Michelin Indonesia Adakan Uji Coba ban Michelin Agilis HD

DSC_0041

31 Oktober 2013. Guna meningkatakan penjualan ban, khususnya konsumen truk dan bus, PT Michelin Indonesia adakan uji coba ban Michelin Agilis HD di sepanjang di ruas tol Jagorawi. Pengujian tersebut dilakukan Michelin selama 4 hari sejak tanggal 28 Oktober dengan menggunakan 2 buah truk Hino Dutro dan 3 tahap pengujian.

Pada tahap pertama, dilakukan pengujian tingkat penghematan bahan bakar minyak (BBM) pada kedua truk yang menggunakan ban sejenis (merk). Selanjutnya di tahap kedua dilakukan perbandingan tingkat penghematan BBM pada truk 1 yang menggunakan ban radial Michelin Agilis HD dengan truk 2 yang memakai ban bias.

Di tahap ketiga, untuk mendukung hasil pengujian tahap kedua maka ban kedua truk dipindahkan / ditukar. Truk 1 yang semula menggunakan ban radial Michelin Agilis HD memakai ban bias. Sementara truk 2 menggunakan ban radial Michelin Agilis. Setelah itu akan diukur kembali tingkat penghematan bahan bakar dari kedua truk yang menggunakan dua jenis ban yang berbeda tersebut.

Dalam pengujian ini PT Michelin Indonesia ingin membuktikan kepada para pemilik armada bahwa penggunaan ban radial bagi kendaraan komersial (truk dan bus) di Indonesia bahwa ban ini dapat menghemat bahan bakar sekitar 7-10%. Ban Michelin memiliki keunggulan yakni kemananan yang tinggi (safety), daya tahan yang lama (longevity), dan hemat energi (fuel saving).

“Jika kita lihat secara keseluruhan, maka penggunaan ban radial lebih menguntungkan, khususnya untuk kendaraan komersial seperti truk dan bus. Karena itu Michelin akan terus mengkampanyekan penggunaan ban radial di Indonesia untuk mendukung kegiatan bisnis yang efisien dan kompetitif,” jelas Country Director PT Michelin Indonesia (PTMI), Jean-Charles Simon saat jumpa pers siang hari tadi di rest area KM 38 Tol Jagorawi.

Jean Charles menambahkan, sebagai bagian dari komitmen Michelin untuk mendukung penghematan energi di segmen kendaraan komersial. PT Michelin Indonesia melaksanakan kegiatan fuel consumption test, sebagai program rutin yang dilaksanakan Michelin Global di seluruh dunia.

Selama periode pengujian tersebut, kedua truk dengan bobot yang sama melakukan 4 putaran, dimana setiap putaran berjarak 6o km. Sesuai standar pengujian Michelin, batas minimal untuk pengujian adalah 4-5 kali putaran. Dari hasil ujicoba tersebut tim Michelin menyimpulkan bahwa Michelin Agilis HD dapat menghemat BBM hingga 7% dibandingkan ban bias. Selain Indonesia, Michelin telah melakukan pengujian ini di negara lain, seperti di Thailand dan India.

Menurut Jean Charles untuk memenuhi kebutuhan ban pada kendaraan komersial di Indonesia, Michelin Agilis Range dikembangkan dari hasil inovasi dan teknologi hemat energi. Rangkaian produk tersebut telah diuji coba di laboratorium dan uji coba di jalanan. Michelin Agilis Range dapat memangkas pengeluarannya karena teknologi ban ini terbukti memiliki komponen karet dan pola ban yang lebih lebar, sehingga performa cengkeraman dan pengereman optimal.

Harga Michelin Agilis

Michelin Agilis Range dipasarkan sedikit lebih mahal daripada ban tipe bias, dengan kisaran harga Rp 1,8 juta – Rp. 2 juta. Michelin Agilis memiliki dua pilihan jenis ban, yaitu Michelin Agilis HD berukuran 7.5o R 16 dan R 16 8.25.

Kemudian Michelin Agilis LT dengan ukuran 7-00 R 16, 7.50 R 16 dan 8.25 R 16. Kedua ban tersebar di 34 dealer di 19 propinsi dan lebih dari 269 perwakilan dealer se-Indonesia. Michelin Agilis Range ini menjadi bukti dari komitmen Michelin untuk menyediakan produk ban yang hemat bahan bakar (fuel saving).

Please follow and like us:

2 thoughts on “Michelin Indonesia Adakan Uji Coba ban Michelin Agilis HD

  1. hi Stephen, saya ada kebutuhan Ban Michelin 14R21 XZL, sebanyak 9 Pcs, saat ini di Indonesia yg mempunyai Ban tersebut adah PT BUKIT JAYA UTAMA Bogor.
    tapi Perusahaan Tersebut tidak mensupport kami sebagai supplayer Angkasa Pura untuk Membeli Ban tersebut.
    untuk itu kami mohon kerja sama nya untuk hal ini…………….

  2. Dear,michelin
    Saran dari cust khususnya di sumtra sekarang ban ukuran 7.50-16 anglis HD susah di dapat.
    Terkadang kami harus menunggu lama.
    Trimakasih atas kerjasmanya.

    Regars

    Nody

    Phone_082299175743

Leave a Reply