Perjalanan 6 tahun Lexus di Indonesia Celebration of 2.500 unit sales

DSC_00361_resize

Memasuki tahun ke-enam perjalanannya di Indonesia, Lexus telah meraih berbagai pencapaian membanggakan. Kendati sejak awal Lexus Indonesia tidak menargetkan penjualan, apresiasi yang diberikan oleh para Lexus Enthusiasts sungguh tak ternilai. Sejak diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada November 2007 hingga November 2013, Lexus sudah membukukan angka penjualan total 2.517 unit, di mana RX Series, LX Series, serta LS Series menjadi tiga besar kontributor terbesar penjualan Lexus di Indonesia.

Dalam 6 tahun eksistensinya di pasar otomotif nasional, RX Series membukukan penjualan 1.303 unit atau berkontribusi sekitar 51,77% dari total penjualan Lexus. Sementara itu, LX Series mencatatkan penjualan 739 atau berkontribusi sebesar 29,36%, serta LS Series sebanyak 256 unit atau berkontribusi sebesar 10,17% terhadap total penjualan Lexus Indonesia. Adapun, sisanya ditopang oleh tiga tipe lainnya yaitu ES Series, GS Series, dan IS Series.

Hingga saat ini, RX Series masih menjadi tulang punggung penjualan Lexus di Indonesia. Selain menorehkan kinerja penjualan yang menggembirakan, Lexus RX juga mendapatkan pengakuan dari media, dengan dinobatkannya Lexus RX sebagai Best Medium Luxury SUV pada ajang Autobild Award 2013, pekan ini.

Tipe lainnya juga diyakini menjadi kontributor terbesar penjualan. Salah satunya adalah melalui ES Series yang baru diluncurkan pada Oktober lalu. Dalam 2 bulan sejak peluncurannya, Lexus ES Series membukukan total penjualan yang cukup menggembirakan, yakni sebanyak 18 unit atau berkontribusi sekitar 3% dari total penjualan Lexus Indonesia pada 2013 sebanyak 612 unit.

Principal Lexus Indonesia, Johnny Darmawan, menyebutkan bahwa hasil yang telah dicapai hingga saat ini adalah berkat dukungan, kepercayaan, dan kesetiaan Lexus Enthusiasts terhadap produk-produk dan layanan yang diberikan Lexus Indonesia.

“Terimakasih kami pada Lexus Enthusiasts tidak akan pernah cukup, berkat dukungan mereka Lexus berhasil menorehkan pencapaian yang membanggakan dalam 6 tahun eksistensinya di pasar premium Tanah Air,” ujar Johnny, hari ini.

Melalui jajaran line-up produk yang semakin beragam, kata Johnny, pihaknya berharap dapat melayani Lexus enthusiasts dengan berbagai pilihan dan karakteristiknya secara lebih optimal dan pada jangkauan yang lebih luas lagi.

Dia menambahkan, sejalan dengan tagline Pursuit of Perfection is Unlimited for Creating Amazing, Lexus Indonesia berkomitmen untuk terus menghadirkan produk-produk berkualitas tinggi dan pengalaman kemewahan yang sangat personal bagi setiap Lexus Enthusiasts.

“Berkat para Lexus Enthusiasts pulalah Lexus Indonesia mendapatkan kepercayaan dari prinsipal untuk menghadirkan semakin banyak pilihan varian produk bagi pelanggannya. Tingginya respon positif dari Lexus Enthusiasts, menunjukkan bahwa Lexus telah mendapat tempat khusus yang sangat istimewa di hati pecintanya,” tuturnya.

Pada awalnya, ketika Lexus memperkenalkan diri di Indonesia, tujuan utamanya bukanlah untuk mengejar peringkat nomor satu penjualan, melainkan untuk menghadirkan kembali budaya otomotif yang menekankan emotional attachment antara Lexus Enthusiasts dengan kendaraan, sekaligus menyisipkan ketulusan perhatian dan keramahan dalam setiap interaksi dengan para Lexus Enthusiasts.

Lexus Indonesia membangun brand image Lexus dengan cara memanjakan Lexus Enthusiasts, antara lain melalui jajaran produk yang bagus, personal service yang berkelas, serta mengedepankan konsep gallery yang pertama di dunia. Sehingga, tidak mengherankan jika Lexus mencatatkan prestasi yang membanggakan dan masuk ke dalam top 3 mobil premium di Tanah Air, kendati eksistensi selama 6 tahun dapat dikatakan masih tergolong baru.

Konsep produk yang dihadirkan oleh Lexus didasari oleh filosofi Pursuit of Perfection. Ketika pada umumnya konsep konvensional fun to drive adalah performance dan power yang tinggi, Lexus memiliki konsep creating amazing, yang lebih menekankan pada emotional attachment antara pengemudi dengan kendaraan, dan mengembangkan secara personal apa yang menjadi aspek fun to drive bagi pecintanya. Terlebih, kini Lexus telah menemukan Mojonya, yaitu Spindle Grille yang terlihat di seluruh bagian antar muka lini produk Lexus. Ini akan menjadi identitas Lexus ke depannya.

Bahkan bisa dikatakan, Lexus selalu memacu diri untuk memberikan hal-hal yang optimum secara bersamaan. Misalnya saja, kinerja tinggi namun efisien bahan bakar, teknologi mutakhir, tetapi humanis atau mudah digunakan. Keseluruhan konsep tersebut dapat dirangkum dalam kata IDEAL: Impressive, Dynamic, Elegant, Advanced, Lasting.

Demikian juga dengan konsep yang dibangun di Lexus Gallery. Lexus Gallery bukanlah showroom. Ketika kebanyakan showroom hanya sebuah tempat bertransaksi, galeri menjadi tujuan di mana orang datang untuk memanjakan diri dan mendapatkan inspirasi dari suatu hal di galeri.

Itu sebabnya, ketika datang ke Lexus Gallery, Lexus Enthusiasts akan disuguhi pengalaman yang berbeda. Selain dimanjakan dengan layanan dan perhatian berkelas Lexus, pelanggan juga akan mendapatkan inspirasi saat menikmati fasilitas galeri yang nyaman dan berkelas yang didesain sejalan dengan filosofi Lexus.

Di Lexus Gallery, pelanggan dapat menikmati berbagai macam layanan. Lexus Gallery menyediakan banyak kelebihan bagi Lexus enthusiasts, seperti Sky Lounge, Ruang Pertemuan Lexus, Ruang Audio Mark Levinson, VIP Lounge, dan buku-buku referensi pilihan di ruang baca Lexus. Bahkan, para Lexus enthusiasts diberikan privilege untuk menggunakan ruangan meeting Lexus sebagai lokasi pertemuan penting dengan relasinya.

Selain itu, yang membuat Lexus berbeda dengan kendaraan premium sejenis, para pecintanya akan merasakan karakter kendaraan yang berbeda. Berbasis konsep creating amazing, pelanggan mendapatkan kualitas premium dan kesenyapan serta kenyamanannya yang terkenal, serta dibubuhi oleh personal touch yang tulus untuk setiap karakter pelanggan yang berbeda-beda.

Pada awal kehadirannya di Indonesia, Lexus Indonesia diwakili oleh 4 varian, yaitu LS460L, GS300, IS300, dan RX350. Kini, menginjak tahun ke 6 perjalanan Lexus Indonesia, Lexus telah menghadirkan 15 varian dari 6 tipe, yakni GS 250, GS 300, GS 350, GS 450, IS 300, IS F, LS 460, LS 600, LX 570, RX 270, RX 350, RX 450, ES 250, ES 300, serta IS 250.

Please follow and like us:

Leave a Reply