Yamaha Indonesia Targetkan Juara Asean Cup Race 2012

image006

4 Desember 2012. Yamaha Indonesia menargetkan menjuarai 9th Asean Cup Race (ACR) yang akan digelar di Filipina, 7-8 Desember 2012. Target ini diharapkan terealisasi mengingat tradisi kuat juara Yamaha Indonesia di ajang ini. Sejak digelar di 2003, Yamaha Indonesia mengoleksi gelar terbanyak.

Juara umum di 2003, 2004, 2006 dan 2009. Saingan terdekat adalah Thailand yang menyabet gelar di 2005, 2007 dan 2008. Di tahun 2010 tidak dilaksanakan di Thailand yang terkena bencana banjir.

10 wakil Yamaha Indonesia tahun ini sudah terpilih setelah rampung digelarnya final Yamaha Cup Race di sirkuit Mandala Krida, Yogyakarta, Sabtu malam (1 Desember). Bukan hanya skill tapi kerjasama mereka akan jadi kunci sukses karena gelar juara umum dihitung dari total poin pembalap tiap perwakilan Yamaha baik di kelas Manual (T135) menggunakan Jupiter MX dan kelas Matic (AL125) menggunakan Xeon.

Tim Yamaha Indonesia menempatkan 3 pembalap seeded dan 2 pembalap novice di kelas Manual serta 2 pembalap seeded dan 3 pembalap novice di kelas Matic.

”Sesuai tema Menuju Pentas Dunia, Yamaha Indonesia selalu mempersiapkan pembalap-pembalapnya di ajang kompetisi berjenjang. Yamaha Cup Race dan Asean Cup Race salah satunya untuk naik lebih tinggi lagi sampai ke kompetisi dunia. Pengalaman yang didapatkan pembalap di dua ajang itu sangat berharga. Dan kami harapkan di Asean Cup Race tahun ini Indonesia bakal juara lagi,” papar Supriyanto, Manajer Motorsport Yamaha Indonesia.

Sulung Giwa Rajai Final YCR 2012

Sulung Giwa tampil luar biasa merajai final YCR 2012 di sirkuit Mandala Krida, Yogyakarta, Sabtu malam (1 Desember). Pembalap tim Yamaha Andy Speed NHK FDR itu memenangi kelas MP1 (Bebek 4 Tak 125 cc Tune Up Seeded) dan MP2 (Bebek 4 Tak 115 cc Tune Up Seeded).

Sulung mengungguli trio Yogya yang di tahun ini mendominasi dua kelas itu di Region Jawa. Di rumah sendiri, Agus Setiawan, Yoga Adi dan Anggi Permana, harus mengakui keunggulan Sulung. Sukses besar di Yogya memberikan berkah bagi Sulung yang akhirnya memastikan lolos ke Yamaha Asean Cup Race di Filipina pekan ini.

Sementara, kelas MP3 (Bebek 4 Tak 125 cc Tune Up Pemula) dan MP4 (Bebek 4 Tak 115 cc Tune Up Seeded), dimenangi Riko Pranata (Rafa Binar KT Racing).

Serunya Entertainment Final YCR di Yogya

Di luar balapan malam final YCR Yogya, Yamaha juga menyajikan berbagai acara sales promotion, eksebisi dan entertainment. Eksebisi menghadirkan DJ performance, band performance, extreme freestyler, bazaar dan dancer.

Band papan atas Yogya, Captain Jack, naik panggung menghibur penonton. Ada pula extreme stuntrider menggunakan motor dengan extreme fire. Traditional fusion dance menampilkan sejumlah tarian seperti Mix Fire dance, Glos stick dancer, traditional Topeng Ireng dalam prosesi opening ceremony Menuju Pentas Dunia.

Yamaha juga memberikan edukasi teknologi Fuel Injection, test ride, Fuel Injection Ready competition, Robotic competition antar universitas di Yogyakarta dan Remote Control competition.

10 pembalap Yamaha Indonesia ke ACR 2012:

1. Agus Setiawan, Yamaha Yonk Jaya (Kelas Expert)
2. Yoga Adi Pratama, Yamaha Ridlatama (Kelas Expert)
3. Sulung Giwa Ajoba Husna, Yamaha Andy Speed (Kelas Expert)
4. Tedy Permana, Yamaha Ninos (Kelas Expert)
5. Herman Baharuddin Yusuf, Zakir Koni Pare-Pare (Kelas Expert)
6. Tamy Pratama, Yamaha SND (Kelas Novice)
7. B. A. Riko Pranata, Rafa Binar RT (Kelas Novice)
8. Toni Rahmawan, Yamaha War (Kelas Novice)
9. Janoear Adhetrio Saputra, Akai Jaya Palu (Kelas Novice)
10. Zefriadi, Btk’s Medan (Kelas Novice)

One thought on “Yamaha Indonesia Targetkan Juara Asean Cup Race 2012

  1. ya semoga saja bisa menjadi pelajaran yg berharga, dan juga semoga
    bisa bermanfaat buat mereka sendiri dan tem tentunya.

Leave a Reply