AHM Implementasikan Kurikulum TSM Honda di Kalbar

TSM_02

31 Januari 2013. Dalam upaya mengembangkan keterampilan otomotif bagi generasi muda, PT Astra Honda Motor (AHM) menandatangani MoU kerjasama implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda dengan beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah Kalimantan Barat.

MoU KTSM Honda yang bekerjasama dengan PT Astra International Tbk – Honda Sales Operation (AI-HSO) Pontianak ini dilakukan di SMK Negeri 2 Pontianak pada tanggal 30 Januari 2013 dan merupakan tahap awal implementasi KTSM di wilayah Kalimantan Barat.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Drs. H. Mulyadi, M.Si selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Pontianak serta disaksikan oleh para pejabat instansi terkait. Kegiatan serupa juga dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kabupaten Sekada pada tanggal 31 Januari 2013.

Head of Corporate Communication AHM, Kristanto mengatakan pengembangan KTSM Honda ini merupakan bagian dari upaya AHM dalam mendukung implementasi kebijakan pemerintah tentang adanya kerjasama SMK dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) seperti yang tertuang dalam Keputusan Mendikbud Nomor 0490/1992. Dengan adanya kurikulum ini, perusahaan berharap dapat berkontribusi meningkatkan kesesuaian program SMK dengan kebutuhan dunia kerja (link and match program).

“Kami berharap MoU KTSM Honda yang ditindaklanjuti dengan pemberian 2 unit sepeda motor Honda dan peralatan pendukung dan keterampilan yang lebih baik sehingga SMK ini menghasilkan generasi muda lulusan yang dapat menunjukan kompetensinya di bidang otomotif khususnya roda dua,” ujarnya.

KTSM Honda ini dirumuskan dengan memadukan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK-KD) yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dengan materi Technical Training Level 1 (TTL1) Honda yang juga menjadi materi pelatihan dan uji kompetensi mekanik di bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Dengan materi KTSM Honda ini, diharapkan pembelajaran tentang teknik sepeda motor terhadap siswa SMK yang menerapkan kurikulum ini akan lebih terarah sebagai mekanik yang berkualitas.

Untuk mendukung implementasi program ini di wilayah Kalimantan Barat, AI-HSO Pontianak telah melakukan beberapa program seperti pelatihan untuk guru-guru SMK dan sinkronisasi kurikulum teknik sepeda motor Honda. Main Dealer Honda untuk wilayah Kalimantan Barat in ijuga mempersiapkan siswa magang di AHASS dan memberikan perlengkapan perbengkelan sesuai standar minimal AHASS dan buku pedoman reparasi dan parts catalog.

“Kami berusaha membangun kerjasama dengan pihak SMK dengan harapan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan usaha khususnya dunia perbengkelan. Kami berharap kerjasama yang kami bangun ini dapat menambah semangat para pelajar dalam melakukan praktik teknik sepeda motor Honda di sekolahnya” ujar Yohanes Pratama, Regional Head AI-HSO Pontianak.

Dalam kesempatan ini, Drs. H. Mulyadi, M.Si selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Pontianak menyambut baik kerjasama penerapan Kurikulum TSM Honda di SMK di wilayah Kalimantan Barat dan mengucapkan terima kasih atas peran serta AHM dan AI-HSO Pontianak di dunia pendidikan serta berharap pula SMK melaksanakannya dengan konsisten dan terus dikembangkan sebagai upaya peningkatan kualitas lulusan.

Leave a Reply