All-New Ford Focus Membuktikan Efisiensi Bahan Bakar

26 Desember, 2012. Hasil dari pada “All-New Ford Focus Fuel Efficiency Media Test Road” yang berlangsung di Bali pada 13 Desember 2012 yang lalu cukup mengesangkan. Dalam ajang penghematan bahan bakar bertajuk ‘Chasing the Sun’ rombongan telah menempuh jarak lebih dari 200 kilometer, dimulai dari Pantai Sanur, Kintamani, Bedugul dan finish di Tanal Lot.

Hasil konsumsi bahan bakar minyak (BBM) terbaik All-New Focus 2.0L Ti-VCT GDi Titanium Sedan (4 pintu) mencapai 14.62 Km/L; dan hasil konsumsi bahan bakar terbaik All-New Focus 2.0L TI-VCT GDi Sport Hatchback (5 pintu) mencapai 14.08 Km/L.

Tantangan ini secara independen di uji oleh BTMP-BPPT (Balai Termodinamika, Motor dan Propulsi – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) berada di bawah Kementerian Riset dan Teknologi. Para peserta adalah para editor media terkemuka, termasuk MediaSL sebagai salah satu pesertanya.

Sedangkan Jenis mobil All New Focus yang dilibatkan meliputi 3 unit 2.0L Ti-VCT GDi Focus Titanium sedan dan 4 unit 2.0L Ti-VCT GDi Focus Sport hatchback, semuanya dilengkapi dengan transmisi otomatis PowerShift enam percepatan. Masing para peserta di bagi secara acak ke dalam kelompok yang terdiri dari 3 orang.

Hasil perhitungan diatas berdasarkan jarak tempuh dan berat pengemudi. maupun berat dari para penumpang dari setiap kendaraan All-New Focus. Dan yang paling penting adalah, hasil tersebut berdasarkan rute yang dilewati (85% adalah kawasan pegunungan), dan juga sangat ditentukan oleh gaya mengemudi dari setiap individu yang mana masing-masing memiliki gaya berbeda.

“Hasil dari test-drive yang dilaksanakan secara independen ini telah secara jelas mengukuhkan posisi all-new Focus sebagai pemimpin segmen dalam penghematan bahan bakar di Indonesia,” ujar Bagus Susanto, Managing Director Ford Motor Indonesia.

“Efisiensi bahan bakar yang luar biasa ini merupakan salah satu alasan utama mengapa all-new Focus memberikan biaya kepemilikan kendaraan yang terbaik dikelasnya,” tambahnya.

Tim penguji dari BTMP–BPPT menetapkan panduan ketat guna secara akurat meniru gaya mengemudi yang sesuai dengan kehidupan nyata.

Tangki bahan bakar setiap Focus di isi dengan Pertamax dan kemudian tangki tersebut di segel rapat pada saat memulai perjalanan dari Sanur. AC juga dinyalakan pada temperatur 23 derajat Celsius dan kecepatan “3” lalu di segel. Tekanan ban di ukur pada 35 psi baik untuk ban depan maupun ban belakang, sesuai dengan panduan pengguna.

Rute perjalanan meliputi kondisi jalan yang beragam, termasuk daerah perkotaan dengan lalu lintas yang padat, jalan raya, jalan berkelok dengan banyak tanjakan dari Kintamani ke Bedugul, beberapa turunan, serta hujan ringan dan kabut.

Setiba di tujuan di Tanah Lot, BTMP-BPPT mengevaluasi seluruh kendaraan di atas permukaan datar yang sama sebagaimana ditentukan dengan menggunakan penggaris ukur water-pass untuk memastikan keadilan dan kredibilitas penilaian, demikian pula penambahan bahan bakar dilakukan dengan menggunakan bejana ukur yang telah dikalibrasi untuk memastikan hasil yang akurat.

“Tantangan hemat bahan bakar all-new Focus telah membuktikan bahwa teknologi mesin Duratec 2.0L Ti-VCT GDi yang menggarisbawahi pilar ‘Green’ dari filosofi QGSS Ford bekerja dengan luar biasa. All-New Focus sangat dinamis dan dilengkapi dengan transmisi otomatis PowerShift enam percepatan serta Torque Vectoring Control untuk menghasilkan pengalaman berkendara yang mengagumkan di berbagai kondisi jalan yang berbeda. Mesin Duratec 2.0L Ti-VCT GDi yang dimiliki all-new Focus akan membantu pengemudi untuk menghasilkan performa dan penghematan bahan bakar yang luar biasa,” ujar Billy Israj, editor otomotif.

Fitur-fitur Terdepan 

Dengan bagian depan luar biasa, profil ramping, beltline menaik dramatis dan kuda-kuda atletis, baik model sedan empat pintu dan hatchback lima pintu all-new Focus sama-sama memiliki karakter sporty yang mencerminkan panduan rancangan kinetik Ford yang terkemuka.

All-New Focus juga dilengkapi dengan lebih banyak teknologi dan fitur pintar yang terjangkau daripada sebelumnya di segmen ini.

Fitur terdepan adalah Ford SYNC®, sistem konektivitas pertama di Indonesia yang telah memenangkan banyak penghargaan. Ford SYNC di dukung oleh Microsoft, memungkinkan pengendara untuk melakukan panggilan telepon atau memutar musik favoritnya melalui perintah suara.

Teknologi-teknologi pertama di segmennya meliputi fitur Active Park Assist, yang membantu pengemudi melakukan parkir paralel tanpa menggunakan tangan, Active City Stop yang membantu mencegah tabrakan dalam kecepatan rendah dan Blind Spot Information System (BLIS) yang mengingatkan pengendara ketika ada kendaraan yang memasuki blind spot all-new Focus.

Fitur-fitur pintar lainnya seperti Smart Keyless Entry dan Ford Power Start dapat ditemukan di model Focus Sport dan Titanium.

All-New Focus tersedia di dealer Ford di seluruh Indonesia dalam serangkaian warna menarik – Ingot Silver, Winning Blue, Candy Red, Panther Black, Brisbane Brown dan Frozen White dengan harga yang berkisar antara Rp. 325,000,000 – Rp. 370,000,000.

Leave a Reply