Launching Subaru XV Produksi di Malaysia

image006

21 Desember 2012. Motor Image, anak perusahaan dari Tan Chong International Limited, pada hari Rabu 19 Desember 2012 kemarin merayakan sebuah langkah besar dengan secara resmi meluncurkan Subaru XV pertama dari jalur produksi di pabrik perakitannya di Kuala Lumpur.

Bermitra dengan Fuji Heavy Industries Ltd, produsen Subaru yang berasal dari Jepang, inisiatif perakitan secara local ini merupakan hal terpenting dalam serangkaian langkah berani yang dirancang untuk secara signifikan memperluas kehadiran Grup di wilayah tersebut.

Upacara peluncuran diresmikan oleh Wakil Menteri Perdagangan Internasional dan Industri, YB Dato’ Mukhriz Tun Mahathir, mencerminkan dukungan dari pemerintah Malaysia terhadap inisiatif Tan Chong dalam industri otomotif.

Lebih dari 5.000 unit kendaraan Subaru XV 2.0i dan Subaru XV 2.0i-Premium, akan diproduksi setiap tahun untuk Indonesia (harga mulai dari Rp338 juta), Malaysia (harga mulai dari RM150, 000), dan Thailand (harga mulai dari THB1. 35 juta).

Sedikitnya 65 persen dari kendaraan-kendaraan yang dirakit di Malaysia tersebut akan diperuntukkan sebagai komoditi ekspor, sedangkan sisanya akan didistribusikan secara lokal. Subaru XV pertama kali diperkenalkan pada bulan September dan Motor Image telah menerima sambutan yang luar biasa untuk compact SUV ini dari tiga negara tersebut.

Pendapatan di tiga negara tersebut di atas diperkirakan akan meningkat lebih dari 10 kali lipat dalam tahun pertama diperkenalkannya kendaraan rakitan lokal ini. Mr Glenn Tan, Direktur Eksekutif dari Tan Chong International Limited mengatakan,

“Perkembangan ini merupakan tonggak penting bagi kami karena kemampuan untuk merakit mobil Subaru secara lokal di Malaysia memungkinkan kami untuk memanfaatkan perjanjian perdagangan antar negara ASEAN, memberikan kami keuntungan dalam rencana kami untuk memperluas jaringan distribusi kendaraan kami.”

“Inisiatif perakitan ini juga meningkatkan kemampuan dan fleksibilitas kami, sehingga memperkuat kehadiran kami sebagai perusahaan otomotif yang handal di Asia,” tambahnya.

Strategi pertumbuhan Grup ini juga tercermin dalam eksistensi Grup Motor Image yang pesat:

  • Pembukaan 15 outlet penjualan dan distribusi di Indonesia, dari 7 outlet menjadi 22 outlet per tahun ini, dengan 11 outlet baru direncanakan akan dibuka sepanjang tahun 2013;
  • Pembukaan 18 outlet penjualan dan distribusi di Thailand, dengan rencana membuka empat outlet baru lagi sepanjang tahun 2013;
  • Hingga akhir 2013, 7 outlet penjualan dan distribusi baru akan menambah jumlah outlet di Malaysia, yang hingga saat ini sudah berjumlah 16 outlet.

Saat ini Subaru mendapatkan permintaan yang besar untuk kendaraan ‘All-Wheel Drive’, di seluruh wilayah, khususnya di pasar Asia dengan lebih dari 13.000 unit yang terjual pada tahun 2011.

Motor Image memperkenalkan Subaru di Singapura 26 tahun yang lalu, pada tahun 1986. Perusahaan ini telah membuka jaringan penjualan dan distribusi kendaraan di Kamboja, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Cina Selatan, Taiwan, Thailand dan Vietnam, dengan tujuan mengedukasi lebih banyak orang di wilayah tersebut untuk menemukan dan menikmati perbedaan dalam mengemudikan mobil Subaru.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Motor Image Group dan berbagai produknya, silahkan kunjungi www.motorimage.net

Tentang Tan Chong International

Tan Chong International (HKSE:0693) tercatat di Bursa Efek Hong Kong dan merupakan perusahaan yang bergerak dibidang motor, properti dan distribusi yang beroperasi di Kamboja, Cina, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam. Sejak didirikan pada tahun 1957, Grup ini telah mengembangkan asetnya secara substansial melalui ekspansi berkelanjutan dari portofolio bisnis yang diversifikasi di bidang manufaktur, distribusi dan ritel.

Tentang Motor Image

Motor Image adalah distributor resmi dari kendaraan bermotor Subaru di Singapura. Didirikan pada tahun 1986 dan berkantor pusat di Singapura, perusahaan ini telah membuka jaringan penjualan dan distribusi kendaraan di Kamboja, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Philippina, Cina bagian Selatan, Taiwan, Thailand dan Vietnam.

Motor Image Group merupakan anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh perusahaan yang resmi dan terdaftar di Hong Kong, Tan Chong International Limited (TCIL), yang memiliki memorandum of understanding dengan Fuji Heavy Industries Ltd. untuk merakit kendaraan Subaru secara lokal di Malaysia.

Ditandatangani pada bulan Juli 2011, perjanjian tersebut memanfaatkan fasilitas yang telah ada di fasilitas perakitan Tan Chong untuk memproduksi mobil Subaru yang ditujukan untuk pemasaran dan distribusi di Malaysia, Thailand dan Indonesia.

Perkembangan baru ini merupakan bagian dari strategi pertumbuhan Motor Image Group yang mengidentifikasi ASEAN sebagai mesin utama pertumbuhan masa depan Group. Selama dua tahun ke depan, Grup bertujuan untuk memperluas jaringan penjualan di Malaysia, Indonesia dan Thailand.

Saat ini, Grup memiliki jaringan lebih dari 200 outlet penjualan dan distribusi di seluruh 10 negara. Bisnis lain yang melibatkan TCIL di Asia meliputi otomotif, komersial, manufakturing, trading dan bisnis investasi properti di kawasan Asia. www.motorimage.net/MIG/home/

Tentang Subaru

Berpusat di Jepang, Subaru adalah Divisi otomotif dari Fuji Heavy Industries (FHI), sebuah perusahaan manufaktur alat transportasi yang beragam dan komprehensif yang mengembangkan beragam luas produk inovatif seperti kendaraan bermotor, dunia angkasa, pembuatan bis, pabrikasi pembangunan rumah, produk-produk industrial dan sistem ekologi.

Dibangun pada tahun 1955, Subaru telah berkembang menjadi salah satu pemimpin dunia dalam pembuatan mobil. Tahun 1972, Subaru telah menjadi yang pertama di dunia, yang memproduksi mobil berpenumpang All-Wheel Drive (AWD) dan menjadi pelopor di Jepang untuk mobil station wagon berperforma tinggi yang mengkombinasikan mesin bertenaga turbo dengan sistem AWD.Subaru telah menyempurnakan dan menyelaraskan sistem AWD, untuk menciptakan sistem AWD yang simetrikal yang dapat mengoptimalkan kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Subaru terkenal di organisasi kendaraan bermotor sedunia untuk mesinnya, design, fungsi, keselamatan dan kemampuannya. Jajaran kendaraan Subaru meliputi BRZ, Exiga, Forester, Impreza, Legacy, Outback, Tribeca dan XV. Secara keseluruhan, mereka terkenal sebagai “driver’s cars” (kendaraan pengemudi) yang menawarkan kehandalan berkendaraan karena teknologi All-Wheel-Drive dan Subaru Boxer yang diikut sertakan ke semua model. www.subaru-global.com.

SUMBER PHOTO

Leave a Reply