Rute Jackson Hole – Thermopolis – Rapid City South Dakota

IMG_1079

14 September 2013. Bisa jadi rute Jackson Hole – Thermopolis – Rapid City merupakan rute yang paling panjang ditempuh oleh rombongan touring USA Ride Mabua Harley-Davidson 2013 dengan jarak 535 mile (861 km). Walaupun melelahkan tapi menyenangkan.


View Larger Map

Kami bergerak pada Sabtu pagi, 24 Agustus 2013 mulai dari Jackson Hole yang sejuk hingga wilayah perbukitan dan gurun di Wyoming, hingga ke jalur interstate Route 90 Wyoming – South Dakota di malam hari.

Lagi-lagi, pemandangan indah kami dapatkan di wilayah negara bagian Wyoming. Suasana country ala cowboy Amerika banyak disana apalagi saat melewati hutan cemara Shoshone National Forest. Saat isi bensin yang kedua di kota kecil Dubois, di sana benar-benar kota bercirikan country.

Model rumah dan tokonya persis sebagaimana yang sering kita lihat di film-film cowboy, demikin pula para pria disana banyak yang mengenakan topi cowboy, pakai rompi, dan sepatu boot. Rasanya ingin sekali berjalan kaki memasuki toko-toko perlengkapan cowboy, tapi sayang waktunya tidak tepat.

Setelah isi bensin di Dubois, perjalanan kembali dilanjutkan, dan kami mendapatkan kota Shoshoni tempat makan siang sehari sebelumnya, dan rupanya Shoshoni adalah persimpangan jalan rombongan touring USA Ride Mabua Harley-Davidson menuju kearah Thermopolis.

Lepas dari Shoshoni, lagi-lagi kami mendapatkan pemandangan alam hamparan tanah kering, semacam gurun tapi ada danau, namanya Boysen State Park. Disini kami merasakan nikmatnya riding Harley-Davidson yang memang pantas motor besar ini diciptakan untuk menjelajah Amerika.

Setelah Bosyen State Park kemudian kami masuk jalur perbukitan, dimana jalur jalan rute 20/789 berada di lembah perbukitan. Pemandangan disini dengan kondisi jalan yang lebar – mulus membuat rasa ngantuk dan capek menjadi hilang.

Pasalnya, kami menikmati indahnya pemandangan, dan lagi-lagi seperti yang sering kita dalam film-film cowboy, dimana jalur yang kami lewati menyusuri sungai dan rel kereta api. Bahkan dua kali kami melintasi terowongan disisi jalan perbukitan yang mana daerah ini dikenal dengan nama Wind River Canyon.

Tak terasa, akhirnya kami mengisi bensin lagi di Thermopolis dan setelah itu kami lanjutkan dengan acara makan siang di restaurant Wonderful House Chinese Food di pusat kota kecil Thermopolis. Sebelumnya kami berputar-putar mencari lokasi restaurant ini, tapi setidaknya kami melihat pelosok kota Thermopolis yang terkenal dengan sebutan The Largest Hot Springs in the World.

Nah.. baru kali ini rombongan touring USA Ride Mabua Harley-Davidson menikmati chinese food yang sudah dirindukan cukup lama. SL.com sempat berjalan kaki pada beberapa blok menuju supermarket dan disana sempat memotret suasana kota Thermopolis.

Usai makan siang perjalana dilanjutkan lagi, dan setelah riding 30 menit menjauhi Thermopolis, lagi-lagi kami menjumpai pemandangan alam lembah dan pebuktikan hingga memaksa  Road Captain menghentikan perjalanan untuk sejenak berfoto-ria. Oops.. ternyata salah satu peserta langsung tergeletak kecapaian saat rekan-rekannya berfoto menikmati alam bukit disiang hari.

Tak lama kemudian kami melewati kota Worland. Dikota ini rombongan touring tidak berhenti dan langsung mengarah ke arah timur menuju jalur 16 tujuan Ten Sleep dan Buffalo. Lagi-lagi pemandangan padang gurun kami lewati, sementara itu ada banyak pengendara motor Harley-Davidson berpapasan dengan kami menandakan jalur ini disukai oleh bikers.

Alhirnya kami tiba pada pengisian bensin berikutnya di Buffalo. Disini terasa panas matahari sore sangat menyengat, membuat SL.com banyak minum air putih ditambah segelas Ice Cappucino untuk menghilangkan rasa ngantuk. Kota Buffalo ala country ini masih berada di wilayah Wyoming, dan setelah itu rombongan touring memasuki jalur interstate 90 arah timur tujuan Rapid City.

Hmm.. dijalur highway route 90 ini tampaknya Road Captain menggeber kecepatan  motor Harley-Davidson hingga 110 miles/jam (177 km/jam), akibatnya rombongan touring pun mulai berjarak menjadi 4-2-2-2. Rombongan touring 10 motor ini kembali bersatu, dan perjalanan di malam haripun di lanjutkan hingga sampai dipenginapan Best Western Ramkota Hotel di Rapid City South Dakota.

ALBUM PHOTO: Jackson Hole + Dubois + Thermopolis + Otw Buffalo

One thought on “Rute Jackson Hole – Thermopolis – Rapid City South Dakota

  1. […] Kali ini jarak perjalanan yang akan ditempuh rombongan touring USA Ride Mabua HD antara Bloomington/Minneapolis – Milwaukee hanya 342 miles (550 km). Rasanya jarak ini sudah biasa, karena hari-hari sebelumnya rata-rata jarak tempuh sekitar 400 miles (643 km), bahkan yang paling jauh sampai 535 miles (860 km) yaitu antara Jackson Hole, WY – Rapid City, SD. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *