Menepis Keraguan Chevrolet Spin LT 1.3 Mesin Diesel

Chverolet Spin Media Test Dive Solo-Jogja-16

21 Maret 2013. Ada banyak orang ragu tentang mobil terbaru low MPV Chevrolet Spin bermesin diesel 1,300cc. Hal ini terjadi ketika pertama kali diperkenalkan dalam acara Sneak Preview Chevrolet Spin di pabrik General Motor Indonesia pada tanggal 19 Februari 2013 yang lalu. Beruntung SL.com ikut serta dalam acara Chevrolet Spin Ride & Drive pada 18-21 Maret kemarin dan membuktikan sendiri bagaimana ketangguhannya.

Keraguan banyak pihak, dan termasuk dari para wartawan wajar-wajar saja, pasalnya selama ini belum ada mobil yang bermesin diesel di kelas 1,200cc – 1,500cc.

All New Chevrolet Spin, buatan General Motors selaku APM Chevrolet di Indonesia merupakan pabrikan pertama yang menawarkan mesin diesel dengan mesin 1,300cc.

Yang menjadi pertanyaan mampukah mobil diesel 1,300cc tersebut melahap tanjakan, diajak kecepatan tinggi, atau tampil maksimal?

Chevrolet Spin MPV tujuh penumpang ini harganya dibawah Rp. 200 juta, dan boleh dibilang cukup berani menawarkan pilihan dengan mesin diesel. Namun, setelah SL.com melakukan uji coba pada hari Selasa 19 April 2013 dengan rute Jogjakarta, Candi Borobudur, Magelang, Ketep Pass, Kawasan Wisata Selo, dan terus ke Solo, maka semua keraguan-keraguan diatas dapat ditepis.

Chverolet Spin Media Test Dive Solo-Jogja-15

Mesin Chevrolet Spin LT 1,300 Diesel Transnisi Manual yang ditumpangi SL.com memiliki turbo diesel direct injection dimana teknologi mesin diesel 4-silinder tersebut memang benar mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 75 PS @4.000 rpm dengan torsi 190 Nm @1.750-8.000 rpm. Hal ini terbukti melalui kecepatan tinggi pada jalur Jogjajakarta-Candi Borobudur, dimana SL.com melihat speedometer sempat tembus diangka 130 km/jam.

Meski berkapasitas kecil, namun performa mesin 1,300cc diesel ini tidak kalah bersaing dengan mesin bensin 1,500 cc yang sudah dicoba sehari sebelumnya pada jalur Solo-Jogjakarta (artikel ini).

SL.com bersama 3 orang wartawan otomotif lainnya yang berada didalam Chevrolet Spin LT 1,300cc mesin diesel ini bahkan secara spontan memuji performa dan ketangguhan teknologi Direct Injection common rail, dan juga turbocharger yang disematkan pada mesin diesel Chevrolet Spin.

“Kecil-kecil memang cabe rawit nih.. benar-benar tangguh di segala medan,” ujar SL.com yang diiyakan oleh rekan-rekan yang lain.

Chverolet Spin Media Test Dive Solo-Jogja-17

Dengan transmisi manual 5 percepatan, akselerasi Spin diesel didapat dengan baik pada semua putaran, apalagi pada putaran menengah dan putaran atas, terasa turbo chargernya menggeliat untuk tetap dipacu dengan kecepatan tinggi. Jalur lurus-lurus lepas dari Candi Borobudur ke arah Magelang terasa sangat mantap, bahkan jalur tanjakan ke arah Ketep Pass dan Wisata Selo juga terasa mesin Spin diesel ini bandel, kuat dan kencang.

Goncangan sepanjang perjalanan asyik-asyik aja. Ketika melahap setiap tikungan, terasa bodi mobil tetap stabil, dan yang lebih penting suara mesin pun tidak berisik. Deru mesin dieselnya nyaris sama dengan mesin bensin. Rekan wartawan pun sempat terkecoh, sementara ia sudah melewati perjalanan lebih dari beberapa jam. “Kita ini lagi naik Chevrolet Spin degan mesin bensin ya?

SL.com lebih banyak duduk dikursi baris tengah sebelah kanan, layaknya sebagai penumpang dan anggota keluarga. Dari pengalaman perjalanan bersama Chevrolet Spin Diesel ini, SL.com sama sekali tidak merasa mual-mual, atau tidak ada gejala rsa pusing. Pandangan mata lebih banyak melihat kedepan dari arah samping kanan kemudi, bukan dari bagian tengah. Hal ini menguntungkan penumpang pada barisan tengah untuk dapat menikmati perjalanan.

Chverolet Spin Media Test Dive Solo-Jogja-19

Chevrolet Spin diesel tersedia dalam dua model, yaitu Chevrolet Spin 1.3 LT M/T dengan harga Rp. 179.700.000 dan Chevrolet Spin 1.3 LTZ M/T dengan harga Rp. 189.700.000. Model yang kedua adalah harga yang paling tinggi diantara 7 (tujuh) varian yang diproduksi GM Indonesia. Jadi jangan salah sangka jika harga 1,300cc diesel ini malah lebih mahal dari 1,500cc bensin transmisi otomatis.

Diakhir acara pada bagian ngobrol santai, GM Indonesia menjelaskan bahwa mesin diesel Chevrolet Spin sudah dikalibrasi, kondisinya sudah disesuaikan dengan kualitas diesel di Indonesia dengan kadar sulfur cukup tinggi. Jadi konsumen tidak perlu khawatir dengan konsumsi bahan bakar solar.

Pengalaman GM Indonesia dengan model SUV Chevrolet Captiva menggunakan mesin diesel memang sudah terbukti dan nyatanya tidak pernah menunjukkan kegagalan. Karena itulah GM Indonesia yakin dan pasti bahwa kehadiran sosok Chevrolet Spin di Tanah Air yang juga akan dijual untuk pasar global dapat diterima konsumen.

Chverolet Spin Media Test Dive Solo-Jogja-14

ALBUM PHOTO.

23 thoughts on “Menepis Keraguan Chevrolet Spin LT 1.3 Mesin Diesel

  1. Tanya Om… Kalo dibanding sama ertiga gimana ya…?? Secara keseluruhan…

    lagi dilematis…

    • Mas ardi,
      Jujur saja penulis belum pernah menjajal Ertiga, masih menunggu undangan dari PT Suzuki Indomobil Sales nih.. jadi maaf ngga bisa comment utk saat ini.

  2. “Dengan transmisi manual triptonik 6 percepatan, akselerasi Spin diesel didapat dengan baik pada semua putaran”

    Kalau versi diesel bukannya manual 5 percepatan ya om?
    kalau yg matic baru tiptronic 6 percepatan

    • Mas Seto.. anda benar, Soalnya kita mencoba 2 mobil, di hari pertama LTZ 1.5 matic, dan dihari kedua LT 1.3 diesel. Keduanya terasa sama, hampir tak ada bedanya,jadi yang punya cerita jadi bingung membedakannya.. hehehe.. :-).

  3. Konsumsi bbm dieselnya berapa? kl ga salah ada fitur menu di MID nya apa sempet di cek? thx

    • Mas ade.. tidak ada yang mengukur. kecuali melihat strip di panel yang sepertinya irit. Tapi ini harus dibuktikan dalam acara terpisah..

  4. endro yuwono says:

    tanya mas untuk LT 1.3 Diesel AC nya pake yg singe blower ato double blower..???

    • @mas endro..
      blower ac utk bagian belakang tersedia.. utk kursi ditengah ada diatas bentuknya bulat mirip2 blower di bus bluebird, utk kursi belakang ada disamping bodi..

  5. Mas, mau tanya untuk yg diesel msalah suara dan getaran mesin apakah seperti inova diesel?
    Soalnya sya agak tidak percya kalau yang diesel hampir sama dengan yang bensin.

    • @Mas apin..
      kami tidak mencoba toyota inova diesel, jadi sama sekali tidak tahu suaranya..
      utk menjawab keraguan silahkan test drive di dealer Chevrolet terdekat.. gratis.
      apa yg kami tulis diatas adalah sesuai dgn fakta-fakta dari pengalaman sendiri..
      bisa jadi “perasaan” dan pengalaman dari setiap orang berbeda-beda..

  6. Apakah sempat menjajal yang 1.200cc? Karena bujet saya masuk di tipe tersebut. Kalau belum pernah coba, mungkin bisa punya prediksi, berdasarkan mesin 1.500. Thanks

  7. kok tidak buka dealer di Jember atau Banyuwangi ya..???

  8. kalau onerdil nya dibanding mobil sekelas jepang gimana mas?

  9. butuh unit mpv.spin memberi kepuasan tersendiri pesan sekarang juga sebelum harga naik eddy chevrolet 089613486830

  10. Saya pake spin matic dari bandung ke cirebon jarak 120 km habis bbm 8 liter, dengan cara full to full. Kondisi jalan macet sehingga waktu tempuh sekitar 4,5 jam. Gimana menurut agan apakah mobil ini termasuk irit ?

  11. butuh unit mpv.spin memberi kepuasan tersendiri pesan sekarang juga sebelum harga naik roy chevrolet 081284623328- 02133021222

  12. Mau tanya nie kalo spin dieseil maticnya kapan keluar ya, makasih

  13. Need Chevrolet All Tipe
    Please Call
    0812.1075.6922
    021 91491096
    Pin bb 250ECDC1

  14. Saya sdh inden 3 bulan lebih utk Chevrolet spin 1.3 LTZ,, sampai skarang belum ada kepastian chevrolet cabang makassar. kapan pesanan saya datang.

    • Ane tunggu keluar diesel matik nya ajalah, mudah-2 an cepat di produksi…

      • wah Spin Diesel kapan keluar matiknya,, sekarng sdh ada Honda Mobilio lagi, lambat nih Chevrolet, saya jadi mikir mendingan Mobilio Matik, walaupun bensin biasanya Honda terkenal irit.

  15. Chevrolet Spin Activ resmi diluncurkan GM Indonesia
    http://stephenlangitan.com/archives/86920

Leave a Reply