Ban Pirelli Siap Buka Pabrik di Indonesia

27 November 2012. Sebenarnya publik sudah mendengar berita tentang bakal hadirnya pabrik ban Pirelli di Indonesia dimana Pirelli Tires S.p.A telah menggandeng PT Astra Otoparts Tbk sebagai mitra lokal untuk membangun pabrik dan melakukan pengembangan bisnis ban sepeda motor. Yups.. hal ini ditegaskan oleh Clerici Andrea, Moto Sales Director Pirelli Tyre Co., Ltd. Asia Pacic (APAC) yang berkantor di Shanghai China.

Dalam ajang DRE (Ducati Riding Experience) 2012 di Sirkuit Sepang bulan Oktober lalu, MediaSL bertemu langsung dengan Clerici Andrea, kontak person Pirelli selama acara DRE berlangsung. Kehadiran Pirelli diajang DRE tersebut karena ban Pirelli adalah ban OEM (Original Equipment Manufacturer) yang dipilih Ducati sebagai ban resmi pabrik Ducati. Dalam kesempatan pertemuan dengan MediaSL tersebut, Andrea menyatakan Pirelli sudah siap membuka pabriknya di Indonesia.

Clerici Andrea, Moto Sales Director Pirelli Tyre Co., Ltd. Asia Pacic (APAC)

Pirelli memang telah melakukan tandatangan kemitraan (partnership) dengan Astra Otoparts untuk memproduksi ban kendaraan roda dua mengingat besarnya peluang dan pasar sepeda motor di Indonesia. Sebagai referensi, silahkan baca press release Pirelli perihal kehadiran perusahaan Joint Venture (JV).

Mengutip dari beberapa literatur, disebutkan bahwa izin pendirian perusahaan JV ini telah disetujui oleh Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia pada 6 Juni 2012. Sedangkan nama perusahaan patungan ini diberi nama PT Evoluzione Tires dimana Pirelli menjadi pemegang saham mayoritas 60%, dan Astra Otoparts 40%.

Nilai investasi untuk bangunan pabrik mencapai US$ 120 juta diantara tahun 2012-2014. Menurut rencana pabrik ban Pirelli ini berlokasi di daerah Karawang, Jawa Barat dengan luas 25 hektar. Pabrik baru ini diperkirakan akan menyerap 750 tenaga kerja dan diharapkan akan beroperasi mulai semester II tahun 2013. Pada tahun 2014, pabrik ditargetkan sudah bisa memproduksi sekitar dua juta unit ban motor.  Selanjutnya, tahun 2016 akan memroduksi tujuh unit ban untuk dipasarkan ke pasar domestik dan pasar Asia Pasifik.

Perusahaan Pirelli asal Itallia adalah salah satu produsen ban terbesar di dunia. Saat ini, Pirelli memiliki 21 fasilitas produksi dan memiliki berbagai merek disamping Pirelli. Mempekerjakan sekitar 34.000 orang dengan jaringan pemasaran lebih dari 160 negara. Ban merek Pirelli roda dua sangat dikenal sebagai ban pebalap World Super Bike (WSBK). Ada banyak merek motor terkenal asal Eropa menjadikan Pirelli sebagai ban OEM, antara lain Ducati, MV Agusta, Aprilia dan sebagainya.

ALBUM PHOTO

9 thoughts on “Ban Pirelli Siap Buka Pabrik di Indonesia

  1. saya ingin melamar jadi karyawan di pabrik pirelli tersebut,,karna saya punya pengalaman kerja di pabrik ban juga yaitu ban dunlop,,tolong kasih info nya.
    email saya. somadt_97@yahoo.co.id
    terima kasih

  2. [...] Astra Otoparts Tbk sudah memiliki kontark kerja sama yang sudah diteken pada tahun 2012 yang lalu (artikel ini). Tak heran di gelaran ganti ban secara massal tersebut hadir beberapa staff ahli dari [...]

  3. Saya shandi janwar pengalaman saya di PT.GOODYEAR.INDONESIA.jabatan:MILL MAN,saya mengajukan lamaran kerja di perusahaan yg bpk/ibu pimpin,lebih lanjut ini email saya.januarshandi@yahoo.com,dan no hp:085715209019
    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

  4. Chrisnanko.R says:

    bagaimana utk dapat menawarkan kerjasama dalam bidang gas bumi?

  5. Saya NEIH pernah bekerja di pt. Hung a Indonesia bagian Technical jabatan Supervisor Junior, saya mengajukan lamaran kerja di perusahaan yg bpk/Ibu pimpin. Email : neihraul4673@gmail.com dan hp. 085719044349

  6. Heru Setiawan says:

    Bismillah,
    Dengan ini Saya Heru Setiawan melamar pekerjaan pada perusahaan yang Bapak/ibu pimpin, yakni PT Evoluzione Tires (Pirelli).
    Pengalaman kerja di PT Sumi Rubber Indonesia (Dunlop Tires).
    Email saya: abuhamzahpwk@gmail.com

  7. lucki herdiana fauzi says:

    Bismillah,
    Dengan ini Saya Lucki Herdiana fauzi melamar pekerjaan pada perusahaan yang Bapak/ibu pimpin, yakni PT Evoluzione Tires (Pirelli).
    Pengalaman kerja di PT Sumi Rubber Indonesia (Dunlop Tires).
    Email saya: luckyfauzi57@gmail.com

  8. lucki herdiana fauzi says:

    Saya Lucki Herdiana fauzi sungguh dan ingin melamar pekerjaan pada perusahaan yang Bapak/ibu pimpin, yaitu PT Evoluzione Tires (Pirelli).
    Pengalaman kerja di PT Sumi Rubber Indonesia (Dunlop Tires).sebagai operator produksi.

Leave a Reply