Infiniti umumkan kerja sama dengan Hong Kong University of Science and Technology atau HKUST)

David Coulthard, Global Director Formula Satu Infiniti and HKUST Representative

16 Oktober 2013. Infiniti Motor Company Limited mengumumkan hubungan kerja sama dengan Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong (Hong Kong University of Science and Technology atau HKUST) dan membuka kesempatan eksklusif bagi lulusan teknik mesin terbaik untuk bekerja di Formula Satu melalui program pencarian bakat global terbaru.

Dikenal dengan nama Infiniti Performance Engineering Academy, institusi tersebut menawarkan kesempatan bagi mahasiswa teknik terbaik untuk menimba pengalaman bersama Infiniti Red Bull Racing, juara dunia tim Formula Satu tiga kali berturut-turut dan juga di Pusat Riset Infiniti Eropa di Inggris.

Hadir di seremoni peresmian kerjasama antara Infiniti Performance Engineering Academy dan HKUST, duta tim Formula Satu Infiniti Red Bull Racing, David Coulthard; Global Director Formula Satu Infiniti, Andreas Sigl; Vice-President Institutional Advancement HKUST, Dr Eden Y Woon dan Dekan jurusan Teknik Mesin, Prof Khaled Ben Letaief. Selain itu, turut hadir dalam acara tersebut para mahasiswa HKUST jurusan teknik mesin dan teknologi.

Infiniti Performance Engineering Academy akan memilih dua kandidat pemenang dari universitas dan perguruan tinggi di seluruh dunia yang menjadi partner. Mereka akan bergabung selama 12 bulan bersama juara dunia tim Formula Satu tiga kali berturut-turut, Infiniti Red Bull Racing, yang berbasis di Milton Keynes, Inggris.

Infiniti and HKUST

Kedua lulusan tersebut akan bekerja sama dengan para insinyur Infiniti berpengalaman yang berbasis di pabrik tim F1. Tak hanya itu, mereka juga akan menghabiskan waktu di Pusat Pengembangan Teknik Infiniti yang berlokasi di Cranfield, Inggris; dimana mereka akan memperdalam ilmu terkait teknologi road car masa depan.

Program ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari kerjasama Infiniti Red Bull Racing, yang menghasilkan manfaat bagi keduanya, baik di lintasan balap maupun di jalan raya.

Proses rekrutmen akan dilakukan pada akhir tahun ini. Seleksi secara nasional di sejumlah wilayah global akan dimulai di bulan Mei 2014; di mana peserta akan menjalani proses seleksi menyeluruh untuk menguji potensi dan pola pikir inovatif mereka. Para finalis akan mempresentasikan ide mereka di hadapan juri yang terdiri dari para insinyur senior Infiniti dan Infiniti Red Bull Racing pada bulan Juli 2014. Dua orang pemenang akan diumumkan pada ajang British Grand Prix 2014, dan penempatan kerja akan dimulai di bulan September 2014. Program beasiswa sekali seumur hidup ini meliputi gaji, akomodasi dan fasilitas mobil.

Dr Eden Y Woon berkata, “HKUST adalah satu-satunya universitas di Hong Kong dan salah satu dari beberapa universitas di Asia yang terpilih menjadi partner Infiniti Performance Engineering Academy. Ini adalah pencapaian besar yang mengukuhkan kredibilitas universitas sebagai fasilitator pendidikan dan penelitian kelas dunia yang memiliki mahasiswa teknik potensial.”

Perjanjian tersebut juga membuka pintu kerja sama antara HKUST dan Infiniti di masa depan. Dr Woon menambahkan: “Kami berharap dapat bekerja sama dengan Infiniti di masa yang akan datang dalam hal penelitian dan penerapan teknologi balap dan juga road car serta mengembangkan program-program lain untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa kami secara profesional.”

Kemajuan sistem pengajaran Sekolah Tinggi Teknik Mesin HKUST telah memperoleh pengakuan secara global. Sekolah tersebut telah memiliki reputasi tinggi di dunia internasional dan senantiasa meraih peringkat atas di antara sekolah teknik mesin lainnya di seluruh dunia. Menurut penelitian yang dilakukan Times Higher Education 2012-13 terhadap Universitas Terbaik di Dunia untuk Jurusan Teknik Mesin dan Teknologi, HKUST menempati peringkat No. 1 di China dan sekitarnya serta peringkat ke-23 secara global.

Mengomentari hubungan kerja sama dengan HKUST, Andreas Sigl, menambahkan: “Infiniti Performance Engineering Academy memberi kesempatan unik bagi calon insinyur berbakat dari seluruh dunia untuk memperdalam dan mengasah ilmu mereka dalam lingkungan yang memiliki ritme-kerja tinggi di Formula Satu. Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan HKUST di ‘rumah’ Infiniti Motor Company Limited, yaitu Hong Kong.”

Adrian Newey, Chief Technical Officer, Infiniti Red Bull Racing menambahkan: “Salah satu manfaat utama yang dapat kami peroleh dari hubungan kerja sama dengan Infiniti adalah akses untuk menggunakan sumber daya yang mereka miliki, mulai dari materi hingga proses dan sumber daya manusia. Potensi tersebut sangat menarik bagi kami, sebab kami dapat mengambil manfaat dari proses seleksi yang dilakukan di seluruh dunia dan menemukan talenta baru dengan performa terbaik. Kecepatan pengembangan teknik di Formula Satu mencerminkan bahwa pemikiran inovatif sangat krusial untuk dapat mendahului tim-tim lainnya. Kami berharap dapat memperoleh manfaat jangka panjang, baik bagi kami maupun Infiniti, dengan membuka kesempatan bagi para lulusan universitas kelas dunia untuk bekerja bersama kami.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *