Pembangunan Awal GT Radial “Proving Ground”

DSC_0050

6 Maret 2013. PT Gajah Tunggal, Tbk, produsen ban terintegrasi terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara memperkuat komltmennya tidak hanya sebagai pemimpin pasar di industri ban tanah air tetapi juga meningkatkan pangsa pasar dan peranannya di mancanegara sebagai produsen ban Indonesia yang berkelas dunia dengan membangun fasilitas “Proving Ground” terbarunya di Karawang, Jawa Barat pada Selasa, 5 Maret 2013.

Fasilitas “proving ground” ini dirancang untuk melaksanakan berbagai riset dan pengujian atas performa ban yang dihasilkan oleh PT Gajah Tunggal, Tbk dan juga mendukung inovasi dan pengembangan berbagai macam ban untuk kendaraan penumpang, kendaraan komersial dan juga sepeda motor yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan konsumen Indonesia maupun dunia.

Pembangunan fasilitas “proving ground” ini akan dilaksanakan secara bertahap diatas lahan seluas 65 hektar dan nantinya akan dilengkapi dengan berbagai alat uji canggih, modern, dan terbaik. Disini menjadi bagian tonggak sejarah penting tidak hanya bagi masa deran PT Gajah Tunggal Tbk, tetapi juga untuk pengembangan industri otomotif di Indonesia.

Karena fasilitas ini juga dapat digunakan untuk menguji berbagai prototype dan kendaraan baru yang diproduksi oleh OEM yang menjadi partner dari perusahaan di masa mendatang. Dengan fasilitas “proving ground” ini, diharapkan dapat mempercepat proses pengembangan dan peluncuran berbagai produk ban baru asli Indonesia yang lebih berkualitas, mampu memenangkan persaingan di pasar domestic dan global.

DSC_0040

Sebagai tanda pembangunan fasilitas ini, pada Selasa kemarin dilakukanlah seremonial peletakan batu pertama oleh Wakil Menteri Perindustrian Alex S.W Retraubun, CEO PT Gajah Tunggal, Tbk, Christopher Chan, Deputi Pengendalian dan Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Azhar Lubis, dan Bupati Kerawang Ade Swara di Karawang, Jawa Barat. Seremonial ini juga disaksikan oleh Chatarina Widjaja, Direktur Corporate Communication & Investor Relation Gajah Tunggal, Tbk serta perwakilan dari APM mobil dan sepeda motor. Tahapan awal dari fasilitas ini akan mulai beroperasi pada pertengahan tahun 2014.

Dalam kesempatan tersebut Chatarina Widjaja mengatakan, “Pembangunan fasilitas “proving ground” ini adalah perwujudan dari tiga komitmen PT Gajah Tunggal Tbk sebagai produsen ban Indonesia kelas dunia. Pertama, komitmen untuk mengembangkan produk ban bcrkualitas yang sesuai dengan kebutuhan partner OEM kami di Indonesia dan mancanegara secara berkelanjutan, sejalan dengan strategi perusahaan yang telah kami terapkan sejak tahun 2011. Kedua, komitmen untuk senantiasa meningkatkan kualitas produk ban yang kami hasilkan melalui upaya riset clan pengembangan yang ditujukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan konsumen dan yang terakhir, komitmen untuk mendukung pengembangan industry otomotif di Indonesia melalui ‘stake holder’ dan relevan dan terkait dengan perusahaan dan komunitas.

Salah satu kelebihan fasilitas “proving ground” yang direncanakan akan rampung pada kwartal pertam 2015 ini adalah adanya area test track untuk ban jenis off-road, dan ban untuk cuaca dingin di Eropa (musim salju).

PT Gajah Tunggal Tbk menginvestasikan dana sekitar Rp. 1 triliun untuk mernbangun fasilitas “proving ground” ini. Dimana pada tahun 2012 GT Radail sukses memimpin pasar ban di Indonesia dan meningkatkan ekspor di lebih dari 90 negara, serta membukukan nilai penjualan sebesar 1,35 milyar dollar Amerika. Dan yang cukup membanggakan, saat ini ban GT Radial telah dipercaya untuk menjadi OEM untuk berbagai kendaraan baru di Indonesia seperti Suzuki Ertiga, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Chevrolet Spin, kemudian di Malaysia seperti Proton Exora, dan Preveserta, Mitsubishi Strada Triton di Thailand, sementara pada kendaraan bus dan truk ban merk GAJAH TUNGGAL adalah ban OEM Hino, Toyota dan Mitsubishi. Ban IRC adalah ban OEM hampir semua merk motor di Indonesia mulai dari Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Minerva-Sachs, Viar, dan TVS.

ALBUM PHOTO

One thought on “Pembangunan Awal GT Radial “Proving Ground”

Leave a Reply