Pertamax Plus Bahan Bakar Resmi di Kejuaraan Balap Motor di Indonesia

Pertamax

31 Maret 2013. Pengurus Pusat (PP) IMI, sebagai regulator otomotif di Indonesia, melalui surat No. 277/IMI/OLRG/D/111/2013 tanggal 07 Maret 2013 telah menentukan Pertamax / Pertamax Plus sebagai bahan bakar resmi balapan motor di Indonesia. Di tahun 2013 ini, Pertamax Plus akan dipakai sebagai one make fuel di kejuaraan berskala nasional Indoprix (5 event), Indospeed Racing Series / IRS (5 event), dan Honda Racing Championship (9 event).

Untuk tahun 2014, Pertamax Plus juga akan menjadi One Make Fuel dalam kejuaraan nasional balap motor Motorprix sebanyak 33 event, dengan estimasi kebutuhan Pertamax Plus sebanyak 3.450 liter / hari. Dengan adanya keputusan PP IMI yang mewajibkan penggunaan Pertamax Plus di kejurnas balap motor, maka peraturan tersebut tentunya akan diikuti di kejuaraan balap motor di daerah (Kejurda) yang berjumlah sebanyak 460 event dan kejuaraan balap motor lainnya.

Sebelum adanya regulasi IMI, setiap peserta balap menggunakan berbagai macam bahan bakar, dengan berbagai merk untuk memenangkan perlombaan. Pemilihan penggunaan Pertamax Plus didasari oleh berbagai factor diantaranya adalah Pertamax Plus lebih sesuai untuk sepeda motor saat ini yang memiliki rasio kompresi yang tinggi. Selain itu, kandungan additive yang dimilikinya tidak hanya membuat mesin tetap bersih, namun juga lebih awet, sehingga, para pembalap tidak perlu mengganti komponen mesin setelah kegiatan balap. Para penonton balap pun akan lebih aman karena emisi yang dikeluarkan lebih sedikit dan lebih ramah lingkungan.

Keunggulan Pertamax Plus mulai terbukti di serf pertama balap motor Indoprix tanggal 16-17 Maret 2013 di Sirkuit Sentul. Pada event tersebut, rekor best lap time terpecahkan dengan Pertamax Plus. Pemecahan rekor best lap time ini terjadi di semua kelas yaitu 110 cc (57,91 detik) dan 125 cc (57,34 detik). Peningkatan kecepatan ini juga dirasakan oleh para pembalap dari Tim Yamaha, Honda, dan Suzuki.

Selain itu, para pembalap juga merasakan penggunaan Pertamax Plus lebih stabil, dan mesin menjadi lebih awet. Untuk mensupport olahraga balap sepeda motor di Indonesia, Pertamina akan memperluas pendistribusian Pertamax Plus ke seluruh Indonesia. Khusus untuk daerah yang sudah memiliki supply point / depot Pertamax Plus, penyediaan Pertamax Plus diupayakan menggunakan mobil tangki yang dilengkapi dengan mini dispenser / flow meter. Sementara untuk daerah Indonesia lainnya akan disediakan dalam kemasan pail 20 liter dan 10 liter.

Merupakan suatu kebanggaan, karena produk hasil karya anak bangsa dipercaya dalam kegiatan balap motor yang persertanya juga diikuti oleh para pembalap dari mancanegara

Please follow and like us:

Leave a Reply