AHM Akhiri Balapan HRC 2012 di Bali

3 Desember 2012. Pada hari Minggu kemarin (2/12/12), PT Astra Honda Motor (AHM) mengakhiri kegiatan balapnya di tahun 2012 dengan menggelar seri final Honda Racing Championship (HRC) yang diikuti sekitar 159 starter. Mereka berlaga di Sirkuit Speed City, GWK Bali untuk mencatatkan prestasi terbaik sekaligus memperebutkan hadiah ratusan juta rupiah.

Final HRC 2012 di Bali ini merupakan bagian akhir dari 9 kegiatan One Make Race (OMR) Honda yang diadakan tahun ini sebagai salah satu upaya pembinaan pembalap di bawah bendera Honda. Bekerja sama dengan jaringan Main Dealer, AHM tahun ini telah menggelar HRC di Cimahi, Jakarta, Medan, Karanganyar, Purwokerto, Banjarbaru, Makassar, Malang, dan Denpasar.

Hampir semua pembalap papan atas Honda di Indonesia ikut turun berlaga pada seri final HRC ini. Mereka antara lain Denny Triyugo dan Iswandi Muis yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang balap international Asia Dream Cup dan baru saja lolos tes Moto3 pekan lalu di Qatar. Di samping itu juga akan berlaga Putu Roy Nugraha, pembalap tuan rumah yang pernah mengantarkan Honda ke podium kelas 125cc dan 110cc kejuaraan nasional Motoprix region 3 (Bali-NTT-NTB).

“Final HRC di Bali ini juga akan menjadi tempat pertama bagi para siswa Honda Racing School (HRS) tahap II tahun ini untuk menguji skill balap,” ujar Agustinus Indraputra, GM Marketing Planning and Analysis Division AHM .

AHM pada 26-29 November merekrut bibit-bibit pembalap muda melalui program HRS tahap II tahun 2012. Program ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung pengembangan dunia balap di tanah air yang sudah berlangsung tiga tahun. Sebanyak 10 siswa terpilih dengan usia di bawah 15 tahun dari berbagai daerah di Indonesia, digembleng dalam program khusus ini.

Indraputra menyatakan sama dengan HRS, HRC 2012 dilaksanakan juga untuk menyiapkan dan mendukung pembinaan pembalap menuju jenjang prestasi yang lebih tinggi. Dari kancah HRC ini diharapkan pembalap mampu mencetak prestasi, baik di tingkat nasional maupun international di masa depan.

Karena itu, AHM juga menyesuaikan kelas yang diperlombakan di HRC dengan jenjang balap yang ada di kejuaraan nasional sesuai dengan patokan yang dikeluarkan oleh Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) sebagai institusi yang berwenang dalam mengatur aktifitas balap motor di Indonesia.

HRC di tahun 2012 ini memiliki tujuh kelas balap yaitu kelas MP1 (bebek tune-up 125cc 4-tak seeded), MP2 (bebek tune-up 110cc 4-tak seeded), MP3 (bebek tune-up 125cc 4-tak pemula), MP4(bebek tune-up 110cc 4-tak pemula), MP5 (bebek standar 125cc 4-tak pemula), MP6 (bebek standar 110cc 4-tak pemula), dan MP7 (matic standar sampai dengan 130cc terbuka).

HRC 2012 ini juga menjadi ajang pembuktian bagi tim balap Honda untuk membuktikan performa dan durabilitas sepeda motor Honda, terutama ketangguhan New Honda Blade yang akan digunakan tim peserta. Peningkatan kemampuan para mekanik balap Honda setelah mendapattransfer knowledge dari AHM juga dapat dibuktikan pada kegiatan balap ini.

“HRC bukan hanya untuk menampung aktifitas balap pecinta Honda semata tapi kami yakin dapat memberikan ruang riset bagi mekanik dan penambahan jam terbang bagi pembalap muda. Inilah bukti nyata komitmen dan konsistensi kami dalam mendukung aktifitas balap di Tanah Air,” ujarnya.

HRC Tour

Selain kegiatan balap HRC, AHM juga rutin mengadakan HRC Tour. Program ini merupakan upaya perusahaan untuk menyosialisasikan pengetahuan balap sejak dini di kalangan anak SMA. Mereka diberi kesempatan untuk menonton adu keterampilan balap di sirkuit. AHM bersama jaringan Main Dealer juga mengajak siswa untuk mengenal dunia balap secara lebih dekat dengan berdiskusi langsung dengan pembalap Honda di paddock.

Selain itu, dalam HRC masyarakat juga dapat menyaksikan dan berpartisipasi dalam kegiatan lain di sekitar arena balap, seperti panggung hiburan, pameran sepeda motor Honda, produk sponsor pendukung, klub honda, kontes modifikasi, aneka game dan doorprize, serta kampanye keselamatan berkendara.

Untuk penyelenggaraan, HRC menggunakan Racing Committee (RC) FR Action, yang sudah teruji memiliki standardisasi balap nasional yang ditunjang dengan perlengkapansafety dan sarana teknologi elektronik yang canggih. Dengan ini diharapkan ciri khas HRC sebagaievent berkelas dapat terus terjaga.

Penyelenggaraan HRC 2012 juga didukung oleh tujuh perusahaan yang bergerak di bidang industri kendaraan bermotor roda dua, yaitu PT Suryaraya Rubberindo (produsen ban FDR), PT Showa Manufacturing Indonesia (produsen shock absorber Showa) , PT Denso Sales Indonesia (produsen busi Denso), PT Yutaka Manufacturing Indonesia (Produsen knalpot Yutaka), PT FCC (produsen kampas kopling FCC), PT Federal Karyatama (produsen oli federal Oil), dan PT Tarakusuma Indah (produsen helm INK).

5 thoughts on “AHM Akhiri Balapan HRC 2012 di Bali

  1. Honda memang konsen banget terhadap bibit muda yg memang serius jd pembalap … Sukses buat Honda

  2. Luar biasa AHM, Semoga bisa terus konsisten membuat acara-acara spt ini
    karena program spt ini bisa jadi jembatan anak-anak muda untuk mengembangkan
    bakat Riders’nya.,

  3. Semoga bisa menjadi pempalap international. Sukses buat semua pembalap junior dan senior Honda…

  4. Menyaring serta merekrut bibit-bibit pembalap muda berbakat melalui program Honda Racing Shcool untuk menuju tahap selanjutnya. luar biasa AHM

  5. semoga dengan di adakan nya program ini,dapat bermunculan bibit pembalap sampai kelas internasional.. salut buat ahm

Leave a Reply