Panorama Gunung Bunder Jawa Barat

Panorama Kaki Gunung Salak

24 September 2009. Sekedar melanjutkan artikel sebelumnya tentang Gunung Bunder Jawa Barat (silahkan baca yang satu ini dan juga yang ini). Berikut ini SL.com hanya ingin menyampaikan beberapa foto-foto panorama sekitar Gunung Bunder yang terkenal dengan hutan produksi jenis cemara atau pinus milik Perhutani.

Foto-foto yang ada di halaman ini direkam melalui beberapa kamera dari anggota keluarga SL.com ketika piknik pada liburan lebaran, Selasa 22 September 2009.

Sebagai informasi tambahan, bahwa lokasi Gunung Bunder ini sangat tepat bagi mereka yang menyukai kegiatan outdoor, campinAdd an Imageg, hiking atau trekking atau pendaki gunung yang ingin menuju Kawah Ratu Gunung Salak. Lokasi ketinggian Gunung Bunder berada diantara 750-1.050 meter dari permukaan laut (dpl).

Nah, bagi mereka yang dulunya mengaku anak Pramuka, maka tidak ada salahnya bersama keluarga menjelajah kawasan Gunung Bunder ini yang masuk dalam wilayah cagar alam dan dilindungi “Taman Nasional Gunung Halimun Salak.”

Beberapa titik lokasi camping ground dengan mudah bisa ditemukan, lokasinya saling berjauhan dengan pemandangan alam yang berbeda dan memiliki keunikan tersendiri. Kemudian ada banyak rute hiking atau trekking yang bisa ditelusuri menuju wisata curug atau air terjun yang jumlahnya ada puluhan.

Beberapa nama curug (air terjun) di Gunung Bunder diantaranya adalah Curug Cihurang, Curug Ngumpet, Curug Cigamea, dan Curug Seribu. Semua curug tersebut terletak dekat dengan jalan raya sehingga mudah dijangkau. Untuk menuju Kawah Ratu, pengunjung harus melakukan trekking sejauh 14 kilometer dari Bumi Perkemahan Gunung Bunder. Di Gunung Bunder anda akan bertemu daerah wisata yang sangat indah yaitu Bedeng, di sana terdapat banyak villa.

Rute Menuju Gunung Bunder

Patokannya adalah jalan raya antara Bogor-Leuwiliang yang melintasi IPB Dramaga (Bogor bagian barat). Setelah itu, bisa pilih lewat Cikampak atau Cibatok.

Kalau lewat Cikampak, jalannya kecil hanya lebar 2.5 meter dan sangat cocok buat mobil jenis SUV. Kalaupun bawa mobil sedan lewat Cikampak, jangan terlalu berlebihan karena ada beberapa tanjakan yang berat. Untuk bus jangan lewat Cikampak tapi pilih lewat jalur Cibatok.

Melewati jalan Cibatok adalah yang paling aman untuk semua kendaraan. Bagi mereka yang mencari villa penginapan sebaiknya melewati jalur Cibatok. Hanya yang perlu diantisipasi adalah kemacetan dan keramaian yang bakal terjadi saat hari libur.

Kawasan Gunung Bunder paling disukai oleh para pengendara motor, jadi keramaian motor sangat dominan di lokasi ini. Jalan sempit, sekali ada musibah kecelakaan bakal merepotkan perjalanan anda. So, tetap waspada dan hati-hati.

Persiapan Barang Bawaan

Jika sekedar piknik bersama keluarga atau reuni sekolah, yang paling penting dibawa adalah tikar dengan ukuran besar. Silahkan membawa tenda atau terpal sebagai antisipasi jika hujan turun. Yang tak kalah penting adalah jangan lupa membawa makanan, minuman, tempat masak, dan segala macam keperluan dapur.

Jika anda ingin serius camping, silahkan membawa tendanya sendiri. Dilokasi camping ground tidak ada penyewaan tenda, maupun perlengkapan tenda lainnya. Selain itu, didalam lokasi camping ground tidak ada listrik, sehingga penggiat outdoor harus membawa lampu minyak. Jangan lupa membawa sapu dan kantong plastik yang besar untuk kebersahan lokasi.

Untuk anda yang gemar hiking/trekking, dan ingin membawa keluarga, sebaiknya ada anggota keluarganya yang sudah melakukan survey lokasi atau survey rute lebih dulu. Karena rute atau trek menuju hutan cemara maupun kawasan air terjun harus diperhitungkan, baik soal jarak dan beratnya medan. Hitungan waktu dan kemampuan fisik dari setiap anggota yang akan ikut serta harus benar-benar diperhitungkan. Gunakan sepatu demi keamanan dan keselamatan ketika menjalani hiking atau trekking.

Pada dasarnya, bagi mereka yang sudah punya pengalaman camping, maupun hiking/trekking seharusnya sudah lebih tahu apa-apa saja yang harus dipersiapkan. Ingat aja dulu waktu ikut Pramuka, betul gak sih?! :-)

18 thoughts on “Panorama Gunung Bunder Jawa Barat

  1. om kalu naik motor ke daerah sana motor bisa sampai atas ga???

  2. @Marlin, naik motor tergantung ama kemampuan motornya, plus bikernya. Kalo pake motor trail pasti bisa lewatin bukit2 terjal, juga semak2 yg lebat dibabat.. :-)
    Banyakan motor sampai ke camping ground, terus biker dan boncengernya ngumpet ke semak2 belukar buat pacaran!

  3. ” Banyakan motor sampai ke camping ground, terus biker dan boncengernya ngumpet ke semak2 belukar buat pacaran! ”

    Pasti sempet di foto donk om..? bagi bagi donk… hehehe

  4. Nice info nya
    salut buat mas stephen
    sangat berguna buat yang mau solo touring maupun group ( rombongan )
    liputan ke pengalengan punya nggak mas…kalau ada bagi bagi mas
    juga kalau ada liputan ke dieng mas….view nya katanya luar biasa..
    thx

  5. Wow gnng bunder ya om…wahh 4 tahun ane tnggl di dramaga blm pernah kesampaian pergi ke gnng bunder… Lagian ane gak trlalu suka pmndngan hutan/gunung scara ane anak kmpung… Lbh merindukan suasana laut

  6. wah.. baru kmaren hari rabu tanggal 23 kesana.. naik motor juga om.. lewat leuwiliang.. memang rame sekali om.. biasanya ga seramai itu.. tapi ko ga ktmu om stephen yahh..??

  7. hahaha.. dikirain tanggal 23 juga om.. kan artikel yang pertama ditulis tanggal 23 cmiiw…. gwe baru pertama kali om ksana.. pake nyasar pula sampe tajur.. nanya ma polisi dikasitau deh arah lewiliang.. hehe

  8. Om…ada foto2nya ngga?
    penasaran ingin lihat…

    Salam

  9. Bro Amink, Kan di halaman blog ini memang sudah ada. Coba bersabar, sementara bro baca dulu artikelnya, dan pasti foto2 bakal muncul satu persatu.

  10. Wah cukup lengkap juga ulasannya terutama akses pencapaiannya, aku dulu sempat ke gunung bunder cuma tidak sempat menulis ulasannya hehehe….

    Sukses selalu ya mas….

  11. aq penasaran ma panorama GB.. bagus juga.. msh sejuk bgt..
    pngen bgt ksana.. biz hri neeh cwo aq lgy di GB ma klwrga’na..
    muga taon bru bsok aq bsa ksana ma dy.. hehhe..

  12. [...] terasa, karena ketinggian Gunung Pancar ini cuma 854 meter. Kalau anda bosan dengan Puncak atau Gunung Bunder, maka lokasi TWA Gunung Pancar ini bisa jadi [...]

  13. Yuk kita jaga, agar panorama tetap indah sampai ratusan tahun yang akan datang, juga menjaga hutan kita tetap lebat

  14. bagus …….ada villa nya ga’ …????

  15. raviq brobikers says:

    Bro Stephen, apa kabare? hehehe….mau tanya nih kalau ke cibatok apakah tetap lewat jalur gunung bunder? kondisi jalannya gimana ya? rencana mau riding sektar 20 motor nih, thanks ya, btw kalau bisa japri bbm PIN gwe 284DFBF5

  16. thank you ya.. gw pernah ke pengalengan.. ada sejarah kebun teh belanda disana, masih ada villa tua belanda dan juga kuburan juragan belanda.. tapi sayang waktu itu gw masih pake kamera analog,. kayaknya dah lama banget. anyway.. next time gw akan bikin liputannya.. juga untuk dieng..:-)

  17. Bro Rial,
    pasti gak ketemulah, wong gw ke sana hari selasa 22/9 dan anda rabu 23/9..
    kita ketemuannya di halaman blog ini.. :-)

Leave a Reply