Self Check-in Garuda Indonesia Beri Kemudahan Penumpang

22 Desember 2012. Pekan lalu, MediaSL mengikuti acara PT Astra Honda Motor (AHM) ke Yogyakarta untuk menghadiri Honda Bikers Day 2012 terbang dengan pesawat Garuda Indonesia hari Sabtu, 15 Desember 2012. Perjalanan pada kali ini harus Check-in sendiri di counter Garuda Indonesia Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta.

Pada saat tiba di bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, MediaSL lebih dulu melewati pemeriksaan security bandara dan setelah itu untuk beberapa saat berdiam sejenak, melihat suasana keramaian maupun antrian panjang check-in dipagi hari pukul 05.30 WIB. Ketika menoleh ke sebelah kanan kearah konter Non-Bagasi, tenyata kondisi antrian sama saja. Terlihat antrian panjang bagi penumpang yang tidak membawa bagasi.

Proses Self Check-in Garuda Indonesia, bisa dilakukan sendiri. Jika masih bingung akan dibantu oleh petugas dan penumpang pilih sendiri nomor kursi pesawatnya.Hanya 2 menit, dari pada ngantri di loket check in manual.

Baru saja melangkah ke arah konter Non-Bagasi, mata MediaSL menoleh ke sebelah kanan ada dua wanita manis berdiri disamping mesin Self Check-in Garuda Indonesia. Timbul pertanyaan di dalam hati, mengapa mesin self-check-in ini sepi? Apakah mesin lagi rusak? Yang membuat heran, mengapa mesin ini dijaga oleh petugas wanita?

Sontak MediaSL menghampiri dan bertanya kepada salah satu wanita manis yang berdiri disamping kanan mesin Self Check-in Garuda Indonesia yang terdiri dari 4 (empat) unit. “Selamat pagi mba.. apakah mesin-mesin Self Check-in ini berfungsi? Tanya MediaSL dengan ramah.

Kemudian jawaban yang diperoleh pun sangat sederhana. “Para penumpang kebanyakan pada belum tahu tentang kegunaan dari pada mesin ini. Ya sejak tadi sudah beberapa orang yang memakai mesin ini, tapi penumpang yang lain tidak mengerti. Para penumpang tampaknya masih suka dengan antrian,” kata si-mba.

Jangan malu bertanya kepada petugas bagaimana melakukan proses Self Check-in yang mirip dengan mesin ATM. Mudah dan praktis!

Singkat kata, MediaSL langsung meminta bantuan kepada petugas untuk dipandu melakukan Self Check-in dengan mesin layar sentuh yang mirip dengan mesin ATM, tetapi disana ada tulisan besar Self Check-in dengan logo Garuda Indonesia. Selain itu MediaSL ikut mempelajari cara atau langkah-langkahnya bagaimana menggunakan Self Check-in Garuda Indonesia, juga karena ini baru pertama kali.

Ternyata dengan hadirnya mesin ini, sebenarnya penumpang Garuda Indonesia telah diberikan satu kemudahan check-in dan prosesnya pun sangat praktis, yaitu:

  1. Keluarkan dulu lembaran Booking Flight (bukti pembelian tiket)
  2. Sentuh layar mesin dan setujui peraturan. Tekan next.
  3. Masukkan nomor reservasi (6 digit, sumbernya ada di lembaran booking flight). Tekan next.
  4. Kemudian pilih nama penumpang (sesuai pembelian tiket)
  5. Kemudian pilih kursi (bebas, denah kursi pesawat ada dilayar)
  6. Bagi member GFF (Garuda Frequent Flyer) masukkan juga nomor GFF-nya.
  7. Terakhir, masukkan (lengkapi) nomer e-tiket (13 digit). Menurut  petugas cukup empat angka paling belakang. Tekan next
  8. Tunggu sejenak (ambil nafas dalam-dalam)
  9. Tiket boarding pass tercetak dan keluar.
  10. Ambil tiketnya, dan baca tiketnya baik-baik, Maksudnya disini penumpang jangan sampai salah gate atau salah jam!

Hitungan waktu, hanya 2 menit proses Self Check-in!  Bandingkan waktu ikut antrian.

Jangan lagi ikut antrian panjang!

Bagi mereka (penumpang) yang membawa bagasi, bisa juga menggunakan mesin Self Check-in. Setelah mendapat tiket dari mesin, langsung melangkah ke antrian check-in bagasi. Mau tak mau masuk kedalam antrian, dan nantinya di konter check in hanya menyerahkan bagasi kepada petugas. Jangan lupa ditimbang dulu, bagi penumpang yang memiliki bagasi  overweight tentu saja harus membayar kewajibannya.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply