Pemenang Volvo Trucks FUELWATCH Indonesia Melaju ke Australia

DSC_0031

21 Agustus 2013. Pada Selasa (20/08/2013) kemarin, Volvo Trucks Indonesia mengadakan babak final off road “FUELWATCH Competition 2013″ di Kota Baru Parahyangan Bandung, Jawa Barat Indonesia. Babak final ini diikuti oleh 3 pengemudi yang telah melewati babak penyisihan kompetisi serupa yang diikuti oleh 100 peserta dari area pelanggan Volvo Trucks di Indonesia.

DSC_0035

Dump Truck Volvo FMX 440 (tipe penggerak 8×4)

Dengan menggunakan Dump Truck Volvo FMX 440 (tipe penggerak 8×4) bermesin D13C berkapasitas 13 liter yang dilengkapi transmisi otomatis, ajang ini dikemas dalam bentuk off road melewati jalan berpasir, tanjakan, tikungan tajam, dan turunan curam sambil membawa beban tanah sebanyak 30 meter kubik (30 ton) bukan untuk adu cepat, melainkan lebih mengarah adu teknik mengemudi truk yang baik, efisiensi bahan bakar, dan aman.

DSC_0074

“Beda dengan kompetisi truk lainnya, kebanyakan kompetisi truk adu cepat tetapi ini adu irit. Pesertanya dipilih dari perusahaaan-perusahaan tambang di Indonesia. Juara pertamanya akan kami kirim ke Brisbane, Australia untuk ikut tingkat dunia,” jelas Roberto Christian, Communications Manager Volvo Trucks Indonesia.

Meski baru pertama mengemudi truk tipe 8×4, namun Rudi Ananta dari PT Graha Prima Energy berhasil menjadi juaranya, disusul Amiruddin dari PT Newmont Nusa Tenggara di tempat kedua, dan Akhbar dari PT Riung Mitra Lestari berada di tempat ketiga. Nantinya Rudi bersama Hendro Tjahyono (pemenang On Road Competition) akan berhadapan dengan peserta dari negara lain pada Oktober 2013 mendatang.

Pemenang pertama dan kedua memiliki efisiensi bahan bakar yang sama yaitu 3,8 liter dengan jarak tempuh 4,2 km dengan berat muatan 35 ton. Namun pemenang pertama memiliki kelebihan dalam tehnik pengoperasian kendaraan. Sementara untuk pemenang ketiga memiliki efisiensi bahan bakar sebesar 4,3 liter. Hal ini menunjukkan bahwa pengemudi dengan kebiasaan mengemudi yang baik mampu mengurangi konsumsi bahan bakar sebanyak 10%.

DSC_0016

Pierre Jean Verge — Salmon, Managing Director Volvo Trucks Indonesia

“FUELWATCH sebenarnya adalah sebuah kompetisi pengembangan potensi, namun kami kemas dengan sangat menyenangkan dan kompetitif. Karena kami semua tau jika kita termotivasi, kita lebih terbuka dalam mengembangkan kemampuan kita. Dan dengan mempunyai tolok ukur untuk bersaing antara kita maupun dengan driver Volvo trucks Iainnya dari seluruh dunia,” ujar Pierre Jean Verge — Salmon, Managing Director Volvo Trucks Indonesia.

IF

Tentang FUELWATCH
Menciptakan teknologi yang ramah lingkungan merupakan nilai inti yang dipegang teguh oleh Volvo Group, hal ini diwujudkan melalui FUELWATCH yang berusaha menciptakan kepedulian untuk menghemat bahan bakar. Fokus dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepedulian mengenai berbagai faktor yang mempengaruhi efisiensi bahan bakar serta mengajarkan pengemudi dan staf pelanggan berbagai cara mengurangi konsumsi bahan bakar produk kami.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply