Kembalinya Brand DATSUN di Pasar Otomotif

new brand logo datsun

31 Januari 2013. Nissan Motor Co., Ltd. telah mengumumkan penunjukan TBWA Worldwide sebagai partner agensi global untuk brand Datsun. Di bulan Maret 2012 lalu, Nissan mengumumkan bahwa Datsun akan kembali sebagai produk modern yang dapat diandalkan dan mudah diakses bagi para pelanggan berjiwa muda dan optimis ditengah pasar yang kian berkembang dengan pesat.

Berdasarkan aspirasi tersebut, dan dilengkapi dengan teknologi modern untuk menjamin pengalaman berkendara yang menyenangkan, mobil-mobil Datsun akan mulai dipasarkan di Indonesia, India dan Rusia pada tahun 2014.

Pemilihan agensi global sebagai partner Datsun menandai langkah penting bagi pengembangan brand seiring dengan waktu yang semakin dekat dengan momen peluncuran rangkaian pertama dari sejumlah model baru persembahan Datsun secara global termasuk di Indonesia (baca artikel ini).

“Datsun” adalah nama brand Jepang yang diperkenalkan ke seluruh penjuru dunia sejak awal berdirinya Nissan di sepanjang perjalanan perusahaan yang berkembang dengan sedemikian pesat pada tahun 1970-an, kemudian diikuti globalisasi di tahun 1980-an. Sejumlah pelanggan dari generasi ke generasi terpikat oleh model kontemporer, teknologi mesin modern, daya tahan luar biasa dan keandalan mobil-mobil Datsun. Brand Datsun dihapus pada tahun 1981 dan selanjutnya dinaungi oleh Nissan seiring dengan ekspansi perusahaan secara global.

Vincent Cobee, Corporate Vice president and Global Head Datsun Business Unit, mengatakan, “Di pasar yang berkembang dengan pesat, perusahaan mengandalkan Datsun untuk kembali menjalin ikatan dengan para pelanggan yang ingin memiliki mobil dengan model atraktif, relatif terjangkau, dan – di atas segalanya – memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan.”

“Tak dapat dipungkiri bahwa pemilihan nama Datsun dilakukan karena brand ini tercantum dalam portfolio kami sebagai rekor salah satu brand yang paling dihargai di sepanjang sejarah industri Otomotif dunia,” katanya.

“Selain itu, hubungan yang terjalin antara Datsun masa kini dan Datsun masa lampau sangat otentik. Sama halnya dengan keinginan para pelanggan di tahun 1930-an, 40-an dan 50-an untuk memperoleh mobil berkualitas tinggi, bertahan lama, dan dapat diandalkan calon pelanggan di pasar yang sedang berkembang dengan pesat – pilihan yang sangat terbatas – menunjukkan minat tinggi terhadap mobil dengan karakteristik tersebut. Kami yakin bahwa The New Datsun akan memenuhi harapan masyarakat,” lanjut Cobee.

Datsun akan memperkenalkan produk pertama dari rangkaian produk barunya pada pertengahan tahun 2013, dan akan mulai dipasarkan di tahun 2014.

TBWA Worldwide akan menggarap tim Datsun berdedikasi tinggi untuk menjalankan kegiatan strategis maupun kreatif dari London. Kantor afiliasinya di Tokyo, TBWA HAKUHODO, juga akan mempersiapkan dukungan operasional bagi tim Datsun di Jepang.

Tom Carroll, President & CEO TBWA Worldwide, mengutarakan pendapatnya, “Merupakan sebuah penghargaan bagi kami untuk dapat berkolaborasi dengan brand otomotif. Namun, kami menjadi sangat terinspirasi ketika kolaborasi tersebut meliputi kembalinya brand yang sebelumnya merupakan sebuah ikon. Dunia sudah berubah, dan kami sangat bangga dapat terpilih untuk mendukung Datsun dalam partisipasinya di dalam pasar yang menunjukkan perkembangan pesat, seperti Rusia, Indonesia dan India. Kami akan menunjukkan sejarah yang diwariskan Datsun sebagai brand besar di masa lampau dan mempersembahkan makna baru bagi para pelanggan kami di masa depan.”

Sejarah Datsun:

1914 Kwaishinsha Motor Works milik Masujiro HASHIMOTO (1911-26) menuntaskan perakitan “DAT Car”
1926 Kwaishinsha dan Jitsuyo Jidosha berkolaborasi menjadi “DAT Jidosha Seizo”
1932 DAT Jidosha Seizo memperkenalkan mobil “Datsun” pertama
1933 Yoshisuke AIKAWA mengakuisisi Datsun dan mendirikan Nissan Motor Co.
1935 Peresmian Pabrik Yokohama, pabrik perakitan mobil Jepang pertama kalinya untuk khalayak luas yang memproduksi “Datsun 14”
1958 Kemenangan kelas di Australian Rally, ajang balap yang menantang ketangguhan daya tahan dengan “Datsun 210”
1958 Awal ekspor “Datsun 210” ke AS.

Tentang Datsun:

Nissan Motor Co., Ltd. Mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ke-tiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun akan mulai dijual di India, Indonesia, dan Rusia pada tahun 2014.

Tentang TBWA Worldwide

TBWA Worldwide (www.tbwa.com) menciptakan Ide-ide Menggugah yang diekspresikan melalui Media Arts bagi klien-kliennya di seluruh dunia, di antaranya ABSOLUT, Accenture, adidas, Apple, Energizer, Four Seasons, GSK, Henkel, Infiniti, McDonald’s, Michelin, Nissan, Pernod Ricard, Pfizer, Roche, Standard Chartered Bank dan Singapore Airlines. TBWA termasuk di dalam sepuluh besar agensi periklanan terbaik di seluruh dunia dan diakui sebagai “Best International Network of the Decade” oleh Advertising Age di tahun 2010 karena TBWA memiliki 274 kantor di 100 negara dan lebih dari 11.000 karyawan di seluruh dunia.

Tentang Omnicom

TBWA adalah bagian dari Omnicom Group Inc. (NYSE: OMC) (www.omnicomgroup.com), perusahaan global marketing dan corporate communications terkemuka. Jaringan Omnicom yang prestisius dan sejumlah firma yang dinaunginya menyediakan jasa periklanan, strategic media planning and buying, digital and interactive marketing, direct marketing and promotion, public relations serta jasa komunikasi pemasaran khusus lainnya bagi lebih dari 5.000 klien di lebih dari 100 negara.

Leave a Reply