New Race Culture di Yamaha Cup Race 2013

image description16 Mei 2013. Bro.. buat penggemar balap bahwa pada tahun 2013 ini Yamaha Cup Race (YCR) akan menampilkan banyak hal baru. Maklum, di usia ke-23 tahun penyelenggaraannya sudah banyak makan asam garam, harus tampil dengan wajah dan penampilan fresh. Apa yang baru?

New Race Culture 2013, sarat hal-hal unik dan aktivitas yang belum pernah ada sebelumnya. Daripada penasaran, datang dan saksikan balapan One Make Race (OMR) YCR yang seri pertamanya digelar di sirkuit Brigif Cimahi, Bandung, 18-19 Mei.

Logo Yamaha Cup Race 2013 seri pertama di Cimahi

Total tujuh seri dipersembahkan Yamaha bagi masyarakat Indonesia yang selalu dahaga akan kompetisi balap dibungkus entertainment, Racetainment. Dari Cimahi lompat ke seri kedua di Medan 1-2 Juni, Solo 15-16 Juni, Makassar 7-8 September, Bangka 28-29 September, Padang 19-20 Oktober dan Bogor 16-17 November.

“Yamaha Cup Race legenda ajang balapan One Make Race di Indonesia. Dalam perjalanannya hingga usia 23 tahun sudah melahirkan pembalap-pembalap besar Tanah Air bahkan sudah sampai melanglang dunia. Bukti kerja keras dan konsistensi Yamaha di dunia balap bersama semua pihak yang telah mendukung selama ini. Terima kasih atas kerjasamanya sampai tahun ini kami kembali datang membawa Yamaha Cup Race inovasi terbaru,” ujar M.Abidin, General Manager Service & Motorsport Yamaha Indonesia.

Di YCR 2013, perdananya ada apa di Brigif ? Delapan kelas balap dilombakan – YCR1 (Bebek 4 Tak 125 cc Tune Up Seeded), YCR2 ((Bebek 4 Tak 110 cc Tune Up Seeded), YCR3 (Bebek 4 Tak 125 cc Tune Up Pemula), YCR4 (Bebek 4 Tak 110 cc Tune Up Seeded), YCR5 (Jupiter Z1 Standard Pemula), YCR6 (Bebek 110 cc Standard Tune Up Pemula), YCR7 (130 cc Matik Tune Up Open, YCR8 (Xeon RC Standard Pemula).

YCR5 dan YCR8 adalah kelas terbaru. Dipersembahkan khusus untuk mencerminkan kualitas dua motor injeksi teranyar Yamaha yaitu Jupiter Z1 dan Xeon RC. Jupiter Z1, bukti ketangguhan sebagai motor Fuel Injection yang kencang buat balap. Sedangkan kencang dan irit dengan teknologi YMJet-FI (Yamaha Mixture Jet Fuel Injection), itulah Xeon RC.

”Musim ini YCR dirancang lebih profesional lagi, meningkatkan kualitas event balap sekelas Asia dan memperbaikinya agar terbiasa seperti event internasional melalui regulasi yang diterapkan di YCR. Pembalap dilatih lebih profesional seperti bicara di depan media lewat press conference, bagaimana menghadapi media dan publikasi YCR didukung media internasional,” jelas Supriyanto, Manajer Motorsport Yamaha Indonesia.

Tidak hanya rider Yamaha lho yang bisa balap di YCR. Kesempatan ini dibuka seluas-luasnya bagi masyarakat awam (tim privateer) ikut unjuk gigi. Detail informasi dan pendaftaran online turun membalap bisa diakses lewat website official (www.yamaharacingindonesia.co.id).

Yamaha Cup Race menggunakan Pertamax Plus

New Race Culture di Yamaha Cup Race (YCR) tahun ini juga didukung PT Pertamina (Persero) melalui penggunaan Pertamax Plus. Merupakan kebanggaan tersendiri bagi Yamaha, hasil karya anak bangsa ini turut menyuntikkan kontribusi penting, yang terpercaya menjadikan motor balap lebih “Terdepan Tercepat”.

Kualitas YCR bakal lebih terdongkrak karena dukungan produk dalam negeri ini. Performa para pembalap di YCR juga akan makin mengkilap seperti jago-jago Yamaha di Indoprix yang memacu Jupiter Z1 dengan bahan bakar Pertamax Plus. Bahkan mengukir sejarah nasional, pemecahan rekor best lap time sirkuit pada dua seri di Sentul Karting dan Kenjeran.

YCR menjadi pentas berikutnya untuk sosialisasi Pertamax Plus mendukung program pemerintah dan arah kebijakan PP IMI (Ikatan Motor Indonesia) tentang penggunaan bahan bakar tunggal. Di seri satu YCR digunakan Pertamax Plus, wajib untuk empat kelas utama seeded dan pemula. Pada enam seri YCR berikutnya bahan bakarnya juga Pertamax Plus.

Selebrasi Rider Juara Menggunakan Golf Car

Yamaha Cup Race adalah wujud implementasi Yamaha Riding Academy. Praktek yang dilakukan adalah dari sisi balapan di sirkuit, test ride unit motor Yamaha dan safety riding kids.

Salah satu safety riding di sirkuit buat rider dirancang unik. Bakal ada selebrasi rider juara menggunakan golf car, bukan motor seperti biasanya. Ide ini berdasarkan pemikiran kreatif Yamaha yang tidak ada di balapan lain. Makin bikin penasaran kan mau lihat sendiri ?

Apalagi, seabrek kegiatan lainnya tumpah ruah. Yamaha Motor Show, Exhibition (drifting motorcycle, freestyle, kontes fotografi, games trampoline – flying fox – taman lalu lintas), date line modification contest dimana para pengunjung bisa melihat langsung proses modifikasi motor Yamaha.

Please follow and like us:

Leave a Reply