Pertamina Marine Lubricants Gathering 2013

image006

_DSC6470

6 Maret 2013. Dengan menggunakan pelumas marine Pertamina, maka akan diperoleh berbagai benefit – antara lain produknya yang handal, harganya yang bersaing, serta memiliki jaringan distribusi yang solid di seluruh Indonesia. Disamping itu – yang tak kalah penting, pelumas marine Pertamina memiliki service teknis, oil monitoring, dan inhouse training yang bisa dimanfaatkan oleh para konsumen.

Demikian dikatakan Syafanir Sayuti. Industrial Marketing Manajer PT Pertamina (persero) Unit Lubricants acara “Pertamina Marine Lubricants Gathering & Customer Testimony 2013”, di Putri Duyung Cottage, Jakarta, pada Selasa (5/13) yang diikuti oleh 100 peserta dari 60 perusahaan yang bergerak dalam bidang perkapalan.

Keandalan pelumas Pertamina tersebut juga diakui oleh banyak pihak. Antara lain oleh Shinta Sari Dewi Wilar (PT. Altus Lines Indonesia), Yongky (PT. Margo Indonesia Servicetama), dan Jovan Patriot (PT. Indo Mega Maritime), yang memberikan testimoninya di depan para peserta.

_DSC6524

“Meski telah menjadi market leader – khususnya pada pasar pelumas segmen marine – kami juga terus berupaya membangun loyalitas terhadap konsumen eksisting dan juga merangkul calon konsumen perusahaan-perusahaan perkapalan, baik di dalam maupun di luar negeri, “ tambah Syafanir Sayuti.

Sebagaimana diketahui, setelah sukses mempertahankan posisi sebagai market leader di Indonesia, Pelumas Pertamina juga telah merambah pasar mancanegara. “Sudah lebih dari dua puluh tiga negara di dunia menjadi sasaran ekspor pelumas kita. Dan terbukti bahwa pelumas kita diterima di negara-negara tersebut. Buktinya, angka penjualan kita juga terus meningkat, “ lanjut Syafanir Sayuti.

Dalam memasarkan pelumas marine ke luar negeri, PT Pertamina telah bekerjasama dengan Sharjah National Lube Oil Company Ltd (Sharlu) untuk memproduksi dan memasarkan Pelumas Meditran Series di LOBP (Lube Oil Blending Plant) Plant Fujairah, Uni Emirat Arab dengan target konsumen kapal-kapal pengangkut minyak yang berlayar dari negara tersebut.

Langkah ini merupakan bagian dari peningkatan kompetensi global Pertamina dalam bisnis pelumas dan telah dibuktikan melalui pengisian Pelumas Meditran 330 perdana ke kapal VLCC MT Arenza di Fujairah – Dubai pada Kamis, 31 Januari 2013 lalu. Pelumas Meditran 330 yang di produksi melalui LOBP Sharlu, UAE sesuai dengan formulasi dan kualitas Pertamina menandakan era baru dalam bisnis Pelumas di pasar global.

Produksi Pelumas di Fujairah, UEA merupakan yang kedua setelah Singapura. Sejak akhir tahun 2011, Pertamina Lubricants juga memasok pelumas bagi kapal-kapal yang singgah di pelabuhan Singapura.

Kehadiran Pelumas Meditran series di UEA semakin menggairahkan bisnis Pelumas Pertamina di negara yang pasarnya sedang tumbuh pesat tersebut. Sebelumnya, di sektor otomotif Pertamina melalui produk co-branding Pertamina dan SK Lubricants, Zypex, cukup berhasil mendapatkan penerimaan pasar UEA di segmen mid-low sejak 2007.

Untuk segmen top tier, Pertamina juga telah memperkuat penetrasinya dengan ekspor perdana Fastron berbagai seri ke UEA pada Oktober 2012. Fastron series pada tahap awal fokus di pasar Dubai dan Sharjah sebelum menyebar ke seluruh wilayah UEA.

Selain berbagai door prize menarik, pada akhir acara, Pertamina memberikan promo spesial untuk penambahan pembelian pelumas marine Pertamina – khusus pada saat event berlangsung, kepada konsumen eksisting dan calon konsumen.

Leave a Reply