Toyota menampilkan TS030 Mobil Balap Hybrid

DSC_0030_resize

21 September 2013. Toyota pernah menjadi sejarah sebagai mobil Jepang pertama yang tampil di ajang balap ketahanan Le Mans 24 Hours dengan Toyota GT-One. Kini, mobil balap yang dikembangkan di bawah naungan Le Mans Prototype (LMP1) ini kembali hadir dengan teknologi terkini yaitu Toyota Hybrid System – Racing (THS-R).Kendaraan ini tercatat sebagai mobil balap hybrid pertama di ajang balap ketahanan tersebut, dan pada IIMS 2013, Toyota menampilkan TS030 sebagai mobil balap hybrid satu-satunya di ajang IIMS.

Toyota TS030 Hybrid hadir sebagai peserta utama di kelas LMP1 (Le Mans Prototype) berbekal perkawinan 2 sistem penggerak, mesin konvensional dan mesin listrik. Perkawinan dua sistem ini menjadi senjata Toyota TS030 Hybrid dalam persaingan lintasan jet darat tersebut.

DSC_0080

Toyota Hybrid System-Racing (THS-R) menggabungkan mesin konvensional 3.400cc berkonfigurasi V8 berdaya 530 HP, dengan motor listrik berdaya 300 HP. Secara total Toyota TS030 Hybrid memiliki kekuatan 830 horsepower, nyaris sama dengan kelas jet darat Formula 1.

Motor listrik pada Toyota TS030 Hybrid memiliki cara kerja layaknya Kinetic Energy Recovery System (KERS). Teknologi ini memungkinkan motor listrik menyimpan tenaga hasil momentum pengereman yang kemudian disimpan dalam sebuah kapasitor.

DSC_0111

Saat melakukan akselerasi, daya yang tersimpan kemudian digunakan sebagai tambahan daya dorong. Ketika melakukan pengereman, energi yang terbuang kemudian kembali mengisi kapasitor yang berada di dalam motor listrik.

Toyota TS030 Hybrid mengaspal pertama kali pada ajang FIA World Endurance Championship (WEC) pada tahun 2012. Debutnya sempat terganggu pada 2 seri pembuka. Namun, Toyota TS030 Hybrid segera menyapu 3 seri terakhir WEC di 6 Hours of Sao Paulo, 6 Hours of Fuji, dan 6 Hours of Shanghai.

DSC_0034_resize

Secara total, hingga saat ini Toyota TS030 Hybrid telah melewati 9 balapan dengan memperoleh 3 kali cincin juara dan 4 kali pole position. Toyota mencoba menjawab tantangan akan kebutuhan sebuah kendaraan yang memiliki performa tinggi, daya tahan tinggi, dan efisien serta ramah lingkungan.

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

Leave a Reply