“eMembrane” Hankook Tire Raih Penghargaan Red Dot Design Award 2013

image006

Hankook eMembrance 01

24 Agustus 2013. Pada hari Jumat 23 Agustus kemarin, Hankook Tire, salah satu perusahaan ban terkemuka dengan pertumbuhan tercepat di dunia mengumumkan bahwa konsep ban eMembrane yang diproduksi atas hasil kerja samanya dengan University of Cincinnati, berhasil memenangkan penghargaan Red Dot Award 2013 untuk kategori konsep desain.

Konsep eMembrane Hankook Tire ini memperlihatkan pencapaian kuat dari upaya berkelanjutan serta investasi yang dilakukan Hankook di bidang pengembangan desain serta konsep ban yang memiliki tampilan berbasis masa depan. Melalui fitur dinamis yang ramah lingkungan dan berkualitas seni tinggi, eMembrane memperlihatkan konsep ban inovatif yang baru dan menerapkan fitur kinerja berbeda yang merefleksikan lingkungan imajinasi pengendaraan di masa depan .

eMembrane Hankook Tire didesain dengan konsep Smart-Hybrid, yakni ban multiguna untuk kondisi berkendara reguler di kota dan berorientasi kinerja. Ban ini ditargetkan untuk para pengemudi muda Generasi Y yang berkarakter unik, berjiwa petualang dan senang berekreasi santai. Fitur berbeda pada eMembrane adalah kemampuannya mengubah profil ban melalui struktur internal yang menyesuaikan kondisi berkendara yang berbeda-beda. Desain eMembrae menerapkan peran yang kontras, yaitu sebagai desain ramah lingkungan namun memiliki performa yang dinamis.

Desain tapak pada eMembrane juga melengkapi inovasi ban ini. Pada saat berkendara pada kecepatan tinggi, pusat tapak ban meluas untuk menghasilkan gesekan tanah secara maksimal melalui area lebih luas yang berinteraksi dengan tanah, memaksimalkan kekuatan cengkeraman untuk mengeksekusi berkendara dalam posisi menikung dan berkinerja tinggi. Di sisi lain, saat berkendara pada kecepatan rendah, desain tapak tersebut berfungsi untuk meminimalisasi gesekan pada jalan dan mengurangi area ban yang berinteraksi dengan jalan, sehingga bahan bakar menjadi lebih efisien karena putaran ban dapat terkurangi.

Selebihnya, dengan tujuan untuk mempermudah proses sinyal pada perubahan di eMembrane’s driving modes, sebuah sistem LED dilekatkan pada bagian sisi ban untuk berperan sebagai alarm.

“Kami bangga dapat meraih penghargaan internasional yang bergengsi seperti Red Dot Design Award ini yang membuktikan bahwa pencapaian ini merupakan bukti nyata dari upaya berkelanjutan Hankook untuk tetap terdepan dalam pengembangan konsep dan desain ban berbasis masa depan,” papar Mr. Seung Hwa Suh, Vice Chairman & CEO of Hankook Tire.

“Sebagai kelanjutan dari momentum berharga ini, Hankook Tire akan terus berinvestasi dalam membangun konsep desain ban inovatif dan memperkuat kompetensi kami dalam melahirkan desain ban berkualitas. Harapannya hal ini dapat mempertegas kontribusi Hankook terhadap kemajuan berkendara bagi konsumen kami di seluruh dunia,” tambahnya.

Ditambah dengan pencapaian terakhir yang diterima pada iF Concept Design Award di bulan Mei 2013 lalu, penghargaan yang diterima dari Red Dot Design Award 2013 ini merupakan pencapaian membanggakan lainnya yang telah diperoleh oleh eMembrane. Dua penghargaan bergengsi tersebut merupakan kompetisi desain internasional terkemuka di dunia yang juga memperlihatkan kompetensi Hankook dalam melahirkan desain ban yang inovatif.

Tentang Red Dot Design Award
Sejak 1955, Red Dot Design Award merupakan kompetisi desain paling diakui secara international bersamaan dengan iF Design Awards dan International Design Excellence Awards (IDEA). Penghargaan yang diadakan setiap tahun ini, terbagi pada tiga kategori utama: desain produk, desain komunikasi dan desain konsep. Desain konsep dimulai dari 2005 dengan kriteria termasuk inovasi, kualitas estetika, fungsi dan kompabilitas lingkungan. Di 2013, kompetisi untuk konsep desain mendapatkan 4.394 entri dari 57 negara di seluruh dunia.

Leave a Reply