Rifat Sungkar Lakukan Pengenalan dan Persiapan Kendaraan di Amerika

FWRT-Car-Briefing-Checking-2.jpg

30 April 2013. Rifat Sungkar mendapatkan sesi pengenalan singkat dengan John Buffum, selaku pemilik Libra Racing, yang menyediakan kendaraan Mitsubishi Evo X 2010 yang akan dipakai oleh Rifat Sungkar pada Rally America, termasuk di seri pertama yang akan diikuti oleh Fastron World Rally Team, di Oregon Trail Rally pada 3-5 Mei 2013 di Portland International Raceway, Oregon.

Libra Racing selaku rumah modifikasi dan penyedia jasa persiapan reli juga mempersiapkan kendaraan Mitsubishi Evo X yang dipakai oleh beberapa juara Rally America seperti Antoine L’Estage and co-driver Nathalie Richard, dari Team Libra Racing / Rockstar Energy.

Sesi pengenalan ini meliputi fungsi segala macam switch yang berada di dalam kendaraan, serta melakukan setting posisi duduk, setting lokasi hand-brake, setting lokasi gear lever (tongkat parseneling) dan posisi kemudi/setir. Rifat sempat mencoba kendaraan berkeliling lokasi pertemuan karena kendaraan belum bisa dibawa ke lintasan.

FWRT-Car-Briefing-Checking-1.jpg

Menurut penuturan Rifat, kendaraan Evo X yang dipergunakan lebih ringan sekitar 200-250 Kg daripada Evo X yangbiasa dipakai untuk Rally Group N. Dari sisi tenaga, RIfat menjelaskan bahwa power yang dihasilkan mesin Evo X ini berkisar antara 350 tenaga kuda, cukup jauh diatas tenaga yang dihasilkan Evo Group N yang berkisar dibilangan 275tenaga kuda.

“Kalau di Group N, powernya berada di RPM 2500 hingga 4500, sementara pada kendararaan ini yang akan dipergunakan di Open Class, dibawah 3500 RPM sama sekali tidak ada tenaga. Namun mendekati 5000 RPM powernya langsung terasa hampir 1.5 kali dibandingkan kendaraan Group N. Saya membutuhkan waktu untuk mencoba perbedaan tenaga kendaraan ini di lapangan, supaya dapat lebih mengerti karakter mesin dan menyesuaikan cara mengemudi,” jelas Rifat Sungkar yang tergabung dalam Fastron World Rally Team.

Rifat menjelaskan bahwa kendaraan ini tidak menggunakan transmisi DOG-BOX sebagaimana pada kendaraan lainnya yang sering dipakai, namun menggunakan transmisi dengan sistem sequential shifting dimana posisi gigi berurutan dari N-1-2-3-4-5, sehingga akan menghilangkan kemungkinan mis-shift karena posisi giginya yang berurutan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai sepak terjang Rifat Sungkar di Rally America dan update-update lainnya dari Rifat, silahkan follow akun Twitter resmi Rifat Sungkar di @rifato dan fan page Facebook resmi Rifat Sungkar di www.facebook.com/rifatsungkar236.

Preview video Oregon Trail Rally dapat disaksikan di tautan berikut ini, http://www.youtube.​com/watch?v=uSMWxURc​qFU&feature=player_e​mbedded

Please follow and like us:

Leave a Reply