Rolls Royce WRAITH Tampak di Geneva Motor Show 2013

image006

RR_3073_CU

6 Maret 2013. “Pada hari ini, kami meluncurkan sebuah mobil gran turismo bagi pria sejati, yaitu mobil yang mencerminkan semangat Charles Stewart Rolls,” ujar Torsten Müller-Ötvös, CEO Rolls-Royce Motor Cars. “Wraith yang merupakan kendaraan Rolls-Royce paling bertenaga di sepanjang sejarah perjalanan Rolls-Royce, menjanjikan sensasi petualangan dan kecepatan yang seperti pernah mengantarkan para pendiri Rolls-Royce. Namun tentu saja, Wraith lahir dari esensi kemewahan, kehalusan dan kualitas serta karakter yang selalu menjadi keutamaan pada pelanggan Rolls-Royce sejak dulu hingga saat ini.”

Sebagai Board member BMW Group dan Chairman Rolls-Royce, Harald Krüger menambahkan: “BMW Group hari ini menyatakan komitmen masa depannya untuk Rolls-Royce. Masa depan yang gemilang dan menjanjikan menanti Rolls-Royce berkat investasi jangka panjang, manajemen brand serta peluncuran model terbaru yang inovatif seperti Rolls-Royce Wraith yang menambah kesempurnaan line-up Rolls-Royce.”

Keseluruhan desain fastback Wraith memberikan keunikan pada karakter mobil ini. Tarikan garis yang tegas, presisi pada panel dan screen yang menukik pada sisi belakang memberi kesan layaknya atlet kelas dunia yang tengah bersiap di garis start. Ekspresi kedinamisan yang tajam juga terpancar pada grille yang tersembunyi, rear track berukuran lebar dan presentasi two-tone yang dramatis.

Coach doors terbuka memperlihatkan kemewahan interior dalam balutan kulit Panthom-grade paling lembut dan lapisan kayu yang disebut Canadel Panelling. Dinamai sama dengan teluk terkenal di Prancis bagian Selatan, tempat Sir Henry Royce beserta tim desain dan para ahli mesin Rolls-Royce menghabiskan musim dingin mereka, sentuhan akhir kayu ini melengkapi kesempurnaan keindahan seluruh interior, menghadirkan ruang nyaman bermandikan cahaya dan kehangatan yang dapat dinikmati empat orang penumpang.

Suasana interior mobil diperindah dengan Starlight Headliner, sebuah fitur Bespoke yang ditawarkan untuk pertama kalinya di luar deretan model Phantom, menampilkan 1,340 lampu serat optik yang ditenun manual oleh para pengrajin di lapisan kulit atap untuk menciptakan langit berbintang yang indah.

Performa tinggi turut melengkapi gaya Wraith, yang mampu menghasilkan tenaga dengan mudah namun dramatis berkat perpaduan mesin V12 dan transmisi ZF 8-percepatan otomatis. Tenaga sebesar 624 bhp / 465kW mampu membuatnya melaju pada kecepatan 0-60 mil/jam dalam waktu 4,4 detik saja (0-100 km/jam: 4.6), lebih cepat jika dibandingkan dengan kekuatan Ghost yang sebesar 563 bhp / 420kW yang melaju pada kecepatan 0-60 mil/jam dalam waktu 4,7 detik (0-100km/jam: 4.9).

RR_3080

Wraith menghasilkan torsi sebesar mulai dari 1.500 rpm 800 Nm (780 Nm pada Ghost). Selain itu, rear track berukuran lebar, wheelbase yang lebih pendek serta ketinggian atap yang diturunkan turut melengkapi keindahan model Rolls-Royce paling bertenaga ini, menyempurnakan pengalaman berkendara di sepanjang sejarah Rolls-Royce. Suspensi mobil ini juga telah disesuaikan untuk meminimalisir guncangan maupun resiko body roll, dan secara halus meningkatkan respon kemudi pada saat menikung; sementara itu, bobot kemudi yang menjadi lebih berat ketika kendaraan melaju kencang dan lebih ringan saat kecepatannya berkurang turut menambah semangat berkendara.

Meskipun demikian, Wraith bukan sebuah mobil balap. Namun kegesitannya mampu menimbulkan sensasi layaknya berkendara di udara. Selain itu, fitur Satellite Aided Transmission (SAT) yang juga baru diluncurkan turut melengkapi kemudahan berkendara sesuai dengan karakter khas Rolls-Royce.

Satellite Aided Transmission menggunakan data GPS untuk melihat melampaui apa yang dilihat pengemudi; mengantisipasi gerakan selanjutnya berdasarkan lokasi dan gaya mengemudi pada saat itu, kemudian memilih transmisi yang paling cocok dengan kondisi jalan. Tikungan, persimpangan jalan raya, dan bundaran, semua dapat diantisipasi di muka. Hal ini mencerminkan karakter Wraith yang senantiasa siap menghadirkan performanya kapanpun dibutuhkan.

Sebuah pengalaman berkendara yang lebih halus dan tanpa kendala serta diperkaya dengan respon yang lebih baik, membawa esensi kemudahan (waftability) khas Rolls-Royce ke dimensi baru yang lebih dinamis.

Selama lebih dari satu abad, mobil Rolls-Royce menampilkan sederet teknologi yang didesain secara halus untuk mendukung kenyamanan para penumpang, menyajikan pengalaman berkendara ‘tanpa kendala’ yang tak tertandingi. Teknologi yang dihadirkan di tiap mobil Rolls-Royce ini siap membantu saat pengendara membutuhkan dan akan kembali non-aktif dengan sendirinya ketika tidak lagi dibutuhkan.

Kemajuan teknologi listrik dan mekanik Wraith menyajikan sistem seperti head-up display, lampu adaptif dan fitur pembuka bagasi tanpa kunci. Namun kemajuan pada konektivitas telah membawa teknologi antarmuka manusia-mesin ke level kecanggihan yang lebih tinggi dengan adanya sebuah alat bantu layaknya pelayan pribadi dalam kendaraan.

Perintah aktivasi melalui suara, misalnya, hadir dengan tombol panggilan one-touch yang terletak di roda kemudi. Berkendara ke lokasi tujuan tidak lagi memerlukan input manual dari menu navigasi karena bantuan rute dapat muncul segera pada layar dan juga melalui panduan audio yang mengikuti perintah suara, seperti “Arahkan ke Piccadilly di London.”

Kemajuan lainnya pada komunikasi juga hadir dalam desain dan fungsionalitas yang mencerminkan keanggunan Spirit of Ecstasy Rotary Controller. Hal ini memungkinkan navigasi dilakukan secara on-screen menggunakan touch pad yang memiliki fungsionalitas pinch and pull yang mirip pada penggunaan smartphone. Huruf-huruf juga dapat ‘ditarik’ ke pad dengan menggunakan tangan, bukan dengan menelusuri serangkaian karakter yang tersedia di layar.

Di Eropa, Wraith akan dipasarkan dengan harga sekitar 245.000 Euro. Rincian konfirmasi dan informasi mengenai harga di semua pasar akan diberitakan lebih lanjut tahun ini. Pengiriman pertama Wraith kepada para pelanggan akan dilakukan di kuartal terakhir tahun 2013. Hmm kira-kira siapakah miliarder Indonesia yang akan membeli mobil ini?

ALBUM PHOTO

One thought on “Rolls Royce WRAITH Tampak di Geneva Motor Show 2013

Leave a Reply