Honda Racing School AHM Kembali Rekrut Calon Pembalap

image006

27 November 2012. PT Astra Honda Motor (AHM) kembali melanjutkan program pembinaan pembalap masa depannya dengan merekrut bibit-bibit pembalap muda melalui program Honda Racing School (HRS) tahap II tahun 2012 ini. 

Pelaksanaan HRS tahap II tahun 2012 ini dipusatkan di Sirkuit Speed City Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali pada 26-29 Nopember 2012. Tahap pertama telah dilaksanakan di Sentul International Karting Circuit (SIKC) pada bulan Juli lalu.

HRS merupakan program AHM untuk menyiapkan pembalap masa depan melalui pola pembinaan yang berjenjang dan terstruktur. Program ini sendiri memasuki tahun ketiga penyelenggaraan sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2010.

Agustinus Indraputra, General Manager Marketing Planning and Analysis Division AHM mengatakan pembinaan para calon pembalap ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung pada pengembangan dunia balap di tanah air.

Program HRS tahap II tahun ini berhasil menjaring 10 siswa terpilih dengan usia di bawah 15 tahun dari berbagai daerah di Indonesia, mulai Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Bali. Mereka disaring dari berbagai pengamatan yang dilakukan tim AHM terhadap event kejuaraan balap daerah maupun kejuaraan nasional dan event balap lokal.

Melalui HRS ini, AHM membina para pembalap muda usia tersebut. Setelah belajar dan berlatih di HRS mereka akan mendapat kesempatan tampil di event final one make race, Honda Racing Championship. Mereka bahkan mendapat kesempatan bertanding di ajang kejuaraan nasional Motorprix maupun Indoprix jika ada tim Honda yang tertarik dan merekrutnya.

“Jika prestasinya di tim Honda terus meningkat, kami akan dorong agar dapat bertanding ke ajang balap international. Jadi pembinaan yang kami lakukan sifatnya bertahap dan berkelanjutan sehingga bukan sekadar berpartisipasi di dunia balap saja,” ujar Indraputra.

Manager Safety Riding and Motor Sports Department AHM Anggono Iriawan menyatakan pihaknya sudah menyiapkan kurikulum khusus untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan dan keterampilan balap siswa HRS. Implementasi kurikulum ini akan dilakukan dibawah bimbingan dua pelatih yang sudah dipilih AHM yaitu Wawan Hermawan dan Putu Roy Nugraha. Keduanya merupakan pembalap berpengalaman dengan jam terbang yang tinggi bertanding di berbagai sirkuit, baik yang permanen dalam negeri maupun luar negeri, atau juga lintasan non permanen.

“Prinsipnya skill mereka akan diasah. Skill cornering, braking, racing line, overtaking dan hal-hal lain yang berguna akan kami ajarkan. Mereka juga harus mampu menaklukkan beragam sirkuit karena seri kejurnas dilakukan di sirkuit permanen dan non permanen,” jelas Indraputra.

Anggono menambahkan pemilihan sirkuit Speed City GWK Bali ini karena sikuit ini memiliki dua karakter sirkuit, permanen maupun non permanen. Selain dilengkapi dengan speed corner yang butuh pengasahan skill rolling speed, juga terdapat tikungan yang harus ditaklukkan dengan hard-braking yang jadi ciri khas sirkuit non permanen di Indonesia.

8 thoughts on “Honda Racing School AHM Kembali Rekrut Calon Pembalap

  1. Maju terus ya buat AHM, Acaranya bagus banget semoga sering2 mengadakan acra spt ini
    untuk bisa terus menyaring riders2 muda indonesia, agar bisa mengharumkan nama
    Indonesia di mata dunia.,.,.

  2. smga kegiatannya bisa terus berkelanjutan agar pembalap indonesia bisa berkiprah di ajang international.. thanks buat AHM udah peduli dgn melakukan pembinaan bibit” pembalap masa depan..

  3. Kegiatan yg positif yg dilakukan oleh Honda.. Mencari dan menyaring anak muda yg berbakat didunia balapan. Dgn perekrutan ini, tentunya Honda bisa melatih mereka sejak dini, dgn harapan para calon pembalap ini bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional nantinya.. Amin… :)

  4. semoga dengan ada nya program honda racing school,dapat bermunculan rider-rider pembalap dari honda racing school sampai jenjang tingkat nasional dan internasional. salut bro buat honda dan ahm

  5. Semoga dengan adanya honda racing school bisa menjadikan pembalap-pembalap muda lebih professional lagi…

  6. Suatu program yg sangat positif sekali, calon pembalap muda tanah air yg berbakat dan berpotensi dbina dan dlatih agar skill mereka lebih bagus.
    Good Job AHM…lahirkanlah pembalap muda berbakat yg handal, harumkan nama indonesia dlm ajang dunia balap internasional.

  7. Mantapp. dengan program Honda ini, bakal melahirkan bibit-bibit pembalap yang berkualitas.

  8. ini baru sekolah yang diharapkan …..maju trus honda dengan pembalap2 berkelas,

Leave a Reply