Peluncuran Perdana “SUBARU VIZIV CONCEPT” di Dunia pada 2013 Geneva Motor Show

2013_Subaru Viziv Concept 1

18 Maret 2013. Fuji Heavy Industries Ltd (FHI), produsen mobil Subaru, meluncurkan “SUBARU CONCEPT VIZIV” di ajang Geneva International Motor Show ke-83 yang berlangsung pada 5 – 6 Maret 2013 untuk pers dan 7 – 17 Maret 2013 untuk umum. “SUBARU VIZIV CONCEPT” adalah sebuah konsep kendaraan Crossover masa depan yang merepresentasikan arah desain dan teknologi baru yang akan membawa merk Subaru ke masa depan.

Kata “VIZIV” diciptakan dengan terinspirasi pada frase “Vision for Inovation” (Visi untuk Inovasi) yang menggambarkan visi inovasi dan arah brand Subaru di masa depan. Adapun daya tarik utama SUBARU VIZIV CONCEPT ini antara lain:

Desain Eksterior

  • Sebuah konsep kendaraan Crossover generasi mendatang yang memberikan efisiensi dan performa yang tinggi pada semua kondisi permukaan jalan dan lingkungan mengemudi telah dibuat dengan sebuah filosofi desain baru dari Subaru.
  • Desain dasarnya menampilkan bidang dan garis yang sederhana dan mulus. Tujuannya adalah untuk menciptakan keseimbangan yang ideal antara bodi yang solid dan kabin yang ringkas.
  • Desain front-end “SUBARU VIZIV CONCEPT” dengan tegas menekankan motif yang biasa pada produk-produk Subaru. Grille yang lebih besar dan menyeruak ke luar merupakan inti dari desain front-end, dan merupakan titik yang menghubungkan keseluruhan desain front-end menjadi sebuah desain yang solid dan dinamis.
  • Motif pada bagian samping yang sederhana dan kuat menciptakan sebuah unsur desain baru dari Subaru. Garis-garis luar dari bagian fender yang terpadu dan bentuk panel pintu yang solid menghasilkan sebuah desain bagian samping yang dinamis.
  • Kabin atas menonjolkan grafis jendela yang atraktif pada bodi yang bergaya shooting-brake. Sangat kontras dengan desain panel bodi yang solid, berkesan sporty, dan siluet yang ramping.
  • Desain bagian belakang juga menampilkan motif Subaru yang sama seperti yang digunakan di bagian depan. Kombinasi lampu belakang menampilkan motif khas Subaru, dan panel heksagonal yang dikelilingi oleh lampu-lampu di bagian tengah.
  • Warna “Mistral Silver Metallic” memberi kesan dinamis dan stylish pada desain eksterior dari “SUBARU VIZIV CONCEPT”.

2013_Subaru Viziv Concept 2

Desain Interior

  • Seperti halnya dengan eksterior, pada bagian interior juga menjanjikan performa berkendara yang dinamis. Ruang pada interior didesain untuk mewujudkan kemampuan khas dari Subaru, kenyamanan dan kegembiraan untuk semua penumpang.
  • Pada bagian kokpit menampilkan sebuah rancangan panel instrumen yang didesain terutama untuk kemudahan operasi dan kendali kendaraan bagi pengemudi. Panel instrumen menampilkan status operasi dari sistem bantuan mengemudi “EyeSight” milik Subaru. Tachometer dan speedometer di bagian tengah menggabungkan kemampuan kendaraan dan kesan sporty, menampilkan desain unik berbentuk silinder dan tampilan yang mengagumkan.
  • Tampilan informasi custom di hadapan kursi penumpang depan dan belakang memungkinkan penumpang untuk merasakan sensasi menjadi pengemudi.

 Packaging

  • Untuk menerapkan konsep pengembangan Subaru yang dikendalikan oleh manusia, desain 2 pintu, kapasitas 4 penumpang yang stylish dan bodi yang sporty telah dikemas dengan desain yang memungkinkan 4 penumpang dewasa untuk berkendara dengan nyaman bahkan untuk perjalanan jauh.
  • Roda belakang yang 100% motor-driven menyingkirkan kebutuhan atas poros baling-baling, membuat bagian lantai menjadi lebih rendah yang memberikan ruang untuk kaku yang cukup luas untuk penumpang di deretan kursi belakang di samping ukurannya yang compact.

 Power Units

  • “Subaru Boxer Diesel Hybrid”, menjadi sebuah proposal untuk masa depan power unit dari Subaru, digunakan di “SUBARU VIZIV CONCEPT”. Powertrain adalah sebuah sistem plug-in hibrida yang menggabungkan mesin diesel Subaru Boxer berkapasitas 2.0-liter dan tenaga putaran CVT yang tinggi dengan penggerak depan untuk persneling kendaraan dan pembangkit tenaga, dan dua penggerak belakang hanya untuk persneling kendaraan. Dengan teknologi powertrain ini, slogan “Enjoyment and Peace of Mind” dalam pengalaman berkendara Subaru akan semakin dikenal.
  • Powertrain menentukan waktu terbaik untuk menggunakan setiap power unit sesuai dengan kekuatan dan aplikasi berkendara, memiliki tingkat keiritan yang tinggi. Mesin menggerakkan kendaraan pada saat kendaraan berjalan lambat atau jalanan perkotaan, sementara mesin diesel dan efisiensi Lineartronic yang tinggi mengambil alih saat berada di jalan bebas hambatan.
  • Sistem “Hybrid SI-DRIVE” memiliki sebuah mode “Eco-Cruise” yang memungkinkan kontrol yang terkoordinir yang terhubung dengan sistem bantuan mengemudi “EyeSight” di samping mode “Intelligent” dan “Sports”. Mesin dan tenaga penggerak disesuaikan dengan kondisi jalan yang terdeteksi oleh kamera stereo EyeSight, menciptakan fitur berkendara cerdas yang didesain untuk keselamatan dan kenyamanan lingkungan.

2013_Subaru Viziv Concept 3

Sistem AWD (All-Wheel drive)

  • Sistem “Independent-rear-motor-driven symmetrical AWD” yang memimpin teknologi AWD Subaru generasi mendatang telah diterapkan pada SUBARU VIZIV CONCEPT. Subaru memperbaharui sistem AWD sesuari dengan filosofi pengembangan “Four-wheel management”.  Sistem “Independent-rear-motor-driven symmetrical AWD” memungkinkan kontrol fine-tuned pada keempat roda untuk menyesuaikan dengan lingkungan perjalanan dan kondisi permukaan jalan.
  • Dua penggerak yang secara eksklusif dikembangkan sebagai kemudi roda belakang mengendalikan kedua roda belakang (kiri dan kanan) dengan bebas. Sistem manajemen terkoordinir dari penggerak depan dan belakang mengendalikan tenaga antara roda depan dan belakang. Sistem tersebut meningkatkan performa keselamatan aktif khas Subaru. Membelokkan kemudi dapat meningkatkan tenaga penggerak yang diaplikasikan ke bagian belakang, menciptakan karakteristik handling yang merespon kendali pengemudi dengan cekatan. Membelokkan kemudi belakang dapat meningkatkan tenaga penggerak yang diaplikasikan ke bagian depan, menciptakan karakteristikhandling yang menonjolkan kestabilan.
  • Pada lalu lintas perkotaan, semua roda digerakkan oleh motor penggerak ketika mulai bergerak dari keadaan istirahat, memungkinkan torsi instan yang tinggi dan akselerasi bertenaga, tetapi tetap irit bahan bakar dan tidak berisik.
  • Dengan mengendalikan tenaga penggerak yang diaplikasikan ke roda belakang kiri dan kanan, sistem penggerak belakang memungkinkan torsi lebih ke roda belakang bagian luar, dan sedikit torsi pada roda belakang bagian dalam ketika menikung untuk menghasilkan daya gerak yang mengarah ke dalam dan menghasilkan tikungan yang cepat dan mulus. Di samping membantu akselerasi dan performa pada semua jenis medan, sistem AWD yang menakjubkan ini juga menggunakan tenaga penggerak untuk membantu saat kendaraan menikung. Bersamaan dengan handling dan cornering yang menawan, sistem AWD juga menawarkan kestabilan handling yang mengagumkan yang menjamin tingkat keselamatan dan kepercayaan diri dalam mengemudi yang tinggi.
  • Radius tikungan minimal dapat diperkecil yang disebabkan oleh sistem “Independent-rear-motor-driven symmetrical AWD”, oleh karena itu kemampuan bermanuver yang unggul telah diraih.

 Spesifikasi Utama

  • Panjang X Lebar X Tinggi Keseluruhan (mm): 4,320 X 1,900 X 1,510
  • Jarak Roda (mm): 2,640
  • Tipe Mesin: 2.0-litre Horizontally-Opposed Subaru Boxer diesel engine
  • Tipe Transmisi: Lineartronic (CVT)
  • Tipe Penggerak Elektrik: Interior Permanent magnet synchronous motor; Depan: 1 motor penggerak; Belakang: 2 motor penggerak
  • Tipe Baterai: Lithium-ion batteries
  • Sistem AWD: Independent-rear-motor-driven symmetrical AWD
  • Ban: 245/45 ZR20
  • Kapasitas tempat duduk: 4
Please follow and like us:

Leave a Reply