All-New Jaguar F-Type Kedinamisan Mobil Sports 2-Seater Convertible

DSC_0102

20 September 2013. PT. Grandauto Dinamika (GAD) dengan bangga memperkenalkan Jaguar F-Type pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 pada Kamis 19 September 2013, sebuah mobil sports berpeforma tinggi, berkonsep convertible 2-pintu untuk pasar Indonesia.

Desainnya sangat indah dan elok dengan atap soft-top yang bisa dibuka-tutup. Keharmonisan desain dipadukan dengan performa dahsyat dan kedinamisan berkendara yang membuatnya terbaik di kelasnya. Rekayasa engineer Jaguar menghasilkan arsitektur Jaguar F-Type bermaterial alumunium ringan, namun kokoh.

Pengembangan ini memungkinkan distribusi bobot yang ideal, sehingga kedinamisan berkendara dapat dieksplor hingga titik puncak. Bahasa desain Jaguar yang sederhana, harmonis, sporty, sekaligus atletis juga tertuang pada bodi F-Type dari bagian depan hingga belakang.

DSC_0214

Terinspirasi dari mobil konsep C-X16 yang hadir pada tahun 2011, Jaguar F-Type terlihat indah dari segala sisi sudut pandang. Interpretasi baru terlihat pada bentuk grille yang bersudut dan seolah menyatu dengan bonnet yang dilengkapi power bulge. Lampu utamanya sudah mengaplikasikan Bi-Xenon dan dilengkapi LED Daytime Running Lights (DRL). Velgnya eksklusif dengan ukuran 20 inci yang berkesan sporty.

Sisi samping bodi F-Type memiliki lekuk yang sensual dan bersih. Sementara bagian belakangnya terdapat lampu rem yang ramping, berkesan klasik modern. Lampu rem tersebut semuanya menggunakan LED. Desain spoiler belakang juga secara penampilan tampak indah dan futuristik untuk mendukung kestabilan saat kecepatan tinggi.

PT. Grandauto Dinamika memasarkan Jaguar F-Type S yang mengusung mesin V6 3.0 liter yang memiliki tenaga sebesar 380 PS. Dilengkapi pula dengan fitur Supercharger dan teknologi stop/start untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar. Mesinnya dipadukan dengan transmisi Sequential Shift  8-speed dan dilengkapi dengan Paddle-shifter, sehingga perpindahan transmisi bisa dilakukan di balik lingkar kemudi.

DSC_0066

Mesinnya tersebut memproduksi tenaga 380 PS dengan torsi 375 Nm. Tenaga besar tersebut membuatnya sangat responsif dengan akselerasi 0-100 km/jam bisa dicapai hanya dalam tempo 4,9 detik saja dan akselerasi 80km/jam – 120 km/jam, hanya butuh waktu 3,1 detik. Kecepatan maksimalnya atau top speed dari mobil yang dilengkapi active exhaust ini adalah 275 km/jam dengan emisi gas CO2 buang rendah, yaitu 213 g/km.

Jaguar F-Type S juga memfokuskan pada kesenangan pengemudi. Terinspirasi dari cockpit pesawat, sedan mewah ini menekankan tata letak kabin yang asimetris. Semua panel instrument dibuat ergonomis dan ditujukan untuk kenyamanan pengemudi. Inspirasi dalam aeronautica atau penerbangan juga bisa dilihat pada tuas transmisi Sportshift yang berbentuk joystik. Contoh lain, desain ini menjadikan posisi tuas transmisi paddle-shift mudah dijangkau dan dioperasikan pengemudi.

Dynamic Launch Mode adalah fitur canggih dan unik yang disematkan pada Jaguar F-Type untuk akselerasi secara otomatis. Cara kerjanya, dalam keadaan berhenti dan pengemudi menginjak pedal rem, sampai di layar terdapat informasi “Dynamic Launch Ready’, kemudian lepaskan peda rem, dan secara otomatis mobil akan berakselerasi tanpa pengemudi menginjak pedal gas.

DSC_0203

Untuk memberikan pengendaraan dan pengendalian yang maksimal, F-Type S telah mendapatkan fitur Limited-Slip Differentials. Piranti ini akan memberikan kesempatan kepada pengemudi untuk mengeksplorasi kemampuan F-Type dengan memberikan kestabilan dan daya cengkeram traksi yang kuat dari mobil sport berpenggerak roda belakang ini.

Sebagai sistem keselamatan dan keamanannya, Jaguar F-Type telah dilengkapi sistem pengereman yang sangat memadai. Misalnya penggunaan rem dengan disc brake berukuran besar 380 mm di depan dengan caliper berwarna merah dan disc brake berukuran 325 mm di roda belakang. Fitur safety lainnya adalah telah dilengkapi dengan sistem ABS, Electronic Brake Force Distribution dan Emergency Brake Assist.

DSC_0201

Jok berkarakter sports yang bisa diatur ketinggiannya secara electric akan memberikan posisi berkendara yang tepat. Ditambah lagi fitur lumbar dan side support, jelas memberikan kenyamanan maksimal saat berkendara. Sistem audio kelas premium lansiran Meridian, difungsikan pada sports car ini dengan membenamkan 10 speakers dengan daya 380 Watt. Dijamin alunan suara bersih dan jernih akan didapat untuk memanjakan telinga pengemudi dan penumpang F-Type.

Jaguar F-Type ini akan melengkapi jajaran produk Jaguar yang telah dipasarkan di Indonesia, yaitu XF, XJ dan XK. Meskipun beratap jenis soft top, namun sistem kekedapan di dalam kabin F-Type menyamai model lainnya dengan atap permanent. Intrusi ban maupun angin dari luar akan diredam sempurna, sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengemudi dan penumpangnya.

DSC_0200

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *