One World Futbol Project di Sumatera Utara dan Pulau Nias

28 November 2012. PT General Motors (GM) Indonesia, Agen Pemegang Merek (APM) Chevrolet, selama 2 hari mendistribusikan bola kaki berkualitas dan tahan lama kepada generasi muda di Lau Kawar, dan Nias, Sumatera Utara. Kegiatan ini bagian dari program global ‘One World Futbol Project’ yang menegaskan dukungan Chevrolet untuk membagikan 5400 bola kaki di 2012 melalui program pemberdayaan masyarakat.

Lau Kawar adalah sebuah danau yang berada di kaki Gunung Sinabung, Kabupaten Karo. Berjarak sekitar 68 kilometer dari Ibukota Sumatera Utara, Medan. Namun demikian, kebanyakan masyarakatnya, terutama generasi muda, putus sekolah dan tidak mendapat perhatian memadai dalam bidang pendidikan dan pengembangan potensi diri. Chevrolet tegerak memberikan bantuan 10 bola kaki ‘One World Futbol’ agar dapat digunakan sebagai sarana tumbuh kembang yang baik sesuai dengan bakat dan kemampuan terbaiknya.

Tim Chevrolet Indonesia bermain bola bersama anak-anak SD Negeri No. 043950 Desa Sigarang-garang, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, 20 November 2012

Bersamaan dengan itu, Pulau Nias menjadi salah satu wilayah prioritas pendistribusian bola kaki ‘One World Futbol’ mengingat aksesnya yang cukup menantang dan rentan terhadap bencana alam. Dikelilingi lautan luas, keterbatasan infrastruktur yang menopang kegiatan masyarakat Nias menjadi soal tersendiri, termasuk ketiadaan sarana dan prasarana olahraga yang mudah diakses oleh anak-anak. Kondisi demikian menyulitkan perkembangan generasi mudanya untuk mencapai perkembangan secara maksimal.

Kebutuhan anak-anak di sana dalam mengatasi keadaan pasca bencana alam, melanjutkan misi Chevrolet bersama dengan Wahana Visi Indonesia untuk memberikan bantuan 300 bola kaki ‘One World Futbol’ di daerah dan masyarakat sekitarnya.

“Pemberdayaan generasi muda, dapat dilakukan dengan cara yang unik. Salah satunya adalah melalui olahraga paling populer di dunia yaitu sepakbola. Apa yang kami lakukan bersama ‘One World Futbol Project’ yaitu donasi bola kaki berkualitas dan tahan banting adalah solusi jangka panjang yang sudah kami pikirkan secara matang,” terang Public Relations Director PT GM Indonesia, Maria Sidabutar pada acara peluncuran bola kaki di SD Negeri No. 070.4 Lologolo, Kecamatan Mandrehe, Nias, Sumatera Utara, 22 November 2012.

Sementara itu, tahun depan Chevrolet akan mendistribusikan lebih banyak lagi bola di Indonesia, yaitu sebanyak 100.000 (seratus ribu) buah bola kaki One World Futbol.

Leave a Reply