John Cooper, perintis balap legendaris

IMG_7381

Dari literatur yang diterima SL.com saat menghadiri acara peluncuran MINI John Cooper Countryman pada 31 Oktober 2013 yang lalu diperoleh informasi mengenai sejarah John Cooper  yang dikenal sebagai sosok penting di balik trend revolusioner dalam dunia olahraga otomotif.

Sejarah John Cooper ini dimulai ketika Mini Cooper menjadi berita utama untuk pertama kalinya di Monte Carlo pada tahun 1962. Mobil berukuran kecil, namun sangat gesit, ini meninggalkan kawanan pesaingnya yang jauh lebih kuat di belakangnya.

Pada tahun 1964, Mini Cooper S memenangkan tempat pertama di Monte Carlo Rally, dan menjadi legenda dalam olahraga kendaraan bermotor dalam semalam. Setahun kemudian, kendaraan ini mengulangi kemenangan yang sama, mencapai garis finish setelah ribuan kilometer sebagai satu-satunya tim tanpa satu pun poin penalti – bahkan meskipun kondisi cuaca buruk. Kendaraan ini kemudian mendapat kemenangan ketiganya di Monte Carlo Rally.

Mini tidak hanya sangat sukses di dunia balap reli, tetapi juga pada sirkuit jalanan, menerima banyak kemenangan pada tahun 1960-an. Memang, daftar panjang keberhasilannya di kompetisi olahraga bermotor menjadikan Mini kendaraan balap paling menonjol selama dekade tersebut. Perlu dicatat bahwa banyak karier balap spektakuler dimulai di balik roda kemudi Mini.

Banyak pembalap yang memulai karir mereka di balik kemudi Mini klasik. Beberapa di antaranya bahkan melanjutkan berpartisipasi dalam kejuaraan dunia F1 karena pengalaman mereka dengan Mini. Di seluruh dunia, nama “Cooper” telah diidentikkan dengan kenikmatan berkendara dengan Mini. Tidak mengherankan bahwa kit penyeteman yang dikembangkan oleh Cooper untuk standar produksi mobil-mobil Mini menuai banyak permintaan di tahun-tahun berikutnya.

mini-john-cooper-works-wrc-05

MINI John Cooper Works unggul untuk penggunaan sehari-hari

Pada bulan Agustus 2008, MINI John Cooper Works resmi diluncurkan – kendaraan premium pertama di dunia dari jenisnya – dan segera menetapkan standar di pasaran untuk kepuasan berkendara di segmen subkompak.

Kendaraan ini dilengkapi dengan mesin empat silinder, teknologi turbo twin-scroll, sistem injeksi bahan bakar langsung, dan sejumlah fitur teknis yang berasal dari dunia balap untuk mencapai performa tertinggi sebesar 211 hp.

Peralatan spesifik model MINI John Cooper Works saat ini termasuk mesin transmisi otomatis enam-percepatan, ditambah rem dan komponen suspensi yang disetem dengan akurat untuk menyelaraskan dengan kekuatan dan percepatan kendaraan yang intens.

MINI merayakan kemunculannya kembali di kancah reli pada tahun 2011. Pada tahun pertama, MINI Countryman memasuki putaran terpilih dari World Rally Championship (WRC). MINI John Cooper Works WRC ini didukung oleh mesin empat silinder,1.6 liter, yang menghasilkan lebih dari 300 hp dalam moda spec-reli.

MINI mengawali tahun 2012 dengan sangat spektakuler pada ajang Reli Dakar, dengan lima mobil balap MINI All4 berbaris di awal ajang ketahanan di Amerika Selatan. Reli yang paling menuntut ketahanan dan kekuatan di dunia ini membuat kendaraan tersebut harus menempuh jarak lebih dari 8.000 kilometer.

Salah satu MINI menuntaskan ajang tersebut di puncak keseluruhan klasemen dan keempat pengemudi MINI lainnya masuk ke dalam urutan sepuluh besar. Tahun ini, sekali lagi MINI menjadi yang pertama melintasi garis finish di Reli Dakar dan terus mengambil bagian dalam World Rally Championship.

Lihat artikel berikutnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *