Infiniti Meluncurkan Q30 Concept di IAA Frankfurt Motor Show 2013

Infiniti Q30_Side View 2

11 September 2013. Infiniti meluncurkan Q30 Concept di IAA Frankfurt Motor Show 2013. Infiniti Q30 merepresentasikan kendaraan yang mewujudkan visi desain kendaraan compact Infiniti yang memukau dan menggoda dengan karakter kontemporer serta personal bagi generasi baru di segmen premium.

Infiniti Q30 Concept tampil perdana di IAA Frankfurt Motor Show 2013, mencerminkan langkah Infiniti selanjutnya untuk mewujudkan strategi agresif dalam memasuki segmen premium baru.

“Peluncuran Q30 Concept mencerminkan langkah signifikan bagi Infiniti,” jelas Johan de Nysschen, President Infiniti Motor Company, Ltd.

“Segmen model compact premium sangat penting bagi pertumbuhan Infiniti di sejumlah pasar seperti China dan Eropa. Selain itu, model ini juga diciptakan untuk memenuhi ekspektasi Gen X dan Gen Y terhadap model-model yang tidak berkesan konvensional. Q30 Concept menggambarkan cara kami memprovokasi status quo dengan visi produk yang menggoda bagi generasi baru untuk pelanggan premium secara global.”

Infiniti Q30_Headlamp

Body Perpaduan Terbaik dari Coupe, Crossover, dan Hatch

Tampilan body Infiniti Q30 Concept menantang penggolongan model secara terang-terangan – model ini bukan sebuah coupe, hatch maupun crossover – untuk menjadi daya tarik bagi pelanggan yang lebih muda yang tidak terpaku pada tradisi, dan bahkan berhasrat mendobrak metode konvensional untuk menciptakan pengalaman unik mereka sendiri.

Konsep desain yang mencerminkan, bahwa pada akhir dekade ini, 80 persen pembeli kendaraan segmen premium terdiri dari Gen X dan Gen Y, sehingga tercipta ekspektasi baru yang lebih kontemporer terhadap makna ‘premium’.

Infiniti memiliki keyakinan bahwa kehadiran Q30 Concept – dengan desain dinamis dan sporty khas coupe, kelapangan ruang layaknya hatch dan ketangguhan melebihi crossover – akan memperoleh respon yang positif dari segmen konsumen tersebut. Q30 Concept akan tampil menonjol dibandingkan kendaraan premium konvensional lainnya.

Bentuk body yang mengangkat ke atas digemari pelanggan premium yang berusia lebih muda dan hidup di kota besar, sebab desain tersebut mampu memberi perspektif visual yang lebih tinggi di situasi macet dan saat memarkir kendaraan.

Secara spontan, desain Q30 Concept yang sensual terhubung secara emosional dengan pelanggan generasi baru yang enggan mengikuti metode tradisional yang serba seragam dan tak ingin dikategorikan sesuai tipe kendaraan mereka.

Infiniti Q30_Interior 1

Terpahat sempurna, fleksibel, dinamis

Dengan kontur dan tampilan dinamis yang terpahat sempurna dan siluet interior yang fleksibel, ambisius dan orisinil, Q30 Concept adalah perwujudan visi desain yang harmonis.

Bahasa desain Q30 Concept menciptakan tempat tersendiri bagi Infiniti, cerminan dari visi brand untuk mempersembahkan produk mengagumkan dari segi desain, materi, presisi dan sentuhan akhir, kepiawaian hingga performa mesin.

Tampilan body pada kedua sisi yang berpotongan tegas bermain dengan cahaya dan bayangan. Kekokohannya menyerupai seekor kucing yang lentur dan gemulai, bagaikan seekor cheetah yang bergerak gesit namun anggun.

Para desainer Infiniti, dipimpin oleh Executive Design Director Alfonso Albaisa, mengambil pendekatan disiplin artistik untuk memahat kendaraan tersebut selayaknya para pengrajin logam terhadap carrozzerie klasik Italia. Namun, para desainer terinspirasi penggunaan komposit berbobot ringan dan serat karbon untuk menciptakan kendaraan dengan bobot ringan dan performa yang mudah dikendalikan.

“Dengan fiturnya yang horizontal, gesit dan terpahat sempurna, Q30 Concept tidak berkesan ‘berat’,” ujar Albaisa. “Model tersebut memiliki desain Italia yang kental dengan spontanitas dan fleksibilitas, nuansa Latin yang penuh gelora dan kebebasan. Bayangkan perpaduan antara kepiawaian pembuatan kendaraan khas Italia dengan goresan kuas khas Jepang.”

Evolusi Bahasa Desain Infiniti

Seiring dengan pelanggan muda segmen premium yang ingin memiliki kebebasan untuk mendobrak metode konvensional, para desainer Infiniti juga senantiasa berupaya mencari tantangan baru – bahkan memprovokasi – konvensi desain segmen model premium dengan gagasan baru yang lebih kontemporer.

Q30 Concept merepresentasikan evolusi terbaru dari filosofi desain Infiniti yang diperkenalkan sebelumnya oleh Infiniti Q50. Namun, pada penciptaan Q30 Concept, para desainer Infiniti diberi kebebasan untuk bereksplorasi, menciptakan pahatan yang lebih sensual, mempertegas kesan gagah dan lincah, mencerminkan pendekatan Infiniti untuk mempersembahkan alternatif yang menggoda di antara brand premium tradisional lainnya.

Infiniti Q30 Concept turut menggabungkan unsur desain dramatis dari kendaraan konsep Infiniti yang visionaris – Essence, Etherea dan Emerg-e – ke dalam visi realistis rangkaian produksi mobil compact premium Infiniti di masa yang akan datang.

Diciptakan berdasarkan reputasi Infiniti terhadap presisi, Q30 Concept merupakan perwujudan dari kesempurnaan tampilan body yang mencerminkan kualitas teknis dari balutan sempurna kerangka body, panel gaps yang kencang dan kokoh.

Perumpaan Performa Infiniti

Kegagahan dan tampilan atletis Infiniti Q30 Concept – dengan profil memukau dan kesan sporty – menawarkan janji visual terhadap performa dan dinamika yang mengagumkan. Produk compact premium selanjutnya dari Infiniti akan menjadi model Infiniti pertama yang diciptakan oleh Sebastian Vettel, Infiniti’s Director of Performance.

Sang juara Formula Satu tiga kali berturut-turut Infiniti Red Bull Racing turut berkolaborasi dengan tim teknis Infiniti di seluruh dunia sebagai bagian dari komitmen Infiniti untuk melibatkan sosok berkepiawaian tinggi dalam tiap langkah brand.

Disimetri Interior yang Dapat Disesuaikan dengan Keinginan Pelanggan

Desain interior yang dapat disesuaikan keinginan pelanggan turut mendukung ambisi Infiniti dalam menciptakan desain interior dengan kualitas terdepan yang menjadi acuan segmen premium.

Salah satu cara Infiniti mencapai tujuan tersebut adalah melalui penciptaan Q30 Concept. Mengukuhkan kategori tersendiri dalam desain mobil premium, didukung desain interior yang hangat, nyaman dan dekat dengan para penumpangnya, Q30 Concept menghindari pendekatan ‘umum’ yang biasa ditawarkan brand premium lainnya.

Para desainer mewujudkan hal ini dengan mengeksplorasi kebebasan artistik untuk menciptakan bentuk-bentuk pahatan secara lebih mendalam, sehingga menghasilkan efek “dual wave” Infiniti dan konsep disimetri yang unik.

Disimetri adalah pendekatan non-konvensional yang berorientasi pada fitur desain – mulai dari ventilasi udara dan armrest hingga panel instrumen – untuk mewujudkan efek visual pahatan yang menarik. Teknik tersebut diaplikasikan pada Q30 Concept, dan membedakannya dari produk mobil premium lain di kelasnya.

Inspirasi bagi tim desain Q30 Concept berasal dari kedekatan terhadap pelanggan Infiniti yang berusia lebih muda dan juga mereka yang berjiwa muda.

Para pelanggan dari segmen ini merasa bahwa hidup mereka, terutama dalam hal karir dan gaya hidup, tidak dapat bergerak stagnan dalam sebuah jalur lurus. Saat ini, esensi yang menjiwai berbagai bidang kehidupan adalah fleksibiltas yang lebih banyak dibutuhkan dibandingkan stagnansi; hal tersebut membebaskan mereka untuk mendobrak nilai-nilai yang sebelumnya penting bagi generasi sebelumnya demi mengejar kebahagiaan dalam hidup yang diliputi ‘disimetri’.

Terbebas dari pilihan mobil premium tradisional, tim desain Q30 Concept menemukan bahwa aplikasi disimetri pada desain interior justru berkontribusi terhadap harmoni dan kehangatan emosional.

Efek keseluruhan ditingkatkan dengan kontras-harmonis pada materi yang digunakan di kabin. Tema hitam-putih adalah kesan pertama yang tertangkap; namun jika diperhatikan lebih seksama, kekayaan detil kian tercermin melalui balutan leather berwarna creme dan efek bronze yang memberi kehangatan pada warna hitam, menciptakan kemewahan yang tak ada duanya.

Memahami bahwa pelanggan premium berusia lebih muda memiliki wawasan luas terhadap desain furniture, fashion dan pakaian, interior Q30 Concept diwujudkan berdasarkan ekspresi kepribadian mereka. Pilihan seksama terhadap warna, materi, kontras dan aksen menghasilkan koordinasi yang serasi.

Materi Orisinil

Infiniti Q30 Concept mengaplikasikan sejumlah materi seperti keramik, leather dan hasil kesenian metalurgi secara kreatif ke dalam interiornya, sesuai dengan filosofi Infiniti yang menjunjung konsep bahwa karakter premium dimulai dari materi orisinil:

Pahatan keramik yang terintegrasi di bagian atas depan pada sandaran belakang, digunakan untuk menaungi speakers pada audio system, tak hanya untuk keindahan semata, namun juga untuk meningkatkan keistimewaan properti audiophile.

Karya seni logam yang terdapat pada berbagai bagian interior menampilkan keaslian logam yang dikaryakan dengan kepiawaian seni tingkat tinggi. Permukaan logam di bagian konsol tengah, panel pintu, kursi, bezel ventilasi dan kontrol hadir dalam sentuhan kontras nuansa matte dan gloss.

Pilihan leather berkualitas tinggi yang dapat disesuaikan dengan keinginan pelanggan tampil mewah dengan jahitan berwarna ungu khas Infiniti, terutama di bagian panel instrumen dan kursi.

Eksterior Q30 Concept mengaplikasikan serat karbon asli – terinspirasi dari mobil Formula Satu RB9 Infiniti Red Bull Racing – di bagian grille dan the sill pada bagian bawah pada kedua sisi body. Aplikasi nuansa warna ungu menjadi daya tarik pada sejumlah permukaan elemen serat karbon tersebut; cerminan dari bahasa desain Infiniti, performa tinggi pada karakter lightweight, serta kesan edgy.

Roda 20-inci Q30 Concept ditawarkan dalam aksen gradasi warna ungu yang intens dari bagian dalam ke bagian luar. Aplikasi gradasi ini dapat ditemukan di berbagai bagian mobil, terutama pada detil bagian kursi dengan materi kontras yang berpadu sempurna.

Desain untuk Masa Depan

Infiniti Q30 Concept adalah pelopor desain rangkaian model compact premium Infiniti. Sebelumnya, Infiniti telah mengumumkan rencana untuk memproduksi model compact di Sunderland, Inggris, mulai tahun 2015.

Seperti yang tercermin dalam Q30 Concept, Infiniti memiliki strategi detil untuk berkembang di sejumlah pasar utama global, terutama di China dan Eropa, dan memperluas jaringan di pasar mapan seperti Amerika Serikat.

Desain mengagumkan dan pernyataan yang ditegaskan Q30 Concept mencerminkan filosofi Infiniti untuk menjangkau pelanggannya di kota-kota besar, seperti di banyak pasar Asia maupun Eropa.

Infiniti berharap bahwa produk compact premium-nya dapat menjadi fitur signifikan di tahun-tahun berikutnya. Portfolio Infiniti diharapkan akan semakin berkembang, dari yang saat ini tercatat 60 persen di sektor premium hingga di atas 85 persen di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *