Agus Setyawan Pole Kelas Underbone, Tim Yamaha Indonesia Dominan

7 Desember 2012. Tim Yamaha Indonesia tampil dominan di kualifikasi Asean Cup Race (ACR) 2012 di sirkuit SM City Santa Rosa Laguna, Filipina, Jumat (7/12). Selain Agus Setyawan merebut pole position kelas Underbone (MT135), tim Yamaha Indonesia paling banyak menempatkan pembalap di grid terdepan dua kelas yaitu Underbone (MT135-Jupiter MX) dan Matic (AT125-Xeon).
Agus begitu konsisten selalu terdepan di dua sesi kualifikasi dan bahkan mempertajam catatan waktunya. Dari catatan waktu 57,648 detik di sesi satu kualifikasi, Agus mempertajamnya menjadi 57,565 detik di sesi dua. Hasil yang dibuatnya di sesi dua yang diambil sebagai catatan waktu terbaik.

Grid kedua dan ketiga kelas Underbone dikuasai tim Yamaha Indonesia lewat Yoga Adi Pratama dan Tamy Pratama yang masing-masing mencetak waktu 57,598 detik dan 57,668 detik. Satu pembalap Thailand, Kannasoot Sitthisena, mencuri posisi keempat.

Riko Pranata urutan lima dan Tedy Permana yang sempat mengalami kecelakaan dan dibawa ke rumah sakit karena kecelakaan saat sesi latihan, kembali turun di sirkuit dan sukses start dari urutan tujuh. Kecelakaan yang dialami Tedy cukup hebat dan sempat mengkhawatirkan tim Indonesia. Saat kecelakaan sepatu yang digunakannya terlepas. Beruntung tidak mengakibatkan cedera fatal pada kakinya sehingga bisa melanjutkan balapan.

Sementara, di Kelas Matic (AT125) pembalap-pembalap Yamaha Indonesia bersaing ketat dengan kubu Thailand. Meskipun pembalap Thailand, Anupad Samoon, mengisi pole position dengan waktu 59,778 detik, namun Indonesia masih punya sejumlah pembalap di garis terdepan.

Di tujuh besar terdepan, ada empat pembalap Indonesia. Herman Baharudin menjadi harapan terbesar Indonesia setelah berhasil menempati posisi kedua. Catatan waktunya 59,782 detik. Toni Rahmawan (tiga), Sulung Giwa (lima) dan Janoear Adhetrio.

”Keberhasilan tim Yamaha Indonesia mendominasi grid terdepan melebihi ekspektasi, khususnya untuk kelas matik. Ini merupakan awal yang baik untuk tim Indonesia. Semoga besok hasilnya maksimal meraih gelar juara,” harap Supriyanto, Manajer Motorsport Yamaha Indonesia.

Sejak digelar di 2003, Yamaha Indonesia mengoleksi gelar terbanyak. Juara umum di 2003, 2004, 2006 dan 2009. Saingan terdekat adalah Thailand yang menyabet gelar di 2005, 2007 dan 2008. Di tahun 2010 tidak dilaksanakan di Thailand yang terkena bencana banjir.

Hasil Kualifikasi Kelas Underbone (MT135-Jupiter MX):

1. Agus Setyawan (Indonesia)
2. Yoga Adi Pratama (Indonesia)
3. Tamy Pratama (Indonesia)
4. Kannasoot Sitthisena (Thailand)
5. Bieffe Agatha Riko Pranata (Indonesia)
6. Prawat Yannawut (Thailand)
7. Tedy Permana (Indonesia)
8. Tawatchai Rodjan (Thailand)
9. Rathapong Boonlert (Thailand)
10. Ernie Jr. Daguio (Filipina)

Hasil Kualifikasi Kelas Matic (AT125-Xeon)
1. Anupad Samoon (Thailand)
2. Herman Baharudin (Indonesia)
3. Toni Rahmawan (Indonesia)
4. Wattanapong Chompukan (Thailand)
5. Sulung Giwa Ajoba (Indonesia)
6. Akrat Panjan (Thailand)
7. Janoear Adhetrio (Indonesia)
8. Peerapong Boonlert (Thailand)
9. Mohamad Rozaliman (Malaysia)
10. Che Ku Amriq (Malaysia)
11. Zefriadi (Indonesia)

Leave a Reply