Perjalanan BROSER & HDCI Tangerang Ke Malaysia & Thailand

MalayThai-01

16 Mei 2013. Berikut ini adalah kisah perjalanan bikers BROSER (Brother Serpong) dan HDCI Tangerang menuju CHIANGMAI – PHUKET Thailand via Malaysia yang berlangsung pada tanggal 6 – 17 April 2013. Rombongan diikuti oleh 20 motor gede Harley-Davidson yang terdiri dari 16 bikers asal Jakarta, 2 bikers asal Surabaya, 1 biker asal Pekalongan dan 1 biker asal Lampung.

Menurut Bro Hendro BROSER yang juga menjadi salah satu peserta, rombongan terbang dari bandara Soekarno Hatta pada tanggal 6 April 2013 dengan penerbangan jam 09.30 am menuju Kuala Lumpur. Setelah mendarat di KLIA sekitar pukul 12.30 rombongan langsung menuju ke Concorde Hotel.

Pada sore harinya diadakan precheck kondisi motor di Lee Custom Chooper Bike dan refueling untuk perjalanan touring yang dimulai pada esok hari tanggal 7 April. Ya, cerita disini seluruh moge memang sudah di-loading dari Jakarta sejak 2 minggu sebelumnya.

MalayThai-07

Bagaimana cerita selanjutnya? Nah.. dibawah ini Bro Hendro yang bercerita:

Date : 07 April

Setelah breakfast kita start 0730 am dr Concorde Hotel – Kuala Lumpur menuju Hat Yai. Selama perjalanan kita lewat highway/jalan tol. Diperjalanan ini kita bisa merasakan naik motor di tol dgn kondisi jalan yg sangat bagus dengan kecepatan antara 160 – 200 km/jam.

Peraturan dan rambu-rambu jalan sangat jelas, dan apabila kita ingin melewati posisi kita di lajur kanan kendaraan mobil terutama selalu memberikan kesempatan menepi ke kiri bagi yang ingin melewati dengan kecepatan lebih tinggi.

MalayThai-02

Di route ini kita melewati perbatasan antara Malaysia dan Thailand, harus melalui pengecekan pasport dan surat-surat kendaraan yang sudah disiapkan untuk perjalanan kita sepanjang Malaysia dan Thailand dan ini memakan waktu cukup lama kurang lebih 3 jam di custom (perbatasan).

Jarak tempuh antara Kuala Lumpur – Hat Yai kurang lebih 550km dan kita tiba di Hat Yai pukul 16.00. Lebih cepat 50 menit dari standard waktu tempuh yg biasa dihitung. Perbedaan waktu di Hat Yai sama dengan di Indonesia.

Catatan: Untuk rute highway Malaysia, disarankan jangan sampai dehidrasi karena trek lurusnya sangat panjang ditambah dengan cuaca yang sangat panas.

MalayThai-03

Date : 08 April

Perjalanan dari Hat Yai – Bangkok menggunakan pesawat, karena untuk menghemat waktu dan perjalanan yang cukup jauh apabila ditempuh dengan kendaraan kurang lebih 1100 km jadi bisa memakan waktu 2 hari.

Date : 09 April

Start dari Chaophya Hotel Bangkok Hotel jam 07.30 AM menuju Mae Sot, dengan jarak tempuh 510 km. Kondisi perjalanan cukup baik, lebar, kendaraan tidak padat relatif sepi. Namun begitu hampir memasuki 60 km sebelum Mae Sot bentuk jalanan banyak tikungan tapi tidak terlalu tajam dan jalanan pun lebar dan bagus, tikungan bisa sampe dengan kecepatan 100 – 140 km.

Di sini kita sempet mampir di Bird Park, taman burung yang sangat besar. Kendala dalam perjalanan ini ada cuaca yang sangat panas. Kita sampai di hotel lebih awal 40 menit dari target yang ditentukan yaitu pukul 15.30, tidak ada perbedaan waktu.

MalayThai-04

Date : 10 April

Start dari Maesot jam 07.00 AM menuju Mae Hong Son kurang lebih 350 KM. Hampir 100 km kondisi jalan kurang bagus, tapi masih bisa dilalui motor dengan mudah. Kami makan siang di Mae Sai Rang. Perjalanan 100 KM sebelum memasuki Mae Hong Son, kita sudah mulai pemanasan yaitu bentuk jalanan yang sudah banyak tikungan. Kondisi jalan sangat bagus dan mulus. Sedangkan cuaca dalam perjalanan ini sangat panas sekali

Date : 11 April

Start riding kita mengunjungi satu daerah yang terkenal dengan sebutan Long Neck (Leher Panjang yang dikenakan gelang kuningan) yang mana daerah ini agak terpencil dari kota. Begitu mendekati perkampungan kami menggunakan mobil back up motor, karena kondisi jalan yang tidak memungkinkan untuk dilewati oleh Harley Davidson.

Nah.. perjalanan yangg ditunggu dimana perjalanan ini akan melewati 1864 tikungan. Bentuk tikungan yang kami lewati macam-macam dan bisa dibilang sangat lengkap, termasuk tantangannya. Ada yang berbentuk spiral dengan posisi tikungan sangat menekuk dan langsung tanjakan. Ada tikungan belum habis sudah menikung lagi. Ada tikungan yang awalnya menanjak kemudian tajam mematah dan menurun tajam, ada pula yang bentuknya seperti ular sangat berkelok-kelok.

MalayThai-05

Kami disini perlu tingkat konsentrasi yang extra tinggi. Karena sepanjang perjalanan 350km semuanya adalah tikungan dan tidak ada jalan lurus. Total tikungan dari Maesot dan Mae Hong Son yang kita lewati sebanyak 3934 curves/tikungan dan perjalanan ini melewati kondisi alam bukit-bukit. Kami makan siang di Pai, kota kecil yang sangat ramai dikunjungi turis.

Date : 12 April

Dari Mae Hong Son menuju Phuket kita menggunakan pesawat dan tiba di Phuket sore hari. Motor semua di loading dari Mae Hong Son ke Phuket. Kita memiliki 3 hari free, karena sepeda motor kami baru tiba di Phuket pada tanggal 14 April. Hal ini kami lakukan untuk menghemat waktu karena apabila menggunakan kendaaran jarak tempuhnya bisa 2 hari. Kami mengejar waktu agar bisa mengikuti Songkran Festival pada 13 April di hari esoknya.

Date : 13 April

Adalah Perayaan Songkran merupakan Perayaan Tahun Baru bagi orang Thailand. Acara siram menyiram air awalnya merupakan acara memberi hormat kepada orang lain dengan menerima air “diberkati” yang sudah dicurahkan untuk membersihkan patung Buddha lalu dicurahkan ke orang tua untuk memberi tuah kepada mereka sekeluarga.

MalayThai-08

Bulan April merupakan bulan terhangat di Thailand (suhunya bisa mencecah 40°C), perayaan ini dijadikan pesta siram-siraman dengan menyiramkan air bersih/dingin ke arah orang lain dan tidak boleh marah. Hari ini memang sangat meriah dan sangat ramai, karena saling menyiram air dan berpesta disepanjang jalan..

Date : 14 April

Setelah sepeda motor tiba dari Mae Hong Son, kemudian kami mengikuti acara hari pertama Phuket Bike Week yang dihadiri dari beberapa negara Asia, termasuk Indonesia. Acara ini merupakan acara bikers tahunan yang mana acara ini seperti acara-acara biker di Indonesia.

Date : 15 April

Route perjalanan hari ini kita balik pulang menuju ke perbatasan Malaysia yaitu Danok/Sadao. Perjalanan kebanyakan seperti jalan umum dan sepi. 

Date: 16 April

Kami sampai di perbatasan antara Thailand dan Malaysia. Kita meyerahkan dokumen kedatangan dan pengecekan pasport dan dari sini kita menuju ke Cameron Highland. Setengah perjalanan menggunakan jalan tol dan exit di Cameron Highland. Perjalanan menuju Cameron Highland sangat indah dan jalan yang berliku-liku karena menuju perbukitan. Udara sejuk dan dingin dengan pemandangan kebun teh mirip Puncak Pas.

MalayThai-06

Date : 17 April

Hari terakhir perjalanan. Dari Cameron Highland kita menuju Port Klang dengan jarak tempuh 250 km. Untuk persiapan loading dimana sepeda motor kami akan dibawa kembali ke Indonesia. Dan setelah kami tiba di Port Klang.. akhirnya kami menyelesaikan perjalanan selama 12 hari dan kami segera menuju bandara KLIA untuk kembali ke Indonesia

Total jarak yang ditempuh selama touring ini kurang lebih 2975 KM, menempuh berbagai macam jalan yang sangat bagus, ada juga jalan yang kurang bagus tapi tidak terlalu berarti. Prinsipnya kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan untuk keselamatan dan kelancaran tanpa adanya masalah selama perjalanan kami, Zero Accident.

Diceritakan oleh Bro Hendro BROSER

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

One thought on “Perjalanan BROSER & HDCI Tangerang Ke Malaysia & Thailand

  1. Toppp…. Thanks bro Stephen….

Leave a Reply