Exora Owners Club Indonesia Ramaikan Penang, Malaysia

6 Desember 2012. Sebanyak 12 (duabelas) anggota Exora Owners Club Indonesia (EOCI) turut meramaikan Year End Gathering ke-4 dari Exora Owners Club Malaysia (EOCM) pada tanggal 24-25 November 2012 yang berlangsung di Penang Malaysia.

Kehadiran delegasi EOCI ke Malaysia hanya berselang 2 (dua) minggu dari Sambutan Ulang Tahun Proton Club Indonesia yang diadakan pada tanggal 3-4 November lalu di Mutiara Carita. Carita dimana dihadiri oleh sedikitnya 14 anggota EOCM.

Kunjungan balasan ini adalah dalam rangkaian persahabatan club antar bangsa dan disini dapat dilihat betapa eratnya hubungan antara kedua negara serumpun.

“Kami memahami sering adanya ketegangan antar kedua negara, namun didalam komunitas mobil Proton dan khususnya Exora hal seperti ini tidak timbul,” ungkap Ariefin Makaminan, Ketua Umum Exora Owners Club Indonesia.

“Adanya komunitas ini dapat bertindak seperti Duta Antar Bangsa dimana keharmonisan kerjasama antar kedua negara akan semakin tampak,” tambahnya.

Acara Year End Gathering ke-4 ini adalah acara tahunan yang dilaksanakan oleh pihak EOCM dengan melibatkan pengurus daerah EOCM yang berada di region yang telah diatur. Biasanya acara YEG serta SUT akan diputar dari region ke region sebagai bentuk apresiasi kepada region tertentu serta menjadi bagian dari promosi pariwisata domestik Malaysia.

YEG ini sendiri berbeda dengan SUT (Sambutan Ulang Tahun) karena mempunyai karakteristik lebih informal dan cenderung menuju acara Fun Family Gathering, terutama mengingat di Malaysia sedang libur sekolah yang panjang.

Delegasi EOCI sendiri baru tiba di Kuala Lumpur pada hari Sabtu dini hari setelah mengalami keterlambatan penerbangan selama 4 jam di Jakarta. Tiba di Kuala Lumpur jam 01.30 langsung dilaksanakan perjalanan selama 4.5 jam dari Kuala Lumpur sampai ke Peristirahatan Tol Gunung Semanggol (65 km dari Penang).

Delegasi EOCI diberi kesempatan menyetir sendiri dua Exora H-Line yang disediakan oleh PROTON Holdings Berhad menuju titik temu dari anggota EOCM dari Southern Region (Johor, Negeri Sembilan) serta Central Region (Wilayah Persekutuan, Selangor Darul Ehsan).

Tiba di istirahat tol Gunung Semanggol pada pukul 06.00 maka diberi waktu hanya 2 jam untuk menyegarkan diri dengan mandi, sholat dan sebagainya. Bagusnya fasilitas istirahat tol di Malaysia sangat manusiawi dan mungkin menjadi impian kapan di Indonesia ada peristirahatan tol yang layak yang dapat menampung banyak orang dengan leluasa.

Setelah selesai beristirahat maka rombongan EOCM melanjutkan perjalanan dari Gunung Semanggol ke Juru Autocity yang terletak di Bukit Mertajam, Penang. Disini maka dilakukan registrasi seluruh peserta serta briefing sebelum memasuki Pulau Penang.

Jumlah keseluruhan peserta sebanyak 240 Exora dengan sekitar +/- 900 orang. Tentu menggerakan 240 Exora menuju jembatan Penang bukanlah hal yang mudah karena ramainya jalanan namun panitia dapat melakukan tugas ini dengan koordinasi yang baik.

Pelepasan rombongan pada pukul 11 dilaksanakan oleh Kepala Cabang PROTON Edar Juru, Penang dan peserta langsung melanjutkan perjalanan ke hotel tujuan yaitu Rainbow Paradise Beach Resort yang terletak di Tanjung Bungah, Penang.

Acara YEG sendiri dilaksanakan sepenuhnya di Rainbow Paradise Beach Resort dengan puncak acara berupa Gala Night YEG EOCM. Seperti biasa tentu EOCI dimintakan menyampaikan pidato singkat dan penekanan utama adalah pentingnya rasa toleransi dan persahabatan antara klub dua bangsa.

Hal ini juga disampaikan oleh Presiden EOCM, Murza Murad: “EOCM sendiri adalah klub yang besar dan tentu harapan kami bahwa kita dapat semakin besar dan kompak di masa yang akan datang, tentu ada saat naik dan turun dan hubungan antar anggota yang mungkin regang karena kesibukan masing-masing,

“Namun diharapkan hal ini tidak dapat terjadi terutama mengingat slogan baru dari EOCM yaitu “Together we R 1” dan diharapkan selain menyatunya klub Malaysia juga disatukan klub-klub Exora dari negara yang lain dan ini terlihat dengan senantiasa mengunjungi antara EOCI dan EOCM dalam setiap acara,” katan Murza Murad.

Dia juga menambahkan “Dengan adanya komunitas PROTON terutama Exora ini tentu diharapkan kepercayaan masyarakat semakin meningkat karena kita adalah pengguna dan tentu kami ingin membuktikan bahwa Exora adalah kendaraan yang handal. Ini terbukti pada awal launching kami mengadakan konvoi naik Genting Highlands untuk membuktikan bahwa Exora bisa menanjak, sehingga hal itu mengurangi komentar negatif yang terlontar didunia maya dan masyarakat” .

Leave a Reply