib berlalu lintas mulai dari pejalan kaki, pesepeda, pengendara motor dan mobil.

Suatu hari, sambil pergi ke sekolah, Tisa bertanya tanya mengenai rambu lalu lintas yang mereka temukan sepanjang hari. Aksa memberikan penjelasan mengenai rambu-rambu lalu lintas tersebut kepada Tisa. Yuk, ikut belajar mengenai rambu-rambu lalu lintas dengan memainkan games Road Pop. Caranya cocokkan minimal 3 ikon atau lebih rambu lalu lintas segaris horizontal (mendatar) dan vertikal (ke atas/ke bawah) dan kumpulkan ikon-ikon yang diminta pada level yang dimainkan untuk mendapatkan poin setinggi mungkin.

Oscar Kurniawan dari Tanoshii Creative, pengembang permainan Shell Road Safety Pop Game atau ”Road Pop”, ia tertantang untuk menciptakan bentuk permainan dengan pesan tertentu, sehingga ia mencoba memadukan unsur edukasi dan fun dalam game ini. Oscar merupakan salah satu pemenang Shell LiveWIRE Business Start-Up Awards 2012 yang merupakan program Investasi Sosial Shell Indonesia yang mendorong kewirausahaan di kalangan anak muda.

“Tantangannya adalah bagaimana membuat edukasi lalu lintas ini diminati dan disukai karena ada unsur fun dan kompetisi di dalamnya,” ujar Oscar.

Program Shell Road Safety Competition adalah salah satu program investasi sosial Shell Indonesia yang bertujuan untuk memotivasi siswa sekolah dasar untuk menguji pengetahuan dan ketrampilan berlalu lintas. Dalam kompetisi ini, siswa berlomba menunjukkan kemampuannya bertata-tertib di jalan yang telah dikondisikan mirip dengan jalan raya sebenarnya di Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara. Kompetisi terdiri dari beberapa macam lomba yaitu lomba Sepeda Lintas, Mewarnai Tong Sampah, Cerdas Cermat, Membuat dan Menyanyikan Jingle hingga Presentasi Aman Berlalu Lintas.

Acara Shell RSC sudah diselenggarakan oleh Shell Indonesia sejak tahun 2009. Pendidikan berlalu lintas telah menjadi prioritas kegiatan Investasi Sosial Shell di banyak negara selain di Indonesia, seperti di negara tetangga Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura yang juga telah menyelenggarakan Shell Traffic Games selama puluhan tahun yang lalu.

“Road Pop” game dapat diakses lewat http://www.amandijalan.com/download.php. Amandijalan.com adalah situs yang dibangun Shell Indonesia untuk edukasi perilaku tertib dan aman berlalu lintas bagi masyarakat.

Please follow and like us:

Leave a Reply