“Mooneyes” 21st Annual Yokohama Hot Rod Custom Show 2012

10 Desember 2012. Sempurna ! adalah penggambaran yang tepat untuk gelaran “Mooneyes” 21st Annual Yokohama Hot Rod Custom Show 2012, 2 Desember lalu di Yokohama Jepang. Festival kustom yang sudah dihelat selama 21 tahun ini memang layak menjadi barometer apresiasi karya kustom dunia.

Tercatat 600 Motor kustom, 250 Mobil hotrod, 40Pinstripper, 250 Vendor booth, arena Diecast Contest, 26 booth Collectives Alley dan Arena Rat Island memenuhi Hall Pasifico Yokahama – Jepang.

Venue seluas 20.000 meter persegi atau 3 kali luasan lapangan sepak bola tersebut seolah tidak mampu lagi membendung ratusan karya dan dua puluh lima ribu penikmat kustom dari seluruh penjuru dunia. Gelaran tahunan yang menjadi kebanggaan Jepang ini dibuka untuk pengunjung umum Minggu 2 Desember 2012 dari mulai pukul 09.00 – 17.00.

Kali ini banyak bintang tamu dan juri yang diundang secara khusus antara lain : , Cole Foster (Salinas Boys) , Jeff Decker (Hippodrome Studio), Grant Peterson (Freedom Machinery & Acc.), The HARPOON (Kustom Painter), Gabriel Griffin, Mark Drews, Rico Fodrey (Hi-bond Modified), Matt Davis & Dean Micetich (Dice Magazine), Dan Collins (Old Gold Garage), Keith Weesner (Weesner Studio), Max Grundy, Trophy Queen, Jeff Holt (Hot Bike Magazine), Shawn Donahue (Bronsonville Customs), LeBeef Kustom Metal Works dan juga Lulut Wahyudi (Retro Classic Cycles).

Pertunjukan dikelompokkan ke dalam area-area bertema khusus : AIR-CQQLED IN ACTION, Area Khusus Mobil dengan sistem – Air Cooled (Pendingin Udara), terbuka untuk berbagai jenis Volkswagen berbagai tipe . EARLY DAYS CHOPPER EXTRAVAGANZA, Area yang menampilkan ragam style chopper (American, British & Japan) era 60 hingga 70an.

CUSTOM PAINT HUB CAP CONTEST Kompetisi Painting Hub Cap (penutup pelek roda) dengan ukuran maksimal 15’. 80th Anniversary of the Deuce (1932 Ford) & 37 Day, 75th Anniversary of ’37 Fords. Area khusus untuk memperingati kejayaan 80th Ford 1932 dan 75th Ford 1937. HOT WHEELS CONVENTION, CAR CLUB PLAQUE, RAT ISLAND – Limited to Hot Rods & Kustoms built up to 1948.

PINSTRIPE GATHERING, area khusus paint artis dan pinstipper, pengunjung dapat berinteraksi secara langsungdan bahkan memesan motif kegemarannya . COLLECTIVITIES ALLEY, Area yang menampilkan aneka kearjinan dan kustom art MINI CARS, MODEL CARS, PEDAL CARS dan Mooneyes Party.

Ciri khas gelaran “Mooneyes” Yokohama Hotrod Show adalah menghadirkan mobil dan motor kustom sebagai daya tarik khusus. Perhelatan21st Annual Yokohama Hot Rod Custom Show menghadirkan “Lightning Bug” The Schley brothers , Bill Schwimmer’s – 1959 European Volkswagen Type I “Ragtop”, Gerson “Rez” Rivera Corsairs Member ’29 Roadster – 1964 Mercury Comet B/FX “the ROCKET”, Jeff Wright – Church of Choppers, Scott Jones NOISE Cycles – 1974 Harley Davidson Shovelhead Chopper, Matt Olsen – ’47 H-D Knucklehead (Born Free 4 Best in Show), Michael Barragan- Evil Spirit Engineering ’47 H-D Knucklehead, Todd Asin – Small City Cycles ’52 Triumph Pre Unit, Mike Davis -The Cycle Lodge ’50 Triumph Pre Unit “The Gila Monster”, Yaniv “Neevo” Evan – Power Plant Cycles – 1971 HD Shovelhead, Lucas Joyner The Factory Metal Works –1965 Triumph Unit, dan Roland Sands, RSD (Roland Sands Design) ’06 H-D Twin Cam LOKI SPECIAL H-D.

Dalam sambutannya Presiden Mooneyes, Shige Suganuma mengucapkan terima kasih kepada seluruh partisipan dan undangan yang sudah menghadiri 21st Annual Yokohama Hot Rod Custom Show 2012 “sebuah pertunjukkan yang hebat! karena dihadiri tamu dan kawan-kawan kami dari seluruh penjuru dunia Amerika, Inggris, Swedia, Jerman, China, Korea, dan Indonesia” ungkap Shige.

Seakan tak mau kalah dengan gelaran di hall utama, area parkir di basement gedung dipenuhi ribuan motor dari komunitas kustom yang khusus berkendara untuk menikmati gelaran tahunan yang tidak boleh dilewatkan. Areal parkir menjadi magnet tersendiri, ribuan motor terparkir dengan sangat rapi selayaknya display sebuah show.

Setiap partisipan dan pengunjung dapat berinteraksi secara langsung untuk memberikan apresiasi untuk karya terbaik. Nampak pula rombongan rekan-rekan dari Indonesia, Chopper Heroes Bali yang berkesempatan menyaksikan secara langsung21st Annual Yokohama Hot Rod Custom Show 2012.

“Sangat luar biasa d banyak karya terbaik dan produk-produk terbaik, kami bisa belajar banyak dari event ini” ungkap Opet mewakili rekan-rekannya yang nampak sibuk berbelanja dan memborong beragam aksesories.

Pada akhirnya karya motor Cherry’s Company yang diberi nama “Freiherr-Baron” yang kurang lebih bermakna bangsawan, berhak menerima penghargaan Retro Classic Cycles Pick dan sekaligus dinobatkan sebagai Best of Show21st Annual Yokohama Hot Rod Custom Show 2012.

“Tidak mudah menentukan satu motor terbaik dari ratusan karya ‘terbaik” , namun motor ini memiliki detail dan perhitungan teknis yang sempurna, menjadikannya sebagai sebuah karya yang paling istimewa dibandingkan dengan karya “terbaik” lainnya yang ada digelaran ini,”demikian statement dari Lulut Wahyudi yang secara khusus datang dari Indonesia dan didaulat menjadi juri 21st Annual Yokohama Hot Rod Custom Show 2012 bersama bintang tamu yang lain.

Satu hal yang harus kita pelajari dan tanamkan adalah setiap partisipan dan pengunjung sangat menghargai pertunjukkan dan karya yang ada. Festival ini tidak hanya berbicara tentang menang dan kalah. YuichiYoshizawa, Custom Work Zon yang dinobatkan sebagai Best of Show tahun lalu, sangat mengapresiasi karya terbaik dari pemenang, meskipun tahun ini ia tidak mendapat penghargaan ia sangat mengapresiasi gelaran ini.

Sementara itu jurnalis senior Vibes Magazine, Shinya Yoshida mengungkapkan bahwa pilihan dan selera masing-masing juri bisa saja berbeda, namun kita harus menghormati segala keputusan yang ada. “Ini adalah sebuah pertunjukkan yang besar , bagi saya kustom adalah ketika karya yang dibuat bisa dinikmati oleh khalayak luas tanpa berbicara tentang mahal atau murah saja” tandasnya.

Foto & Teks: Aan Fikriyan

Leave a Reply