AHM Raih Penghargaan Word of Mouth Marketing 2013

WOM_02

4 September 2013. Honda kembali dinobatkan sebagai merek sepeda motor yang paling banyak dibicarakan dan direkomendasikan masyarakat setelah berhasil meraih penghargaan Word of Mouth Marketing (WOMM) 2013 yang diselenggarakan oleh Lembaga Riset Onbee Marketing Research dan Majalah SWA.

Penghargaan WOMM 2013 untuk merek-merek yang paling banyak dibicarakan ini diberikan kepada PT Astra Honda Motor (AHM) untuk ketiga kalinya sejak tahun 2011. Di setiap segmen, berhasil meraih penghargaan ini. Di segmen sepeda motor bebek, Honda Supra terbukti mampu memikat hati dan menjadi yang paling sering dibicarakan. Hal yang sama terjadi pada Honda Vario pada kategori sepeda motor matik, dan Honda Tiger pada kategori sepeda motor sport. Penyerahan penghargaan ini dilakukan di Hotel Grand Melia, Jakarta (29/08).

Head of Corporate Communication AHM, Kristanto, mengatakan perusahaan menyadari konsumen semakin kritis dan mudah bicara tentang suatu produk. Pengalaman dan rekomendasi orang lain dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam membeli produk.

“Pada era keterbukaan informasi yang luas seperti saat ini, kekuatan opini masyarakat dapat mempengaruhi sikap konsumen kami. Penghargaan yang kami terima ini menjadi bukti tingginya kepercayaan masyarakat terhadap produk-produk kami. Terima kasih atas kepercayaannya. Kami akan terus berikan produk dan layanan terbaik untuk Indonesia,” ujarnya.

Penghargaan WOMM ini dirilis setelah dilakukan survei terhadap 1.793 responden selama April-Juni 2013 di 7 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Denpasar. Penghargaan ini diberikan kepada merek-merek yang memperoleh angka WOMM Index tertinggi, yaitu perpaduan antara variabel Word of Mouth (WOM) dan Social Networking (SN). Variabel WOM dihitung melalui nilai rata-rata terbobot dari tiga dimensi, yaitu Talking (bagaimana produk itu dibicarakan konsumen), Promoting (bagaimana konsumen mau mempromosikan merek tersebut), dan Selling (bagaimana konsumen mau menjual merek tersebut). Sementara variabel SN dihitung melalui nilai rata-rata daily intimate friend (offline) yang rutin berinteraksi dengan konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *