Banjir Jakarta, Yamaha Bersih-Bersih Sungai Ciliwung

Foto bersama manajemen Yamaha, Yamaha Riders Club dan Komunitas Ciliwung

21 Januari 2013. Kepedulian sosial Yamaha terus berlanjut menyentuh masyarakat kecil yang membutuhkan uluran tangan sesama manusia. Dikenal dengan program CSR (Corporate Social Responsibility) Yamaha Bersuara, tahun ini aktivitas kemanusiaan Yamaha bertambah menjamah lingkungan.

Menggandeng Komunitas Ciliwung (KC) dan 17 klub motor Yamaha, mereka ambil bagian dalam Bakti Sosial Klub Yamaha di sungai Ciliwung, Minggu (20 Januari). Bahu-membahu memunguti sampah di sungai Ciliwung dan bantarannya di wilayah Bojong Gede, itu yang mereka lakukan dan juga penanaman pohon langka Ciliwung.

Dengan kondisi Jakarta saat ini yang dihantam hujan dan banjir cukup besar, Yamaha menunjukkan empatinya terhadap situasi ibukota dan masyarakat setempat. ”Kami mendukung penuh baksos ini apalagi di tengah suasana prihatin hujan dan banjir besar di Jakarta. Bersama Komunitas Ciliwung dan kawan-kawan klub, kegiatan ini sangat mulia dan mencerminkan kepedulian pada lingkungan,” ujar Eko Prabowo, GM Marketing Communication & Community Development.

Eko Prabowo GM Marketing Communication and Community Development memberikan kata sambutan sebelum acara dimulai

Eko Prabowo GM Marketing Communication and Community Development memberikan kata sambutan sebelum acara dimulai

“Kami sangat berapresiasi pada Yamaha dan klub-klub Yamaha yang peduli terhadap sungai Ciliwung,” cetusr Pak Kodir, Ketua Komunitas Ciliwung “sektor” Condet. Menurut Pak Kodir, kegiatan klub motor Yamaha sangat positif dan merupakan ide brilian, mengingat masih ada pendapat bahwa klub motor identik dengan hura-hura. “Kegiatan ini sekaligus membuktikan klub motor Yamaha peduli pada lingkungan, khususnya pada sungai Ciliwung.”

Sementara, dari pihak klub motor Yamaha mengakui senang diajak berpartisipasi. ”Kami anak klub sangat senang ambil bagian dalam event ini. Dan Yamaha ikut memandu masyarakat Jakarta untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Ini merupakan contoh yang sangat positif sekali,” sebut Acho Bule, Ketua Fino Owners Indonesia sekaligus perwakilan Yamaha Riders Club (YRC).

”Saya sangat setuju diadakan acara baksos bersih-bersih Kali Ciliwung, dimana sekarang Jakarta sedang dilanda musibah kebanjiran akibat buang sampah sembarangan. Jadi kita harus membersihkan lingkungan sekitar supaya tidak terjadi lagi banjir. Diusahakan per tiga bulan sekali acara baksos ini,” papar Faisal, Presiden Xeoners Indonesia.

Sungai Ciliwung ibarat urat nadi aliran air dari Bogor menuju Jakarta yang melewati banyak wilayah. Setiap Bogor hujan deras, air yang mengalir di sepanjang sungai Ciliwung, akan meninggalkan sampah yang jumlahnya cukup banyak di setiap daerah yang dilewatinya. Karena itulah, persoalan sampah di sepanjang sungai Ciliwung ini tak kunjung habis.

Hingga akhirnya lahirlah Komunitas Ciliwung (KC) yang merupakan sekelompok orang yang peduli terhadap sungai Ciliwung. Yang dengan suka rela dan dengan biaya mereka sendiri, melakukan kegiatan positif di beberapa titik bantaran sungai Ciliwung, termasuk memunguti sampah yang setiap hari ada dan ada terus. Ketulusan komunitas ini mengilhami klub motor Yamaha untuk ikut ambil bagian dalam kepedulian terhadap lingkungan.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply