Adira Berikan Inovasi Baru Untuk Pelanggannya

cust day 1 resize_resize

4 Oktober 2013.  Guna memenuhi berbagai kebutuhan perlindungan seluruh masyarakat Indonesia, Adira Insurance berusaha untuk terus berinovasi mengembangkan produk dan pelayanannya ke segmen ritel. Berdasarkan hasil sensus penduduk terakhir pada tahun 2010 dari Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, jumlah penduduk Indonesia telah mencapai 237.641.326 jiwa dimana prediksi pertumbuhan penduduk setiap tahunnya yaitu mencapai 1,49%.

Semakin bertambahnya penduduk Indonesia menyebabkan perkembangan kebutuhan masyarakat Indonesia yang semakin beragam. Begitu pula dengan kebutuhan perlindungan setiap individu yang selalu berkembang.

“Perlu dikembangkan pelayanan yang menyeluruh untuk menjangkau seluruh kebutuhan perlindungan masyarakat Indonesia, salah satunya dengan meningkatkan layanan 24 jam call center Adira Care yang menjadi one stop solution bagi seluruh pertanyaan mengenai kebutuhan asuransi masyarakat Indonesia, layanan website www.asuransi.adira.co.id, serta SMS hotline 0812 111 3456,” ujar Indra Baruna, Direktur Utama Adira Insurance.

Kami juga selalu mempersiapkan unit complaint handling yang responsif untuk menyelesaikan berbagai keluhan Pelanggan,” tambahnya.

Saat ini, Adira Insurance memang sedang berusaha untuk merambah ke segmen ritel untuk memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat Indonesia. Berdasarkan produknya, portofolio premi ritel dibandingkan korporasi berada di angka 75%:25%.

Produk ritel berasal dari Asuransi Mobil dan Motor, Asuransi Perjalanan, Asuransi Rumah Tinggal, Asuransi Syariah, Asuransi Kesehatan, Asuransi Kecelakaan Diri, Asuransi Barang Elektronik, Asuransi Demam Berdarah, Asuransi Typhus, Asuransi Keluarga, dan sebagainya.

Sedangkan, produk korporasi berasal dari Asuransi Alat Berat, Asuransi Properti, Asuransi Kerangka Kapal, Asuransi Rekayasa, Asuransi Pengangkutan, dan sebagainya. Salah satu portofilio ritel terbesar di Adira Insurance adalah asuransi mobil dan motor yang mendominasi 65% dari total pendapatan premi Adira Insurance dengan perolehan premi bruto lebih dari Rp 850 miliar sejak Januari-Agustus 2013.

Banyaknya permintaan polis asuransi kendaraan bermotor membuat Adira Insurance terus berinovasi meningkatkan kualitas pelayanannya melalui Autocillin Rescue yang menyediakan fasilitas mobil derek serta pelayanan darurat di jalan.

Autocillin Garage dengan pelayanan bengkel rekanan dengan garansi enam bulan dan pemakaian suku cadang asli, Autocillin Mobile Application yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi dan simulasi pelayanan serta produk Autocillin, Autocillin Mobile Service dengan menggunakan mobil VW Combi berwarna kuning menarik yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi, membeli produk dengan program promo menarik, dan melakukan klaim.

2013-08-30 The Word Of Mouth 2013-SWA 023 resize_resize

Pelayanan dari Autocillin tersebut juga terasa pada saat musim mudik lebaran berlangsung. Seluruh pelayanan dari Adira Insurance selalu siaga setiap hari, 24 jam, bahkan saat hari H mudik lebaran. Adira Care selalu siap untuk menerima laporan klaim dimana pada tahun ini, klaim tertinggi terjadi pada periode sebelum mudik lebaran, tanggal 12 Agustus 2013, dan sampai dengan tiga minggu setelah hari H lebaran.

Pada periode mudik tahun ini, terdapat peningkatan unit klaim sebesar 17% dari periode mudik lebaran tahun lalu dan peningkatan amount klaim sebesar 4% dari periode mudik lebaran tahun lalu. Namun, menurut Auralusia Rimadiana, Operation Deputy Director Adira Insurance.

“Terdapat penurunan klaim pada periode lebaran tahun ini dibandingkan dengan bulan-bulan sebelum lebaran pada tahun ini. Hal tersebut disebabkan karena klaim kebanyakan terjadi di bulan Juli sebelum lebaran. Klaim periode mudik lebaran tahun 2013 banyak terjadi di daerah Jabodetabek dan klaim didominasi oleh kendaraan roda empat yaitu bisa 9 kali lebih besar dibandingkan dengan kendaraan roda dua,” ujar Auralusia.

Selama musim lebaran tahun 2013, terhitung sejak 3 agustus – 18 agustus 2013, terdapat panggilan masuk melalui call center sebanyak tiga ribu panggilan masuk dan lima puluh permintaan armada rescue.

Menurut Hardianto Wirawan, Corporate Strategic Planning Division Head Adira Insurance, mengatakan bahwa masa depan industri ritel di Indonesia cukup menjanjikan karena penetration rate-nya masih rendah dan peningkatan kelas menengah yang cukup signifikan di Indonesia. “Dalam hal ini, peran industri sangat dibutuhkan yaitu dengan terus berinovasi dan menggali kebutuhan dari segmen ritel dalam membuat produk asuransi,” ujar Hardianto Wirawan.

Adira Insurance telah serius menggarap pasar ritel sejak lima tahun terakhir dimana terdapat hal-hal yang selalu dijaga agar dapat terus mendorong pertumbuhan asuransi ritel di Indonesia. Hal-hal tersebut mencakup pengembangan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, pemilihan jalur distribusi yang tepat, serta pelaksanaan praktik Good Corporate Governance.

“Portofolio premi produk ritel Adira Insurance terus meningkat dalam tiga tahun terakhir karena kami tidak berhenti menjalankan roda plan, do, check, dan action,” ujar Hardianto Wirawan.

Seluruh produk Adira Insurance selalu melandaskan pelayanannya berdasarkan value proposition perusahaan, yaitu yang pertama adalah Caring dengan memberikan pelayanan yang bersahabat, selalu siap membantu dengan ramah dan sopan melalui sumber daya yang memiliki pengentahuan dan keterampilan yang baik sehingga dapat memberikan kepercayaan kepada Pelanggan.

Kedua adalah Simple dengan memberikan kemudahan pelayanan, baik dari proses aplikasi, klaim, survei, hingga proses pembayaran sehingga dapat menyuguhkan kemudahan akses bagi para Pelanggan. Ketiga adalah Reliable dengan memberikan pelayanan yang handal dan berkualitas melalui para karyawan yang kompeten.

“Kami selalu berusaha untuk menepati janji dan cepat tanggap terhadap keluhan Pelanggan dan berusaha untuk memberikan solusi terbaik,” ujar Auralusia. Adira Insurance selalu menjadikan tingkat kepuasan Pelanggan sebagai motivasi agar terus meningkatkan kualitas produk dan pelayanan.

“Tentunya, jika seorang Pelanggan puas dengan produk dan pelayanan yang diberikan oleh Adira Insurance, maka Pelanggan tersebut akan merekomendasikan Adira Insurance sebagai pilihan asuransi yang dapat memberikan perlindungan maksimal bagi masyarakat,” ujar Ernita Sari, Business Support Division Head.

Upaya dan keunggulan Adira Insurance tersebut terbukti dari perolehan penghargaan sebagai peringkat pertama, Indonesia Most Recommended Brands 2013 dalam kategori Asuransi Mobil (Autocillin) dalam The World Of Mouth Marketing 2013 dari Majalah SWA dan Onbee Marketing Research pada bulan lalu.

Selain itu, Adira Insurance melalui asuransi mobil Autocillin yang dimilikinya juga memperoleh “The Best Car Insurance” dalam penghargaan Otomotif Choice Awards dari Tabloid Otomotif pada 25 September 2013. “Penghargaan-penghargaan tersebut tentunya akan meningkatkan kepercayaaan Pelanggan terhadap Adira Insurance,” ujar Ernita Sari.

Selain itu, pada bulan lalu, Adira Insurance juga mengulang kesuksesannya dengan memperoleh predikat “Sangat Bagus Selama 10 Tahun Berturut-Turut dalam Kategori Asuransi Umum Berpremi Bruto Rp 500 miliar ke atas” dari majalah Infobank. Hal tersebut terwujud karena Adira Insurance selalu berusaha menyesuaikan berbagai kebijakan yang ada dari para regulator serta selalu mengelola risiko-risiko yang ada.

Sejak Januari 2013 sampai dengan Agustus 2013, Adira Insurance telah memperoleh total aset lebih dari Rp 3,8 triliun dimana meningkat 29% dari periode yang sama pada tahun lalu yaitu sebesar Rp 2,9 triliun. Masih dalam periode yang sama, total investasi Adira Insurance mencapai lebih dari lebih dari RP 2,7 triliun atau meningkat 7% dari periode yang sama pada tahun lalu yaitu sebesar Rp 2,5 triliun.

Adapun total premi bruto yang diperoleh sejak Januari 2013-Agustus 2013 adalah lebih dari Rp 1,2 triliun atau meningkat 11% dari periode yang sama pada tahun lalu yaitu sebesar Rp 1,08 triliun.

One thought on “Adira Berikan Inovasi Baru Untuk Pelanggannya

  1. Sangat bermanfaat sekali untuk para pelanggannya dengan adanya Inovasi baru yang diberikan adira.
    Salam via_geraisyariah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *