Commitment Signing Ceremony for Hyundai∙KOICA Dream Center – Indonesia

photo 05

11 April 2013. Hari ini Selasa (9 April 2013) telahdilaksanakan acara penandatanganan komitmen Hyundai KOICA Dream Center – Indonesia, bertempat di Puslatdikjur (North Jakarta Training Center) di Kawasan Industri Pulo Gadung Jl. Rawaterate II No. 1 Jakarta Timur.

Acara Signing Ceremony yang dihadiri oleh Hyundai Motor Company sebagai pemilik proyek Corporate Social Responsibility (CSR) ini, Mr. Jaemin Shin – Manager, Corporate Responsibility Team; Mr. Jinyoung Park – Director, Marketing Team; perwakilan dari Ambassador of Korea di Indonesia; KOICA Indonesia Office, Mr. Byung-gwan Kim sebagai Resident Representative; Plan Indonesia, Mr. La Raus Peter – Country Director; Plan Korea, Mr. Sangjoo Lee – National Director;

Turut hadir Perwakilan dari Pemerintah DKI di Jakarta Timur; perwakilan Menteri Pendidikan & Kebudayaan Indonesia; perwakilan Chairman Jakarta Education Office, serta Mukiat Sutikno – Vice President Director PT Hyundai Mobil Indonesia,. Mereka turut menyaksikan dan ikut melakukan penandatangan Komitmen Pembangunan Hyundai-KOICA Dream Center di Indonesia.

photo 03

Hyundai-KOICA Dream Center – Indonesia adalah program Corporate Social Responsibility (CSR) Hyundai Motor Company, yang bekerja sama dengan KOICA, mendirikan Pusat Pelatihan dan Pendidikan Kejuruan (Vocational Education and Training Center) North Jakarta,.

Hal ini diperuntukkan bagi generasi muda yang berusia 18 – 24 tahun (Youth) yang berdomisili di Jakarta dan sekitar-nya termasuk Bekasi, Tangerang, Serang, Karawang, dan lain-lain, yang menginginkan pendidikan kejuruan di bidang otomotif dengan tujuan mempersiapkan mereka untuk mempunyai pekerjaan yang layak, kemapanan untuk kehidupan perekonomian dan peningkatan taraf hidup-nya.

Hyundai-KOICA Dream Center – Indonesia adalah proyek CSR untuk kaum muda kedua setelah Ghana di South Africa, dengan skema yang sama.

Latar Belakang Project

Indonesia adalah negara ke empat terbesar di dunia dengan jumlah populasi generasi muda (youth) lebih dari 38 juta jiwa yang terdiri dari wanita dan pria dengan kisaran umur 15 – 24 tahun. Di banyak negara lain, kaum muda pada umur seusia ini dapat memberikan kontribusi besar pada perkembangan perkekonomian negara-nya.

Tetapi secara umum di Indonesia kaum muda tidaklah bisa mengembangkan potensi diri secara maksimal, termasuk hak mereka untuk mempunyai standar hidup yang baik. Hal ini disebabkan kendala tidak dapat melanjutkan sekolah terhambat faktor biaya, sulit-nya mencari pekerjaan, apalagi membuka usaha sendiri.

Indonesia sebagai negara ke empat terbesar di dunia secara populasi dan nomor 16 terbesar dalam perkembangan perekonomian serta sebagai negara kesembilan sebagai negara tujuan investasi (UNCTAD’s World’s Investment Prospect Survey). Pemerintah Indonesia menempatkan sektor otomotif sebagai 5 besar prioritas fokus industry.

Fakta-nya Indonesia adalah negara kedua terbesar pada pasar ASEAN untuk otomotif industry. Pada tahun 2012 penjualan kendaraan roda empat di Indonesia sudah mencapai angka 1 juta unit, perkembangan yang sangat baik dalam 2 tahun terakhir sejak tahun 2010 yang mencapai angka 764.710 unit. Berdasarkan perkembangan ini, diperkirakan Indonesia akan mencapai total produksi 2 juta unit dalam kurun waktu 5 – 6 tahun ke depan.

Tidak banyak tersedianya pendidikan formal ‘high vocational school’ di Jakarta yang mempunyai auto mechanic program. Apalagi ditambah kenyataan bahwa mendirikan sekolah seperti ini membutuhkan invastasi yang sangat besar.

Jakarta terpilih sebagai tempat lokasi Hyundai-KOICA Dream Center dengan alasan-alasan sebagai berikut:
1. Total kendaraan di Jakarta adalah 11 juta unit (8 juta adalah kendaraan roda dua dan 3 juta adalah kendaraan roda 4 – passenger cars), menggambarkan 15,7% dari total kendaraan di Indonesia.
2. Lebih dari 50% dari total 8 juta orang yang tidak mempunyai pekerjaan, adalah kaum muda, dan 3.5 juta kaum muda bertempat tinggal di Jakarta dan provinsi dekat kota Jakarta seperti Banten.
3. Jakarta sebagai Ibu kota Indonesia.

“Hyundai-KOICA Dream Center adalah salah satu program CSR dari Hyundai Motor Company, bekerja sama dengan KOICA, yang khusus diperuntukkan untuk kaum muda. Hyundai-KOICA Dream Center – Indonesia adalah proyek CSR kedua setelah Ghana-South Africa, dengan skema CSR yang sama. Hyundai Motor Company tidak hanya fokus untuk menjual kendaraan Hyundai saja, tetapi juga concern kepada perkembangan dan kebutuhan edukasi kaum muda dan peningkatan keahlian mereka dalam bidang industri otomotif, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi untuk diri-nya dan juga untuk lingkungan-nya. Kami yakin proyek ini akan berjalan sukses dengan support penuh dari pemerintahan Jakarta. Kami harap kita berjumpa lagi pada bulan Januari tahun 2014, untuk pembukaan secara resmi training center ini”. (J.Y. Park – Director, Marketing Team, Hyundai Motor Company).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *