Peugeot 208 GTi The Legend is Returns

DSC_0187

20 September 2013. Setelah berhasil meluncurkan Peugeot 208 di tahun 2012, kini di tahun 2013 Peugeot kembali meluncurkan beberapa varian 208, diantaranya GTi. Peugeot yang pernah mencatat sejarah di Motor Sport, telah terdorong untuk menciptakan kembali sebuah mobil sport yang “entertaining” dan “chic”, interpretasi dari Legenda GTi.

Pada ajang Indonesia International Motor Show 2013, untuk pertama kalinya di perkenalkan  Peugeot 208 GTi kepada masyarakat Indonesia. Hatchback yang sporty, inovatif dan modern ini sangat sesuai untuk eksekutif yang berjiwa muda, sporti dan dinamis.

Dari desain keseluruhan 208 GTi terlihat kuat, agresif, dan modern. Apabila dilihat dari tampak depan, 208 GTi melambangkan keaslian genetik Peugeot, yang kharismatik dan sporti. Bentuk lampu depan yang lebih modern, kaya, dan halus, dengan aksen LED, serta lampu day running light. Grill depan yang lebih kecil berbentuk “floating sculpture” bermotif “3D chequered” yang dibingkai dengan chrome serta tulisan Peugeot dibagian atasnya memberikan kesan modern dan sporti.

DSC_0183

Tidak ada yang meragukan bentuknya yang sporti, dari tampak samping terlihat garis chrome menghiasi tepi jendela bagian bawah membentuk alur bermuara pada logo GTi. Hal ini mengingatkan akan legenda 205 GTi.

Sedangkan bagian belakang, desain lampu berbentuk sebuah boomerang dengan kombinasi tiga cakar lampu, 6 LED horizontal dan dilengkapi dengan “trapezoid chromed double tailpipe” menambah kesan sporty, inovatif, modern dan unik.

Mobil yang berkapasitas 5 penumpang ini memiliki interior yang bergaya kotemporer, mampu menciptakan suasana sporti. Kombinasi warna hitam dan merah dengan aksen jahitan yang mencolok bagian pintu, dashboard dan beberapa komponen lainnya memberikan suasana yang dinamis. Desain dashboard yang merupakan perpaduan antara garis gaya “floating” dan kualitas detail di setiap fiturnya serta sentuhan warna merah pada instrument panel menambah kesan modern, stylish dan sporti.

Pengelompokan semua kontrol audio pada layar sentuh yang terdapat di 208 GTi akan lebih memudahkan pengemudi dalam mengoperasikan fitur-fitur yang ada. Steering wheel yang berdiameter lebih kecil, berbalut kulit hitam beraksen merah dengan penambahan logo GTi memberikan sensasi yang istimewa.

Kursi depan 208 GTi memiliki keistimewaan, tidak hanya kualitas dan kombinasi warna yang menarik tetapi juga bentuknya yang menyerupai mobil sport, sehingga memberikan kenyamanan dan suasana yang dinamis.

Selain itu untuk menambah kenyamanan berkendara, 208 GTi telah dilengkapi dengan panoramic roof, electric door mirror, exterior courtesy lighting, automatic windscreen wiper with rain sensor, automatic headlamp, follow me home, cruise control, AC Dual Zone, Mp3+USB, rain sensor, electrochrome rear view mirror, leather streering wheel, driver & front passenger heated seat.

Pengamanan aktif 208 GTi meliputi ESP, ABS, EBD, EBA. Sedangkan untuk pengamanan pasif antara lain sabuk pengaman 3 titik, 6 airbags (2 front airbags, 2 side airbags, 2 curtain airbags), seat belt warning display unit, 3 point rear seat belts, 2 isofix seat mountings, pedestrian impact, reinforced safety cage.

Mobil yang berpintu 3 yang ini masih diimpor dalam bentuk Completely Build Up (CBU) ini dilengkapi dengan transmisi manual gearbox 6 speed, dengan mesin terbaru EP6CDTX Turbo, 1.598 cc, mampu menghasilkan tenaga 200 hp/5800 rpm dengan torsi 275 Nm/1700 rpm.

Didukung dengan pseudo-McPherson pada suspensi depan dan deformable cross member pada suspensi belakang mampu memberikan kenyamanan kepada pengguna 208 GTi. Dengan panjang 3.96 m, lebar 1.46 m, dan tinggi 1.74 m dikombinasi dengan wheelbase 2.538 mm dan berat kendaraan yang lebih ringan membuat 208 GTi lebih lincah, dinamis dan praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *