Bersama All New Focus Berfoto Ria di Tanah Lot Bali

18 Desember 2012. Rombongan “All New Focus Fuel Efficiency Media Test Road” akhirnya berakhir di kawasan wisata Tanah Lot, Bali pada hari Kamis sore (13/12/12). Semua orang sudah kenal dengan lokasi wisata Tanah Lot ini sebagai tempat objek wisata di Bali yang menawarkan keindahan alam untuk melihat matahari terbenam / sunset.

Objek Wisata Tanah Lot terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, Beruntung MediaSL ikut sebagai salah satu peserta PT Ford Motor Indonesia yang datang dari arah Bedugul dengan waktu yang lumayan cepat sekitar 1 jam 15 menit menggunakan mobil All New Focus Hatchback. Namun bagi mereka yang datang dari Denpasar bisa ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit.

Di Tanah Lot, rombongan All New Focus ini mendapat parkir khusus persis dipinggir pantai dengan jurang yang tinggi. Hanya saja lokasi parkir ini agak jauh dari lokasi dua pura Tanah Lot yang terkenal itu.  Sehingga sangat disayangan MediaSL tidak mendapat sesi photo All New Focus dengan background pura.

Sekilas Objek Wisata Tanah Lot

Kita ketahui bahwa pura Tanah Lost terletak di atas batu besar, yang satu terletak di atas bongkahan batu, dimana apabila ada air laut pasang maka pura ini akan kelihatan dikelilingi air laut. Sedangkan yang satunya lagi, tepatnya di sebelah utara Pura Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terletak menjorok ke laut dan di atas tebing.

Dari beberapa referensi disebutkan bahwa Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Sad Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura yang ada di tengah pantai tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam (sunset), biasanya para pelancong atau tamu akan datang pada sore hari untuk melihat melihat keindahan matahari tenggelam.

Kalau mau menilik lebih jauh kawasan wisata Tanah Lot, mulai dari tempat parkir sampai ke tempat objek wisata/pura, ada banyak terdapat art shop yang menawarkan produk kerajinan lokal, banyak kedai miniman dan makanan, juga ada fasilitas kamar kecil /toilet, yang ongkos sewanya tidak seberapa. Wah.. pokoknya tinggal berapa besar uang yang mau dibelanjakan disini.

Legenda Tanah Lot

Dari cerita yang ada dan juga menurut legenda, Pura Tanah Lot didirikan oleh seorang Brahmana dari Jawa yang bernama Danghyang Nirartha yang menganut ajaran Hindu, dan beliau berhasil menguatkan kepercayaan masyarakat setempat tentang ajaran Agama Hindu dan Sad Kahyangan.

Kemudian Bendesa Beraban merasa tersaingi banyak pengikutnya meninggalkannya dan menjadi pengikut Danghyang Nirarta. Selanjutnya Bendesa menyuruh Danghyang Nirartha pergi meninggalkan Tanah Lot. Beliau menyanggupi tapi sebelum meninggalkan Tanah Lot, dengan segala kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai dan membangun pura disana.

Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning. Bendesa Beraban merasa takjub dan kemudian menjadi pengikut Danghyang Nirartha.

ALBUM PHOTO

One thought on “Bersama All New Focus Berfoto Ria di Tanah Lot Bali

  1. […] 26 Desember, 2012. Hasil dari pada “All-New Ford Focus Fuel Efficiency Media Test Road” yang berlangsung di Bali pada 13 Desember 2012 yang lalu cukup mengesangkan. Dalam ajang penghematan bahan bakar bertajuk ‘Chasing the Sun’ rombongan telah menempuh jarak lebih dari 200 kilometer, dimulai dari Pantai Sanur, Kintamani, Bedugul dan finish di Tanal Lot. […]

Leave a Reply